PERAN MAJALAH ASIAN LOOK DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI PEMBACA AKAN INDUSTRI HIBURAN KOREA
DOI:
https://doi.org/10.10358/jk.v1i2.528Abstrak
Abstrak Dewasa ini sejalan dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, dunia media massa juga mengalami perubahan. Lebih lanjut, peran media massa itu langsung atau secara tidak langsung akan memberikan pengaruh bagi perkembangan komunikasi manusia. Perubahan yang terjadi pada dunia komunikasi sangat berpengaruh baik level individu ataupun kolektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran majalah Asian Look (media massa) dalam memenuhi kebutuhan informasi pembaca akan industri hiburan Korea. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Accidental Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang responden. Berdasarkan hasil analisis data korelasi Rang-Spearman (analisis inferensial), diperoleh nilai rs (korelasi) sebesar 0,130. Hal ini, menunjukkan bahwa peran media massa berupa majalah Asian Look untuk memenuhi kebutuhan informasi pembaca akan industri hiburan Korea mempunyai tingkat hubungan dalam interval yang sangat rendah, namun searah. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh angka sebesar 17% yang berarti peran majalah Asian Look memberikan pengaruh yang relative rendah dalam memenuhi kebutuhan informasi pembaca akan industri hiburan Korea. Hasil uji hipotesis Ho ditolak dan Hi diterima. Hal ini, mengindikasikan bahwa tidak terdapat peran yang cukup besar antara majalah Asian Look dalam memenuhi kebutuhan informasi pembaca akan industri hiburan Korea. Kata Kunci: Majalah; Informasi; Industri Abstract Today in the line with the development of information and communications technology, the word of the mass media is also changing. Further, the role of the mass media that directly or indirectly influence the development of human communication. Changes in the world of communications greatly affect either the level of individual or collective. The aim of this study was to determine how much the role of the Asian magazine Look (mass media) in meeting the information needs of readers will be the Korean entertainment industry. The method used is a survey method. The sampling technique using accidental sampling technique, with a total sample of 96 respondents. Based on the results of data analysis Rang Spearman correlation (inferential analysis), the value of rs (correlation) of 0.130. It shows that the role of mass media in the form of Asian Look magazine to meet the information needs of readers will be the Korean entertainment industry has a level of relationship in the interval is very low, but in the same direction. Determination coefficient calculation results obtained figures by 17%, which means that the role of the Asian magazine Look impact is relatively low in meeting the information needs of readers will be the Korean entertainment industry. Hypothesis test results Hi Ho rejected and accepted. This indicates that there is a considerable role among Asian Look magazine in meeting the information needs of readers will be the Korean entertainment industry. Keywords: Magazine; Information; IndustryReferensi
Anton M. Meliono. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Balai Pustaka.
Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Bodnar, George danWilliam S. Hopwood. 2000. Sistem Informasi Akuntansi, Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.
Cutlip, M Scott. 2009. Efektivitas Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Darmastuti, Rini. 2012. Media Relations (Konsep, Strategi, & Aplikasi). Yogyakarta: Andi.
Effendy, Onong Uchjana. 2002. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis, Cetakan Keenam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
_____________________. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
_______________________. 2006. Teori Dan Praktek Komunikasi. Bandung: Resdakarya.
Gordon B. Davis. 1991. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1. Jakarta: Pustaka Binamas Pressindo.
Hamzah dan Nina lamatenggo. 2010. Teknologi komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Indrakusumah, Ferry. 2011. Statistika Terapan. Garut: Laboratorium Statistika Terapan FIKOM UNIGA.
Iriantara, Yosal. 2008. Media Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Jugiyanto. 1999. Analisis dan Desain Informasi. Yogyakarta: Andi.
Kadir, Abdul. 2002. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
Kriyantono, Rackmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Maryani, Eni. 2010. Media dan Perubahan Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mcleod,Raymond.2001. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT. Prenhallindo
Morissan, W. Corry.A, Hamid. F. 2010. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nazir, Muhammad. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.
Ronald H. Anderson. 1994. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rumanti, Maria Assumpta. 2002. Dasar-dasar Public Relations (Teori dan Praktik). Jakarta: PT. Grasindo.
Sidharta, Lani. 1995. Pengantar Sistem Informasi Bisnis. Jakarta: ELEX Media Komputindo.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Research & Development. Bandung: Alfabeta CV.
Sutedjo, Budi. 2002. Perancangan dan Pengembangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.