Konstruksi identitas virtual perempuan dalam interaksi romantis di game dating simulator love and deepspace

Penulis

  • Talya Nanda Faiza Adisty
  • Roziana Febrianita Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.52434/jk.v11i2.42707

Abstrak

Abstract

Dating simulator games, such as Love and Deepspace, not only offer entertainment, but also become a space for players to explore and build their virtual identities. In this context, women as players have a unique experience in forming their self-concept through the romantic interactions offered by the game. The purpose of this study is to analyze how the virtual identity of women in the game Love and Deepspace. This study uses a qualitative approach with a descriptive type. This research was conducted in Surabaya by conducting interviews. Data collection techniques used in-depth interviews, documentation, and observation. Data will be analyzed using thematic analysis. The data analysis technique follows the steps proposed by Miles and Huberman which include three main components: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the construction of women's virtual identities in romantic interactions in the dating simulator game Love and Deepspace can be concluded that this game functions as a significant platform for women to build and express their virtual identities. Through character customization and interactions with non-player characters (NPCs), players have the opportunity to explore aspects of themselves that may not be expressed in the real world. The game also creates a hyperreality experience, so it is important for players to be aware that while in-game experiences can be emotionally satisfying, they must still consider the context and dynamics of real-world relationships.

Keywords: Women; online games; virtual identity; love and deepspace.

 

Abstrak

Game dating simulator, seperti Love and Deepspace, tidak hanya menawarkan hiburan, tetapi juga menjadi ruang bagi pemain untuk mengeksplorasi dan membangun identitas virtual mereka. Dalam konteks ini, perempuan sebagai pemain memiliki pengalaman yang unik dalam membentuk konsep diri mereka melalui interaksi romantis yang ditawarkan oleh game tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana identitas virtual perempuan dalam game Love and Deepspace. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Surabaya dengan melakukan wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (in-depth interview), dokumentasi, dan observasi. Data akan dianalisis menggunakan analisis tematik. Teknik analisis datanya mengikuti langkah- langkah yang diusulkan oleh Miles dan Huberman yang mencakup tiga komponen utama: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruksi identitas virtual perempuan dalam interaksi romantis di dalam game dating simulator Love and Deepspace dapat disimpulkan bahwa game ini berfungsi sebagai platform yang signifikan bagi perempuan untuk membangun dan mengekspresikan identitas virtual mereka. Melalui kustomisasi karakter dan interaksi dengan karakter non- pemain (NPC), pemain memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai aspek dari diri mereka yang mungkin tidak dapat diekspresikan di dunia nyata, Game ini juga menciptakan pengalaman hiperreality, maka penting bagi pemain untuk menyadari bahwa meskipun pengalaman dalam game dapat memberikan kepuasan emosional, mereka tetap harus mempertimbangkan konteks dan dinamika hubungan di dunia nyata.

Kata-kata kunci: Perempuan; game online; identitas virtual; love and deepspace.

Diterbitkan

2025-10-29

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian