Pengaruh Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Media Sosial Instagram

Raden Ismira Febrina, Ummu Salamah, Gina Sakinah

Sari


Abstract
The development of the internet has had a significant impact, especially in terms of increasingly advanced technology. Currently, social media is the most widely accessed source for obtaining information. Info Garut is a news account that uses Instagram social media. Quality information is a measure of how well the information is presented completely. Information quality is a measure of how clearly the information and knowledge is published or conveyed to the public. So the quality of information is an important factor in social media user satisfaction. The aim of this research is to explain the influence of information quality on social media user satisfaction. The method used in this research is a descriptive study method with a quantitative approach. The data analysis technique in this research uses primary and secondary data. The data collection techniques used were interviews with informants, observation, documentation and distribution of questionnaires to a population of 277,000 Instagram followers @infogarut. The sampling technique used was purposive sampling with a total of 100 respondents with certain criteria. The research results show that the quality of information on the satisfaction of Instagram social media users has a significant influence. The influence of information quality on the satisfaction of Instagram social media users on the @Infogarut account is quite strong in the aspects of accurate, timely and completely relevant. So, the big influence of information quality on the dimensions: Accurate is 56.1%, timely is 49.8%, relevant is 6.62, complete is 5.57%.
Keywords: Instagram; information quality; satisfaction.

Abstrak
Perkembangan internet memberikan dampak yang signifikan, terutama dalam hal teknologi yang semakin maju. Saat ini media sosial menjadi sumber yang paling banyak diakses untuk mendapatkan informasi. Info Garut merupakan salah satu akun berita yang memanfaatkan media sosial instagram. Informasi berkualitas menjadi tolak ukur seberapa baik informasi itu disajikan dengan lengkap. Kualitas informasi merupakan suatu ukuran tentang seberapa jelas informasi dan pengetahuan tersebut dimuat atau disampaikan ke publik. Maka kualitas informasi menjadi faktor penting dalam kepuasan pengguna media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna media sosial. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode studi deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan informan, observasi, dokumentasi serta penyebaran kuesioner dengan jumlah populasi 277.000 pengikut instagram @infogarut. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan total 100 responden dengan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna media sosial instagram memiliki pengaruh signifikan. Pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna media sosial instagram pada akun @Infogarut tergolong cukup kuat pada aspek akurat, tepat pada waktunya, relevan lengkap. maka, besar pengaruh kualitas informasi terhadap dimensi Akurat sebesar 56,1%, tepat pada waktunya sebesar 49,8%, relevan sebesar 6,62, lengkap sebesar 5,57%.
Kata-kata kunci: Instagram; kualitas informasi; kepuasan.

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Agustian, I., Saputra, H. E., & Imanda, A. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajamen

Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Pt. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(1), 42–60. https://doi.org/10.37676/professional.v6i1.837

Cahyono, A. S. (n.d.). Adoc.Pub_140-Anang-Sugeng-Cahyono-Pengaruh-Media-Sosial-Ter. 140–157.

Child, J. T., & Haridakis, P. (2018). Uses and Gratifications Theory. In Engaging Theories in Family Communication.

Damayani, D. (2014). Sihapes (Sistem Informasi Hasil Penilaian Siswa) Bagi Sekolah Menengah Pertama Di SMP Negeri 7 Semarang. Edu Komputika Journal, 1(2), 52–62.

Febrina, R. I., Iriany, I. S., & Firdaus, F. S. (2023). Motif Penggunaan Media Sosial Tiktok Bagi Mahasiswa di Kabupaten Garut. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 9(2), 305– 322.

Humiara, F. R. (2022). Media Informasi yang Paling Sering Diakses Masyarakat. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/20/mediainformasi-yang-paling-sering-diakses-masyarakat

Hutagaol, S. (2015). Pengaruh Isi Pesan Tweet @ Metro _ TV Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untirta. 32–33. http://eprints.untirta.ac.id/498/

Jasmalinda. (2021). Pengruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha di Kabupaten Padang Pariaman. Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology., 1(10).

Kurniawan, E. P., & Irwansyah, I. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Pada Media Sosial Melalui Iklan Instagram. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 294–307. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.247

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2.

Naurah, N. (2023). Daftar Platform Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan 2023, Facebook Juaranya. In Goodstats.id.

Nuraini, N., Aini, C. N., Lestari, K. A., & Kumala Sari, N. A. (2023). Penggunaan Media

Sosial Instagram oleh Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan

Kalijaga. JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam, 2(2), 99.

https://doi.org/10.31958/jipis.v2i2.9547

Nurpitriah, Yusup, E., & Ema. (2023). Pengaruh Instagram @exploresubang terhadap Keputusan Berkunjung ke Tempat Wisata Ciater. Junral Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 9(2), 271–285.

Parveen, H. (2017). Communication Theories: Uses and Gratification, Cultivation, Knowledge Gap M08-Audiences: Uses and Gratification, Cultivation, Knowledge Gap P2-Communications Research Quadrant-I (e-Text) Quadrant-I (e-Text). September. https://www.researchgate.net/publication/319879178

Patalo, R. G., Rachmawati, I. K., Alvianna, Stella, D., & Hidayatullah, S. (2021). Analisis Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sosial Media Instagram Pada Akun @bbtnbromotenggersemeru. Seminar Nasional Kepariwisataan, 2(1), 65–77.

Putra, Y. M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Tugas Akhir ( Survei Terhadap Followers @Ta _Fe). E-Proceeding of Management, 2(1), 148–155.

Safriana, S., & Samatan, N. (2022). Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial Dan Kualitas

Informasi Akun Instagram @Indozone.id Terhadap Kepuasan Followers Generasi Z

Dalam Memperoleh Informasi. Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(1), 17–25.

https://doi.org/10.24167/jkm.v2i1.3601

Saputra, M. I., & Hartanto, E. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Kualitas Informasi Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Covid-19 Pada Followers Akun Instagram @kemenkes_ri. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(01), 107–114.

https://doi.org/10.56127/jukim.v2i01.449




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jk.v10i1.3703

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.52434/jk.v10i1.3703.g1853

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015