Kredibilitas Media Online Radarbandung.id Dalam Pandangan Mahasiswa

Heri Hendrawan, Zikri Fachrul Nurhadi, Rahma Safitri

Sari


Abstract
This research was motivated by the rise of hoaxes being spread due to advances in technology and the ease of disseminating information. Therefore, people must be smarter in choosing media that can be trusted. Apart from the widespread spread of hoaxes, public trust can also be seen from various dimensions, one of which concerns media credibility. This problem arises from a lack of news packaging and the choice of titles that are difficult to understand, thus affecting audience trust. The aim of this research is to explain students' credibility regarding the online media radarbandung.id in the dimensions of trustworthiness, accuracy, impartiality and data completeness. The research method used is a qualitative descriptive method with media credibility theory according to Flanagin and Metzger. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. Collection techniques are carried out by interviews, observation and documentation. The researcher took six informants who were students from different universities and two informants who were journalism practitioners to meet the needs of this research. The results of this research show that the dimensions of trustworthiness, accuracy, impartiality and completeness of the data are as follows. The trustworthy dimension means that online media is considered trustworthy, but there are some news stories that are dramatized and add to the journalist's opinion. In terms of accuracy, this media is quite accurate among students, but the reporting is not up to date and uses complicated titles. In this dimension of partiality, online media has fulfilled this well. In the data completeness dimension, radarbandung.id is a media that is complete and meets journalistic principles, but the news packaging is less in-depth.
Keywords: Credibility; online media; radarbandung.id; news; student.

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya hoax yang tersebar akibat kemajuan teknologi dan kemudahan dalam penyebaran informasi. Oleh sebab itu, masyarakat harus lebih pintar dalam memilih media yang dapat dipercaya. Selain maraknya tersebar hoax, kepercayaan masyarakat juga dapat dilihat dari berbagai dimensi, salah satunya menyangkut kredibilitas media. Permasalahan ini muncul kurangnya pengemasan berita dan pemilihan judul yang sulit dipahami sehingga memengaruhi kepercayaan khalayak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kredibilitas mahasiswa mengenai media online radarbandung.id dalam dimensi dapat dipercaya, akurasi, keberpihakan dan kelengkapan data. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode desktiptif kualitatif dengan teori kredibilitas media menurut Flanagin dan Metzger. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti mengambil enam informan yang merupakan mahasiswa dari universitas yang berbeda dan dua narasumber yang merupakan praktisi jurnalistik untuk memenuhi kebutuhan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi dapat dipercaya, akurasi, keberpihakan dan kelengkapan data sebagai berikut. Dimensi dapat dipercaya yaitu, media online ini dianggap dapat dipercaya namun ada beberapa berita yang didramatisisr dan menambah opini wartawan. Dimensi akurasi, media ini cukup akurat dikalangan mahasiswa namun dalam pemberitaanya kurang up to date dan penggunaan judul yang berbelit. Pada dimensi keberpihakan media online ini sudah memenuhi hal tersebut dengan baik. Dimensi kelengkapan data, radarbandung.id termasuk media yang lengka dan memenuhi kaidah jurnalistik, namun pengemasan berita kurang mendalam.
Kata-kata kunci: Kredibilitas; media online; radarbandung.id; berita; mahasiswa.

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Arifin, P. (2013). Persaingan Tujuh Portal Berita Online Indonesia berdasarkan Analisis Uses and Gratifications. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2). https://doi.org/10.24002/JIK.V1 0I2.353

Elizagoyen, V., & Pons, J. (2008). Peran Mahasiwa Di Masyarakat. ADLFI. Archéologie de La France - Informations, 1(1), 32–43. https://doi.org/10.4000/adlfi.2398

Erawaty, D. P., & Irwansyah, N. (2019). Indonesia Journalistic Code of Ethics (News

Aggregation Study). Journal Pekommas, 4(2), 197. https://doi.org/10.30818/jpkm.2019.2040210

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2),

https://doi.org/10.14710/interaksi.7.2.79-86

Hamna, D. (2017). Eksistensi Jurnalisme Di Era Media Sosial. Jurnal Jurnalisa, 3(1), 106– 120. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v3i1.3090

Hoerunnisa. (2020). Kredibilitas Media Online Dalam Pandangan Mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 122–136.

Indriyani, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Online Tirto.id Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Berita Livi Zheng. Komunika, 8(1), 12–18. https://doi.org/10.22236/komunika.v8i1.5714

Kencana, W. H., Situmeang, I. V. O., Meisyanti, M., Rahmawati, K. J., & Nugroho, H. (2021).

Penggunaan Media Sosial dalam Portal Berita Online. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(2), 136–145. https://doi.org/10.37817/ikraithhumaniora.v6i2.1509

Lewi Pramesti, O. (2014). Penerapan Kode Etik di Kalangan Jurnalis. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 81–92. https://doi.org/10.24002/jik.v11i1.386

Nikmatur, R. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabe Dan Paradigma Penelitian. Jurnal

Hikmah, 14(1), 62–70. https://e-jurnal.staisumatera-

medan.ac.id/index.php/hikmah/article/download/18/15

Pangaribuan, T. R. . (2017). Kredibilitas Media Sosial Dalam Pemberitaan Pemilihan Gubernur Dki Jakarta. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan, 18(2), 75. https://doi.org/10.31346/jpkp.v18i2.1169

Qona’ah, S., Giantika, G. G., & Utomo, I. W. (2021). Kredibilitas Media Online Dalam Pemberitaan Rencana Aktivitas Pembelajaran Secara Tatap Muka Pada Tahun 2021 Dimasa Pandemi Covid - 19. EJournal Komunikasi, 12(30), 29–38.

Ready, A., & Rumyeni. (2016). Penggunaan Media Online Sebagai Sumber Informasi. Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau., 3(1). https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/8438

Rondonuwu, S. (2018). Jurnalisme Dan Pengetahuan Yang Benar. Jurnal Administrasi Publik, 1(043).

Sa’diyah, H. (2020). Kredibilitas Media Sosial Instagram @ Suroboyo . Ku Sebagai Medium

Pemberitaan Covid-19 Masyarakat Kota Surabaya. Jurnal Studi Keagamaan,

Pendidikan, Dan Humaniora, 7(2), 120–139.

https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dar%20el-ilmi.v7i2.2146

Setiawan, B. (2021). Disiplin Verifikasi dalam Jurnalisme Media Online detikcom

Verification Discipline in detikcom Online Media Journalism. Jurnal Ilmu Pengetahuan

Dan Teknologi Komunikasi, 23(1), 33–48.

http://dx.doi.org/10.33169/iptekkom.23.1.2021.33-48

Abidin, S. & Cindoswari, S. G. (2017). Kredibiitas Media Dalam Pemberitaan Implementasi Kawasan Ekonomi Khusus Kota Batam. Jurnal Komunikasi, 3.

Taufik, C. M. (2020). Analisis Framing Harian Radar Bandung Dalam Penyajian Berita Virus Corona. Jurnal Beja, 1(1), 61–73.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jk.v10i1.3681

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.52434/jk.v10i1.3681.g1854

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015