Konvergensi Media Radio dalam Upaya Mempertahankan Eksistensi di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.52434/jk.v10i1.3532Abstrak
Abstract The rapid development of information technology, especially the internet, has triggered intense competition between radio stations to maintain their existence. In the current digital era, the convergence of radio media cannot be avoided, traditional media must be able to survive amidst increasingly fierce competition in the broadcasting industry to expand audiences and obtain advertising. This happened to Radio Cosmo Visual, which is considered to have implemented media convergence practices. This research aims to explain the application and impact of radio media convergence in an effort to maintain existence in the digital era. The research uses a case study type of research with a qualitative approach. Data collection techniques were carried out using observation, interviews and document analysis. Based on the results of the analysis, the results of this research show that Cosmo Visual Radio applies 3M, namely multimedia, multichannel and multiplatform in its convergence, where information is presented in various formats ranging from photos, video, text and audio and information is not only delivered via radio broadcasts but uploaded. via social media and can be accessed via various devices. The impact of this convergence practice includes expanding audience reach and attracting the interest of potential advertisers, so that Cosmo Visual Radio can take advantage of the convergence era to maintain its existence in the digital era. Keyword: Convergence; existence; radio. Abstrak Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat khususnya internet, memicu persaingan ketat antar radio untuk mempertahankan eksistensi. Di era digital saat ini konvergensi media radio tidak dapat dihindari, media tradisional harus dapat bertahan di tengah persaingan industri penyiaran yang semakin ketat untuk memperluas audien dan mendapatkan iklan. Hal tersebut terjadi pada Radio Cosmo Visual yang dianggap sudah menerapkan praktik konvergensi media. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan dan dampak dari konvergensi media radio dalam upaya mempertahankan eksistensi di era digital. Penelitian menggunakan jenis penelitian Studi Kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Berdasarkan hasil analisis, hasil penelitian ini bahwa radio cosmo visual menerapkan 3M yaitu multimedia, multichannel, dan multiplatform dalam konvergensinya, dimana informasi tersajikan dalam berbagai format mulai dari foto, video, teks, dan audio dan informasi tidak hanya disampaikan melalui radio siaran akan tetapi diunggah melalui sosial media dan dapat diakses melalui berbagai perangkat. Dampak dari praktik konvergensi tersebut antara lain memperluas jangkauan audien dan menarik minat calon pengiklan, sehingga radio cosmo visual dapat memanfaatkan era konvergensi untuk tetap mempertahankan eksistensi nya diera digital. Kata-kata kunci: Eksistensi; konvergensi; radio.Referensi
Daftar Pustaka
Alwasilah, A. Chaedar. 2018. Pokoknya Studi Kasus: Pendekatan Kualitatif. Bandung: Dunia Pustaka Jaya.
Anggito, Albi., dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher.
Arismunandar, S. (2010). Memahami Konvergensi Media. Jakarta: AJI.
Atmadi, ganda. 2017. Prof clayton m Christensen: disruptive innovation. Kumpulanstudiaspirasi.com http://kumpulanstudi-aspirasi.com/ekonomi/profclayton-m-christensen-disruptive-innovation (Diakses pada 14 Februari 2021 pukul 08:00 WIB)
Aziz, M. H. (2018). Konglomerasi media antara konvergensi media dan kebebasan berpendapat. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(3), 209-226.Munthe, M. (2019). Penggunaan radio sebagai media komunikasi dakwah. Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam, 5(2).
Beritasatu. 2021. Data ini media sosial paling popular di Indonesia 2020 – 2021. Beritasatu.com https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosialpaling-populer-di-indonesia-20202021 (Diakses pada 02 Maret 2021 Pukul 22:40 WIB)
Budhijanto, Danrivanto. 2013. Hukum Telekomunikasi, Penyiaran, dan Teknologi Informasi: Regulasi dan Konvergensi. Bandung: Refika Aditama.
Company Profile 101,9 FM Cosmo Radio Visual Bandung.
Dahono, Yudo. 2021, februari, 15. Data : Ini dia media sosial paling popular di Indonesia 2020-202. https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-palingpopuler-di-indonesia-20202021 (diakses 02 maret 2021 Pukul 22:40)
Devi, I. C. (2020). Strategi Konvergensi Radio Songgolangit FM di Tengah Persaingan Industri Penyiaran di Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Djamal, Hidajanto., dan Andi Fachruddin. 2013. Dasar-dasar Penyiaran. Jakarta: Kencana.
Domainesia. (nd). Mudahnya hidup di era digital. Domainesia.com https://www.domainesia.com/berita/era-digital-addalah-/amp (Diakses pada 03 Maret 2021 Pukul 19.00 WIB)
Fatin, nur. (nd). Pengertian strategi dan konsepnya. Seputarpengertian.blogspot.com https://seputarpengertian.blogspot.com/2018/11/pengertian-strategi-dankonsepnya.html (Diakses pada 03 Maret 2021 : 00:50 WIB)
Fitrah, Muh.dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian:penelitian Kualitatif, Tindakan kelas dan Studi Kasus. Sukabumi: Jejak Publisher.
Guita, V. C. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Program Siaran Radio L-BAAS 97, 6 FM (Studi pada Masyarakat Kelurahan Pagar Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu) (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Hayati, rini. 2020. Pengertian subjek penelitian dan contohnya. Penelitianilmiah.com.
https://penelitianilmiah.com/subjek-penelitian/ (Diakses pada 14 Februari 2021 pukul
:10 WIB) https://kbbi.web.id/eksistensi.html (Diakses pada Rabu 03 Maret 2021 Pukul 20:00 WIB) https://kbbi.web.id/strategi.html (Diakses pada Senin 01 Maret 2021 Pukul 19.00 WIB)
Kontributor Wikipedia, 'Keberadaan', Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, 25
Maret 2019, 01.15 UTC,
<https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Keberadaan&oldid=14937407>;
(Diakses pada 03 Maret 2021 Pukul 20:40 WIB)
Kontributor Wikipedia, 'Radio', Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, 19
Desember 2020, 17.55 UTC,
<https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Radio&oldid=17732863>; (diakses pada 13 Maret 20201 Pukul 19 : 19)
KPI PUSAT. 2013. Kedaulatan Frekuensi: Regulasi Penyiaran, Peran KPI dan Konvergensi Media. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prana Media Grup.
Kusnandar, Viva Budi. 2019. Hanya 13% masyarakat yang masih mendengarkan radio. Katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/23/hanya-13persen-masyarakat-yang-masih-mendengarkan-radio (diakses pada 27 mei 2021 pukul 14:30 WIB)
Lumi, Wilson. 2020. Survey Nielsen, Pendengar radio mengalami kenaikan dimasa covid 19. Cahayasiang.com https://Cahayasiang.com/2020/12/18/survey-nielsenpendengar-radio-mengalami-kenaikan-dimasa-covid-19/amp/ (diakses pada 29 april 2021 pukul 21:30 WIB)
Margono, Indriya. 2017. Menjadi Broadcaster Radio. Surabaya: Garuda Mas Sejahtera.
McQuil, Denis. 2011. Teori Komunikasi Maassa. Jakarta. Salemba Humanika.
Mirza, Muhammad. (nd). Pengertian strategi : tingkat, jenis, bisnis, integrasi, umum. Saintif.com https://saintif.com/strategi-adalah/ (Diakses pada 03 Maret 2021 pukul 00:48 WIB)
Mukarom, Zaenal. 2020. Teori-teori Komunikasi. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Mulyana, Deddy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nata, Tio Dwi dkk. 2018. Teknologi Komunikasi dan Realitas Semu Media Massa. Surabaya: Garuda Mas Sejahtera.
Pakarkomunikasi. (nd). Fungsi komunikasi massa. Pakarkomunikasi.com.
https://pakarkomunikasi.com/fungsi-komunikasi-massa/amp (diakses pada 25 april 2021 pukul 15:30 WIB)
Poter, Michael.E. 1993. Keunggulan Bersaing Mempertahankanidan Menciptakan Kinerja Unggul. Jakarta: Erlangga.
Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis Karakteristik dan keunggulannya. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Radioindonesia. (nd). PRSSNI. Radioindoneisa.co.id www.radioindoneisa.co.id https://www.radioindonesia.co.id/ (Diakses pada Minggu 14 Maret 2021 pukul 15:50 WIB)
Radiojakarta. (nd). Sejarah lahirnya PRSSNI. Radiojakarta.org https://www.radiojakarta.org/sejarah-lahirnya-prssni (Diakses pada 14 Maret 2021 pukul 15:54 WIB)
Rahman, Vanny . 2019. Sejarah panjang radio di Indonesia dari colonial hingga milenial.
IDNtimes.com. https://www.idntimes.com/news/indonesia/amp/vannyrahman/sejarah-panjang-radio-di-indonesia-dari-kolonial-hingga-millennial (Diakses pada 14 Maret 2021 pukul 15:40 WIB)
Resmadi, I., & Yuliar, S. (2014). Kajian difusi inovasi konvergensi media di harian pikiran rakyat. Jurnal Sosioteknologi, 13(2), 110-118.
Rizal, Muhammad. 2019. Era digital dan tantangan radio di masa depan. Sulengka.net https://sulengka.net/era-digital-dan-tantangan-radio-di-masa-depan (Diakses pada 15 Maret 2021 Pukul 14:40 WIB)
Romli, Asep Syamsul M. 2017. Manajemen Program & Teknik Produksi Siaran Radio. Bandung: Nuansa Cendekia.
Romli, Khomsahrial. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo.
Rosidah, E., & Sihabudin, A. (2018). Komunikasi Pemasaran Radio Xchannel 103.2 Fm Di Era Konvergensi Media (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).
Rusmiarti, D. A. (2015). Analisis difusi inovasi dan pengembangan budaya kerja pada organisasi birokrasi. Masyarakat Telematika dan Informasi, 6(2), 85-100.
Seluler. 2021. Jumlah pengguna media sosial di dunia mencapai 4,2 miliar. Seluler.id https://seluler.id/2021/02/jumlah-pengguna-media-sosial-di-dunia-mencapai-42miliar/amp (Diakses Pada 15 Maret 2021 Pukul 14:44 WIB)
Sugiya, A. (2012). Strategi Tansformasi Konvergensi Media Studi Kasus Grand Strategy Harian Kompas. Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulvinajayanti. 2018. Manajemen dan Konvergensi Media Penyiaran. Makassar: Angkasa Timur.
Supadiyanto. 2020. Pengantar Jurnalisme Konvergentif. Jogjakarta: Pustaka Baru Press.
Syafiie, S. S. L. (2016). Mediamorfosis dan Persaingan Media. Jurnal The Messenger, 2(2), 21-23.
Syarif, Muhammad . (n.d). efek media massa. Santerdaily.com.
https://www.google.com/amp/s/santerdaily.com/peristiwa/efek-media-massa
(Diakses 03 Maret 2021 Pukul : 15.30)
Thaha, H. (2009). Media Massa Dan Masyarakat. AL TAJDID, 1(1).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran.
Widyastuti, E. P. (2020). Konvergensi Siaran Green Radio 96, 7 Fm Pekanbaru Dari Radio Analog Menjadi Radio Digital (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Wuryantai, A. E. W. (2004). Digitalisasi masyarakat: Menilik kekuatan dan kelemahan dinamika era informasi digital dan masyarakat informasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2).Yona, Sri. (2006). Penyusunan Studi kasus. Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 10, No.2, September 2006; hal 76-80.
Yuli, Ayu dini hafri dila. 2010. Radio siaran sebagai the-fifth estate.
ayudinihafridilayuli.wordpress.com http://www.google.com/amp/s/ayudinihafridilayuli.wordpress.com/2010/07/14/radiosiaran-sebagai-the-fifth-estate/amp (Diakses pada 15 Maret 2021 pukul 15:54 WIB) Yunus, Syarifuddin. 2010. Jurnalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indonesia.
Zaenudin. 2015. Asal Usul Benda-benda di Sekitar Kita Tempo Doeloe. Jakarta: Change.
Zain. 2018. Pengertian Eksistensi. Pengertiankomplit.blogspot.com
https://pengertiankomplit.blogspot.com/2018/05/pengertian-eksistensi.html (diakses pada 29 april 2021 pukul 20:30 WIB)