STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM FESTIVAL JAJANAN BANGO: Studi Kasus PT. Unilever di Sidoarjo

Penulis

  • Ine Anggraeni Program Studi Ilmu Komunikasi, Peminatan Public Relations, Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.10358/jk.v2i2.560

Abstrak

Abstrak Bango menyelenggarakan special event dengan maksud menjawab tantangan persaingan dan menegaskan posisi Bango sebagai market leader. Sebagai wujud apresiasi dan dalam rangka lebih mendekatkan kepada masyarakat maka Bango meluncurkan program khusus yang diberi nama Festival Jajanan Bango. Penelitian ini dimaksudkan ingin mengetahui bagaimana proses strategi marketing public relations dalam mendukung komunikasi pemasaran Bango, khususnya pada pelaksanaan special event “Festival Jajanan Bangoâ€.Penulis lebih memfokuskan kepada strategi yang meliputi analisis situasi, perencanaan, dan pemrograman. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penulis berusaha mengamati, memahami, dan menganalisis pelaksanaan strategi Marketing Public Relations dalam penyelenggaraan Festival Jajanan Bango. Penelitian tidak sebatas hanya mengumpulkan dan menggunakan data saja, tetapi juga meliputi analisa dengan menggunakan analisis SWOT, konsep WOM, serta pull, push, dan pass strategy.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan studi dokumentasi serta literature. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hal ini merupakan salah satu pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data itu untuk kepentingan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data. Penulis menemukan bahwa kegiatan special event ini sebagai salah satu Strategi Marketing Public Relations melalui taktik pass strategy. Kegiatan ini juga menghasilkan publisitas untuk produk Bango yang dapat menciptakan awareness terhadap masyarakat. Penulis menemukan bahwa kegiatan Festival Jajanan Bango ini dikemas secara menarik dan disesuaikan dengan karakteristik daerah lokasi penyelenggaraan. Berdasarkan data yang penulis dapat melalui wawancara bahwa special event Jajanan Bango (FJB) telah menimbulkan kesan positif di masyarakat Kota Sidoarjo. Hasil penelitian ini sesuai dengan konsep yang penulis gunakan, yaitu konsep WOM, SWOT , dan pull, push, dan pass strategy. Kata kunci: Strategi; Marketing Public Relations; Special Event; Festiva; Bango Abstract Bango special event organized for the purpose of answering the challenges of competition and assert Bango position as market leader. As a form of appreciation and in order to get closer to the people then Bango launched a special program named Bango Food Festival. This study aimed to know how the process of marketing public relations strategies in support of marketing communication Bango, especially on the implementation of special event "Bango Food Festival" .Penulis more focused on strategies which include situation analysis, planning and programming. The approach taken in this study is a qualitative approach with case study method, the authors tried to observe, understand, and analyze the implementation of the strategy Marketing Public Relations in the administration of Bango Food Festival. The research is not limited to only collect and use data, but also includes analysis using SWOT analysis, concept WOM, as well as pull, push, and pass strategy.Teknik used data collection is in-depth interviews and documentation as well as literature. Data analysis technique in this research is to use triangulation technique source. It is one that utilizes data validity checking something else outside of the data for purposes of checking or as a comparison against the data. The authors found that the activities of this event special as one of the public relations strategy of marketing strategy through tactics pass strategy. These activities also generate publicity for Bango products to create awareness to the public. The authors found that activity Bango Food Festival is attractively packaged and tailored to the characteristics of the venue area. Based on data through interviews that the author can Bango Food special event (FJB) has caused a positive impression on the people of Sidoarjo. The results are consistent with the concept that I use, the concept of WOM, SWOT, and pull, push, and pass strategy. Key words: Strategy; Marketing Public Relations; Special Event; Festival; Bango

Referensi

Abadi, Saka. 1994. Marketing Public Relations, Jakarta. Publikasi Lembaga Management UI

Alifahmi, Hifni.1994. Marketing Public Relations Upaya Memenangkan Melalui Pemasaran Yang Komunikatif. Jakarta. Publikasi Lembaga Management FEUI

Al Ries, Jack Trout.2004. Positioning : The Battle Your Mind. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Cutlip, Scott M. Allen H, Center. Broom, Glen M. 2005. Effective Public Relations. Edisi 8. Jakarta. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi: Teori dan Filsafat Ilmu Komunikasi.Bandung. PT. Citra Aditya Bakti.

Gregory, Anne. (2004). Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relations.

Jakarta : Erlangga.

Jefkins, Franks. 2003. Public Relations. Edisi 5. Penerjemah Daniel Yadin .Jakarta. PT. Erlangga.

Kamus Besar Bahasa Indonesia 1993:856

Rangkuti, Freddy. 2005. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ruslan, Rosady. 2002. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Jakarta. Rajawali Press.

Watono, A.A dan Watono, M.C. 2011. Integrated Marketing Communicatin That Selss. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Yin, Robert K .2003. Studi Kasus Desain dan metode, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Yualinita, Neni. 2003. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung.

Diterbitkan

2016-10-18

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian