PENGARUH STRATEGI PUBLIC RELATIONS TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA HOTEL GRAND KOPO BANDUNG)

Penulis

  • Haryadi Mujianto

DOI:

https://doi.org/10.10358/jk.v4i1.360

Abstrak

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi public relations, citra perusahaan dan peranan strategi public relations terhadap citra perusahaan pada hotel Grand Kopo Bandung. Metode penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Sampel sebanyak 90 orang pelanggan hotel Grand Kopo Bandung. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi public relations berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan hotel Grand Kopo Bandung. Kata kunci: Strategi Public Relations, Citra Perusahaan, Loyalitas Pelanggan Abstract The purpose of this study was to analyze the public relations stategy, corporate image and the effect of public relations strategy to corporate images of the Grand Kopo Bandung Hotel. The research method used by the author is a quantitative approach to data collection techniques, namely, interviews, questionnaires, and literature. The type of research used is explanatory research. Sample as many as 90 customers of hotel Grand Kopo Bandung. The sampling technique uses accidental sampling. Data analysis used descriptive and regression analysis. The results of this study indicate that public relations strategy have significant effect on the image of Grand Kopo Bandung hotel. Keywords: Public Relations Strategy, Corporate Image, Customer Loyalty

Referensi

Jefkins, Frank dan Daniel Yadin. 2003. Public relations. Alih bahasa : Haris Munandar. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip, Swee Hoo Ang, Meng Siew Leong and Chin Tiong Tan. 1996. Marketing management: an asian perspective. Singapore: Prentice Hall.

Kotler, Phillip and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen pemasaran. Jilid 1. Edisi ketigabelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lianty, Yumei dan Widyatmoko. Analisis Empiris Public Relations terhadap Citra Hero Supermarket .Jurnal komunikasi Universitas Tarumanegara, 111(01). 87-98. Jakarta: Universitas Tarumanegara.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vellayati, Arifin dan Yulianto. (2014). Pengaruh Public Relations terhadap Citra Perusahaan Toyota. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 11 No. 1 Juni 2014. Malang: Universitas Brawijaya.

Sukmadi, Roesfian dan Purwanggono. (2014). Pengaruh Marketing Public Relations terhadap Citra Objek Wisata Pangandaran Di Jawa Barat. BARISTA Volume 1, Nomor 2, Desember 2014. Bandung: Sekolah Tinggi Pariwisata.

Diterbitkan

2018-06-30

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian