Instagram Sebagai Komunikasi Publik Humas Pores Garut dalam Meningkatkan Citra Lembaga

Rosanti Utami Dewi, Novie Susanti Suseno, Via Sylvia

Abstrak


Abstract
The police is a national law enforcement agency owned by the state. In carrying out its duties, the Police, in this case the Garut Police, carry out public communication in communicating various rules, appeals, incidents and others related to the main duties and functions of the Police. Advances in communication technology require the Garut Police, in this case Public Relations, to adapt so that they can communicate interactively with the public. Instagram was chosen to be used as the main online communication channel because it has features that can support the public communication needs carried out by the Garut Police with the aim of gaining engagement and trust in the public so that it can improve the image of the institution. The aim of this research is to explain the implementation of public relations communication strategies on Instagram to improve the image of the Garut Police. This research method uses qualitative methods with the Cutlip, Center and Broom model of communication strategy theory: determining problems, planning and preparing programs, taking action and communicating and evaluating programs. Approach with descriptive studies and constructivist paradigm, data collection techniques using observation, interviews and documentation studies, techniques for determining informants and sources using purpose sampling by interviewing 3 informants and 2 sources. The results of the research show that the Garut Police's public relations communication strategy is in 4 stages, namely (1) determining the problem, namely organizing and coordinating with operational functions, (2) planning and preparing programs, namely creating content for the role of the police and clarifying news, complying with the publication law, (3 ) taking action and communicating, namely the police chief as a communicator, being objective and open, using common language, using Instagram, (4) evaluating the program, namely determining the concept, taking data, getting positive feedback and trust so that Instagram followers @polresgarut increased from 37.6 thousand to 96,4 RB.
Keywords: Use of Instagram; Garut police public relations; public communication; institutional image.

Abstrak
Kepolisian merupakan lembaga penegak hukum nasional. Dalam melaksanakan tugasnya Kepolisian dalam hal ini Polres Garut melakukan komunikasi publik dalam mengkomunikasi berbagai aturan, himbauan, kejadian dan lainnya berkait dengan tugas pokok dan fungsi Kepolisian. Kemajuan teknologi komunikasi menuntut Polres Garut dalam ini Humas untuk beradaptasi sehingga dapat berkomunikasi secara interaktif dengan masyarakat. Instagram dipilih untuk dijadikan sebagai sarana komunikasi online utama karena memiliki fitur yang dapat mendukung kebutuhan komunikasi publik yang dilaksanakan Polres Garut dengan tujuan didapatnya engagment dan kepercayaan pada publik sehingga dapat meningkatkan citra lembaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan implementasi dari strategi komunikasi publik humas Polres Garut di instagram untuk meningkatkan citra Polres Garut. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori strategi komunikasi model Cutlip, Center dan Broom: mentukan masalah, perencanaan dan penyusunan program, melakukan tindakan dan berkomunikasi dan evaluasi program. Pendekatan dengan studi deskriptif dan paradigma konstruktivis, teknik pengumpulan data dengan pengamatan, wawancara dan studi dokumentasi, teknik penentuan informan dan narasumber dengan purpose sampling mewawancarai 3 informan dan 2 narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi humas Polres Garut dalam 4 tahapan, yakni (1) menentukan masalah adalah menyusun pengorganisasian dan berkoordinasi dengan fungsi operasional, (2) perencanaan dan penyusunan program yakni membuat konten peran kepolisian dan berita klarifikasi, menaati UU publikasi, (3) melakukan tindakan dan berkomunikasi yakni kapolres sebagai komunikator, bersikap objektif dan terbuka, bahasa umum, menggunakan instagram, (4) evaluasi program yakni menentukan konsep, pengambilan data, mendapatkan feedback positif dan kepercayaan sehingga followers instagram @polresgarut meningkat dari 37,6RB jadi 96,4 RB.
Kata-kata kunci : Pemanfaatan instagram; humas polres garut; komunikasi publik; citra lembaga.

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Agustia, Maya, and Nur Anisah. 2018. “Strategi Komunikasi Humas Polda Aceh Untuk

Membentuk Citra Positif Polisi Di Mata Masyarakat.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik 2 (2): 509–17. http://www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP/article/view/7516.

Alamanda, Dini Turipanam, Nizar Ahmad Hamdani, Wennya R Daniarti, and Novie Susanti Suseno. 2021. “Tourism Marketing Strategies in Utilizing Instagrammable Spots of

Mount Papandayan Tourism in Indonesia.” International Journal of Management (IJM)

(7): 53–63.

https://iaeme.com/Home/journal/IJM53editor@iaeme.comAvailableonlineathttps://iaem e.com/Home/issue/IJM?Volume=12&Issue=7.

Alfian, Elvi. 2020. “Tugas Dan Fungsi Kepolisian Untuk Meningkatkan Kepercayaan Publik Terhadap Penegak Hukum.” Legalitas: Jurnal Hukum 12 (1): 27. https://doi.org/10.33087/legalitas.v12i1.192.

Arissaputra, Sofian, and Septia Winduwati. 2022. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Publik Terkait Dengan Penanggulangan COVID-19 (Studi Deskriptif

Kualitatif Pada Akun Instagram @ikpdinaskominfobabel).” Kiwari 1 (1): 209. https://doi.org/10.24912/ki.v1i1.15780.

Cultip, Scott M.; Center, Allen H; Broom, Glen M. 2009. Effective Public Relations. Kencana.

Damayanti, A, I D Delima, and ... 2023. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi Dan Publikasi (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram@

Rumahkimkotatangerang).” Jurnal PIKMA: Publikasi … 6 (September): 173–90. https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/pikma/article/view/1308%0Ahttps://jurnal.amiko m.ac.id/index.php/pikma/article/download/1308/454.

Dunan, Amri. 2020. “Government Communications in Digital Era: Public Relation and Democracy.” Journal Pekommas 5 (1): 71. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050108.

Farid, Muhammad, and Eva Farhah. 2021. “Pemanfaatan Algoritma Instagram Dalam

Meningkatkan Promosi ODTW Budaya (Studi Kasus Di @KampungbudayaPijiWetan).” Cakra Wisata 22 (2): 1–8. https://jurnal.uns.ac.id/cakra-wisata/article/view/50407.

habib, Deril Rosyid Al, and Bambang Suratman. 2018. “Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif Pada Lembaga Pemerintahan DPRD Kabupaten Nganjuk.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 6 (3): 125–31.

Liliek Budiastuti Wiratmo, Noor Irfan, dan Kuwatono. 2017. “Website Pemerintah Daerah

Sebagai Sarana Online.” Jurnal ASPIKOM Volume 3 (14): 326–39.

Linsi Fandita, Alodia, Rini Darmastuti, Program Studi, Hubungan Masyarakat, Universitas

Kristen, Satya Wacana, and Jawa Tengah. 2023. “Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Salatiga Dalam Mensosialisasikan Program ‘Matur Mas Yuli’” 9 (2): 161–78.

Meidiana, Nadya, Rialdo Rezeky Manogari Lumban Toruan, Hamsinah Hamsinah, and Rama Adhipoetra. 2022. “Akun Instagram @humaskotabekasi Sebagai Sarana Layanan Informasi Publik Pemerintah Kota Bekasi.” Jurnal Cyber PR 2 (2): 119–32.

https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i2.2428.

Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mucharam, Achmad. 2022. “Membangun Komunikasi Publik Yang Efektif.” Jurnal Ilmu Komunikasi 27 (1): 71–82.

Nabila, Nisrina L, and Hedi Pudjo Santoso. 2021. “Strategi Komunikasi Publik Untuk Meningkatkan Kepercayaan Publik Dalam Menangkal Infodemik Covid-19.” Jurnal Ilmiah Ilmu Komonikasi 18 (2): 168–79. https://kawalcovid.19.id/.

Nasrullah, M.Si., Dr. Rulli. 2018. “Riset Khalayak Digital: Perspektif Khalayak Media Dan Realitas Virtual Di Media Sosial.” Jurnal Sosioteknologi 17 (2): 271. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2018.17.2.9.

Nur Azizah, Nadia Zulfa, and Ayub Ilfandy Imran. 2019. “Proses Public Relations Pt. Kereta

Api Indonesia (Persero) Dalam Membangun Citra Positif Melalui Media Sosial Instagram @Keretaapikita.” Performance 26 (1): 19. https://doi.org/10.20884/1.jp.2019.26.1.1385.

Nurhadi, Zikri Fachrul, Achmad Wildan Kurniawan, Program Studi, Ilmu Komunikasi, and

Universitas Garut. 2017. “Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian-ISSN:

-0836 KAJIAN TENTANG EFEKTIVITAS PESAN DALAM KOMUNIKASI,” no. 1: 90–95.

Purnomo, Yasmin Balqis Awwaliyah; Sadono, Teguh Priyo. 2022. “Strategi Komunikasi

Hmas Polda Jatim Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Kepolisian.” Jurnal Penelitian

Komunikasi 02 (8.5.2017): 2003–5. https://conference.untagsby.ac.id/index.php/semakom/article/view/1804.

Renggo, Liborius Benny, Aizun Najih, and Fathul Qorib. 2021. “Menjalin Komunikasi Publik: Strategi Humas Universitas Tribhuwana Tunggadewi Dalam Menjaga Relasi Internal Dan Eksternal.” JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 10 (2): 95–100.

https://doi.org/10.33366/jisip.v10i2.2222.

Sugiono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabet.

Syarifuddin, and Rahmawati Djaffar. 2022. “Pola Komunikasi Publik Di Era Digital Public Communication Patterns in the Digital Era.” JASIMA: Jurnal Komunikasi Korporasi Dan Media 3 (2): 172–82.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jk.v10i1.3683

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.52434/jk.v10i1.3683.g1855

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015