PENGARUH MAJALAH INDONESIA GEMSTONE TERHADAP OPINI PUBLIK TENTANG BATU AKIK

Penulis

  • Iis Zilfah Adnan Universitas Garut
  • Dadang Andika Eka Putra

DOI:

https://doi.org/10.10358/jk.v1i2.530

Abstrak

Abstrak Demam batu akik di Indonesia tidak terlepas dari banjirnya permintaan hingga ke mancanegara. Warga mulai berburu dan beralih menjadi penambang batu akik karena berharap bisa mendulang keuntungan, majalah IGS adalah sumber informasi batu akik maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh majalah Indonesian Gemstone terhadap opini publik di Garut. Metode penelitian yang di gunakan oleh penulis adalah deskriptif kuantitatif pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Subjek dalam penelitian ini adalah pecinta batu akik yang suka membaca Majalah Indonesian Gemstone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Majalah Indonesian Gemstone Terhadap Opini Publik Tentang Batu Akik di Garut adalah signifikan positif pada aspek AIDA+D. Kata kunci: Majalah Indonesian Gemstone; Opini Publik; Batu akik; AIDA+D Abstract Agate fever in Indonesian can not be separated from the flood of requests to foreign countries. Citizens began to hunt and turned agate miners because hope can gain advantage, the magazine IGS is agate resources and therefore researchers interested in studying The Influence Of Indonesian Gemstone Megazines Toward Public Opinion About Agate In Garut. The research method used by writer is descriptive quantitative approach used in this study is a quantitative approach to data collection techniques, namely, interviews, questionnaire, and literature. Subjects in this study is the agate lovers who love to read Gemstone Indonesian magazine.The results showed that the Indonesian magazine Gemstone Effect Of Public Opinion On Agate in Garut is significantly positive in the aspect of AIDA+D. Keywords: Indonesian Magazine Gemstone; Public Opinion; Agat

Referensi

Daftar Pustaka

Effendy, Onong Uchjana (2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Singarimbun, M. dan Effendi, S, (2006), Metode Penelitian Survey, Cetakan Kedelapan belas, Penerbit Pustaka LP3ES, Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Media Online

(http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/37809)

(http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/7324)

http://www.e-jurnal.com/2014/02/pengertian-opini-publik.html

related:e-journal.uajy.ac.id/1917/2/1KOM02945.pdf journal tentang opini publik

Diterbitkan

2015-07-13

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian