Integrasi Public Relations Digital Dan Strategi Pemasaran Pada UMKM Sepatu Cibaduyut Kota Bandung

Ahmad Taufiq Maulana Ramdan, Ira Aryanti Rasyi Lubis, Haryadi Mujianto

Sari


Abstract
This research was motivated by the anxiety of Cibaduyut MSMEs in carrying out digital public relations and marketing strategies that are suitable for their business development. This study aims to explore the integration between digital Public Relations and marketing strategies implemented by Micro, Small and Medium Enterprises in the Cibaduyut Shoe sector, Bandung City. This research uses a descriptive qualitative approach to explore a deep understanding of how MSMEs integrate digital PR and their marketing strategies in facing challenges and seizing opportunities in the digital environment. Data was collected through literature studies and interviews with Cibaduyu Shoe MSME actors and Cibaduyut Shoe MSME managers. Data analysis is carried out with an inductive approach, where the collected qualitative data is analyzed thematically. Researchers can identify patterns, trends, and relationships between various elements related to the integration of digital PR and marketing strategies in Cibaduyut shoe MSMEs. The result of this study is that MSMEs that integrate digital PR in marketing strategies have a competitive advantage in the digital market by strengthening brand image, increasing online visibility, and expanding their market reach. MSMEs understand the characteristics of digital audiences to develop effective marketing strategies. It is necessary to develop MSME skills and knowledge in managing digital PR and holistic marketing strategies, including an understanding of digital platforms, creativity in content, and continuous analysis of campaign performance to take advantage of opportunities in the digital era. This reinforces the call for governments and relevant institutions to support MSMEs with relevant training programs. Keyword: Digital PR, marketing strategies, MSMEs.

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan UMKM Cibaduyut dalam melakukan strategi digital public relations dan pemasaran yang cocok untuk perkembangan usaha mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi antara Public Relations (PR) digital dan strategi pemasaran yang diterapkan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor Sepatu Cibaduyut, Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggali pemahaman mendalam tentang bagaimana UMKM mengintegrasikan PR digital dan strategi pemasaran mereka dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam lingkungan digital. Data dikumpulkan melalui studi literatur dan wawancara dengan pelaku UMKM Sepatu Cibaduyu dan pengelola UMKM Sepatu Cibaduyut. Analisis data dilakukan dengan pendekatan induktif, di mana data kualitatif yang terkumpul dianalisis secara tematis. Peneliti dapat mengidentifikasi pola-pola, tren, dan hubungan antara berbagai elemen yang terkait dengan integrasi PR digital dan strategi pemasaran pada UMKM sepatu Cibaduyut. Hasil dari penelitian ini adalah UMKM Sepatu Cibaduyut yang mengintegrasikan PR digital dalam strategi pemasaran memiliki keunggulan kompetitif di pasar digital dengan memperkuat citra merek, meningkatkan visibilitas online, dan memperluas jangkauan pasar mereka. UMKM memahami karakteristik audiens digital untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Diperlukan pengembangan keterampilan dan pengetahuan UMKM dalam mengelola PR digital dan strategi pemasaran holistik, termasuk pemahaman tentang platform digital, kreativitas dalam konten, dan analisis kinerja kampanye secara terus-menerus untuk memanfaatkan peluang di era digital. Hal ini memperkuat panggilan bagi pemerintah dan lembaga terkait untuk mendukung UMKM dengan program pelatihan yang relevan.
Kata-kata kunci: PR Digital, strategi pemasaran, UMKM.

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Patimah, S. (2023). Pengembangan Ukm Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Manajemen Usaha Di Sentra Sepatu Cibaduyut. Jurnal Ilmu Administrasi, 9(3), 401-411.

Putri, M., Setiani, S., & Fauzi, M. (2022). The Sales Promotion Analysis Of Hijab Products Wynable Brand. Journal of Business Administration, 1(2), 61-67.

Shafii, N. B. (2022). Penggunaan Siniar Sebagai Salah Satu Strategi Pengelolaan Komunikasi Publik Pada Hubungan Masyarakat Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Jakarta).

Amalia, N. R., Yulianti, F., & Kadir, A. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Cafe Bree Sweetandfreeze Banjarmasin (Menggunakan Analisis SWOT). Jurnal Rimba: Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 41-48.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Setia, D. A., & Budiarti, T. (2024). Pelaksanaan Pencegahan Penularan Hiv Ibu Ke Anak Pada Antenatalcare Di Puskesmas Cilacap Selatan 2. Sains Indonesiana, 2(1), 1-7.

Creswell, J. W. (2014). A concise introduction to mixed methods research. SAGE publications.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian Cet. 9. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor.

Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100.

Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2015). Qualitative research: A guide to design and implementation. John Wiley & Sons.

Hasibuan, M. P., Azmi, R., Arjuna, D. B., & Rahayu, S. U. (2023). Analisis Pengukuran Temperatur Udara Dengan Metode Observasi. GABDIMAS Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jk.v10i1.3641

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.52434/jk.v10i1.3641.g1851

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015