KONSTRUKSI CITRA DIRI MELALUI UPDATE STATUS DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK
DOI:
https://doi.org/10.10358/jk.v1i2.535Abstrak
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena media sosial facebook yang menyita perhatian masyarakat indonesia, khususnya remaja. Dalam facebook terdapat fitur Update Status, dengan Update Status ini pengguna dapat saling berbagi informasi, berbagi kesan ataupun apa yang sedang dipikirkannya melalui update status dalam bentuk tulisan, photo maupun dalam bentuk direct link. Pengguna facebook di Indonesia, khususnya di Garut memiliki perilaku yang unik, yaitu berbagi dan berbelanja. Banyak pengguna yang sengaja menuliskan kata-kata mutiara, ayat ayat suci al-qur’an, kisah-kisah ketauladanan, fenomena atau permasalahan yang ramai di bicarakan masyarakat, bahkan menuliskan tentang berbagai macam ilmu pengetahuan. Dari update tersebut pemilik akun terkesan memiliki citra tersendiri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konstruksi citra diri melalui update status pada pengguna facebook dan untuk menggambarkan makna update status bagi pengguna facebook, konstruksi citra diri pengguna facebook melalui update status yang di tulisnya, konstruksi citra diri dalam update status facebookers, konstruksi realitas pengguna facebook di Garut. Kata kunci: Konstruksi; Citra Diri; Update Status; Media Sosial; Facebook; Konstruksi Realitas Abstract This research based on social media phenomenon facebook that seized the attention of the public, especially teenagers. In a facebook there is Status Update feature, with this feature users can share information, share impression or what was you thinking through status updates in the form of text, photo or in the direct links. Facebook users in Indonesia, especially in Garut have unique behaviors, that is sharing and buying. Many users inadvertently wrote down the quotes, words of Scripture verses the qur'an, tales lead by example, phenomenon or problem in talking about society, even write about a wide variety of science. based on the update, the account owner was impressed to have its own self image. the purpose of this research is to know the construction of self-image through a status Update on Facebook users and to describe the meaning of status updates for facebook users, self-image Construction of facebook users through his status update, the self-image construction in a status update facebookers, the construction of reality of facebook users in Garut Keyword: Construction; Self-image; Status Updates; Social Media; Facebook; Construction Of RealityReferensi
Buku
Ardiyanto, Elvinaro. 2013. Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Buchari, Alma. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : Universitas Airlangga.
Evans, Dave, 2008. Social Media Marketing An Hour A Day, Wiley Publishing, Inc : Canada
Flew, Terry .2005. New Media : an Introduction. New York : Oxford University Press.
Mardina Wati dan A.R Rizky 5 jam menjadi terkenal lewat facebook ( Bandung: CV Andi Offset , 2009 ) hal 1-3
Jurnal Penelitian
Paramitha, Cindy Rizal Putri, 2011. “Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan dalam Bidang Kulinerâ€. Thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Dipenogoro.
Alice E. Marwick, 2010. Status Update: Celebrity, Publicity and Self-Branding in Web 2.0. Disertation. Doctor Of Philosophy, Steinhardt School of Culture, Education, and Human Development New York University