MANAJEMEN KOMUNIKASI DALAM PENGELOLAAN INFORMASI PEMBANGUNAN DAERAH (Pada Biro Humas Dan PDE Sekretariat Daerah Propinsi Sulawesi Tenggara)
DOI:
https://doi.org/10.10358/jk.v4i1.357Abstrak
Abstrak Aktivitas pembangunan nasional diorientasikan terhadap pembangunan masyarakat yang maju pada tiap-tiap propinsi melalui implementasi manajemen komunikasi dari pemerintah yang terkait. Tujuan utama manajemen komunikasi adalah pemanfaatan optimal sumber daya manusia dan teknologi untuk meningkatkan dialog dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen komunikasi dalam pengelolaan informasi pembangunan daerah pada Biro Humas dan PDE Sekretariat Daerah Propinsi Sulawesi Tenggara. Dengan jumlah informan sebanyak 10 orang. Data yang di kumpulkan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumuplan data yakni purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen komunikasi dalam pengelolaan informasi pembangunan daerah pada Biro Humas dan PDE Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara meliputi Perencanaan (planning) yakni melalui program-program yang termuat dalam RPJMD Provinsi Sulawesi Tenggara akan tercermin dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah serta pada Rencana Kerja SKPD. Pengorganisasian (organizing), dimulai dari sistem pengelolaan data dan informasi pendukung kebijakan pembangunan, sistem perencanaan dan penganggaran, sistem pengorganisasian dan pelaksanaan pembangunan, sistem pengendalian pembangunan, sistem evaluasi dan pemantauan pembangunan, dan sistem pelaporan hasil pelaksanaan pembangunan. Penggerakan (actuating), sebagai kegiatan memberikan dorongan kepada seseorang atau diri sendiri untuk mengambil tindakan yang dikehendaki melalui tehnik motivasi yang bisa digunakan untuk memotivasi khalayak sasaran berdasarkan tekanan kebutuhan, keinginan, harapan, rasa memiliki, dan keamanan. Pengawasan (controlling) melakukan tahapan sebagai berikut: dibnetuk tim pemantau yang bertugas memberikan laporan, baik secara tertulis maupun secara lisan dan dibentuk suatu saluran komunikasi khusus yang memungkinkan setiap pengurus dan khalayak sasaran menyampaikan laporan, saran, masukan kritik atau koreksinya menyagkut bahwa penerapan manajemen komunikasi. Kata Kunci : Manajemen Komunikasi, Pengelolaan Informasi, Pembangunan Daerah Abstract National development activities are oriented towards the development of advanced societies in each province through the implementation of communication management from the relevant government. The main goal of communication management is the optimization of human resources and technology to increase dialogue with others. This research aims to determine the management of communication in the management of regional development information of Public Relations Bureau and PDE Regional Secretariat of Southeast Sulawesi Province. Informans of this research are 10 informants. The data collected by using qualitative descriptive method by purposive sampling. The results showed that the implementation of communication management in the management of regional development information in Public Relations Bureau and PDE Regional Secretariat of Southeast Sulawesi Province involve Planing by programs contained within RPJM of Southeast Sulawesi Province will reflection in Work Plan of Local Government and work plan if SKPD. Organizing, bigin from data management system and development policy of information supporting, planning and budgeting system, organizing and implementing development systems, development control system, development evaluation and monitoring system, and reporting results of development implementation system. Actuating as activities give encouragement to someone or itself to take action with motivation techniques what can be used to motivation the purpose target audiences based on the pressures of necessity, disire, hope, sense of belonging and security. Controlling by the step of ; set up a monitoring team to give report in writing or orally and and establish a special communication channel who can allows every board and target audience to give reports, suggestion, input, criticism or correction concerning the implementation of communication management. Keyword : Communication Management, Information Management, Local DevelopmentReferensi
Abdul Halim. (2007). Akuntasi Sektor Pablik (Akuntasi Keungan Daerah). Jakarta: Selemba Empat.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bulaeng, Andi. (2000). Metode Penelitian Komunikasi Kontemporer. Makassar. Hasanuddin University Press.
Burhan, Bungin. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media.
Cangara, Hafied. (2000). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dilla, Sumadi. (2007). Komunikasi Pembangunan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
DeVito, Joseph A. (1999). Messages: Building Interpersonal Communication Skills. New York: Longman.
Effendi, Onong Uchjana. (2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
_____________________. (1993). Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
_____________________. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti
_____________________. 1984. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Rosda Karya.
Fisher, B. Audrey. (1990). Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Hanafiah, Jusuf, dkk. (2004). Teori Difusi Inovasi. (online).(http://www.edubenchmark.com, diakses 25 Januari 2011).
Kaye, Michael (1994). Communication Management. Sydney: Prentice Hall.
Kotler, Phillip. (1993). Manajemen Pemasaran. Jakarta. Alibahasa Hendra Teguh, Rony Antonius Rusli. Prenhallindo.
Mulyana, Deddy dan Solatun. (2007). Metode Penelitian Komunikasi (Contoh-Contoh Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Praktis). Bandung: Remaja Rosda Karya.
Moekijat. (1991). Pengantar Sistem Informasi Manajemen. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.
Ruslan, Rosady. (2002). Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Soedarsono Dewi. (2009). Sistem Manajemen Komunikasi. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.
Suprapto. (2009). Komunikasi Organisasi, Jakarta: Edisi V. Cetakan ketujuh.
Susanto, Astrid, S. (1988). Komunikasi Dalam Teori dan Praktek. Bandung: Bina Cipta.