Persepsi Remaja Keluarga Widuri terhadap Konten Pembelajaran Matematika pada Akun Tiktok @claristacahyani

Syaiful Rohim, Eko Digdoyo, S Akhdan

Abstrak


Abstract
Communication is very important for human life, especially in the modern era, when all activities are expressed in various communication channels. When Indonesia is being affected by the covid19 pandemic case or corona virus which forces all people to do activities at home online. Social media is one of the communication tools that is often used during the pandemic to prevent boredom while doing activities at home. One of the social media that is often used during the pandemic is TikTok application, one of which is used for educational content needs. This study uses a qualitative approach to determine adolescents' receptions of mathematics learning content on social media TikTok account @Claristacahyani by using Stuart Hall's encoding-decoding reception theory. Data collection techniques were carried out through observation, interviews and literature studies. The results of interviews conducted by researchers to seven informants showed that 21 dominant meanings, 10 negotiated meanings, and 4 oppositional meanings of learning content on the TikTok account @Claristacahyani which can be a reference for further research, especially in relation to educational communication content.
Keywords: Decoding; encoding; komunikasi pendidikan; tiktok.

Abstrak
Komunikasi merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia terlebih di era modern, saat dimana semua aktivitas kegiatan diekspresikan di ragam kanal komunikasi. Saat Indonesia sedang terdampak kasus pandemi covid19 atau virus corona yang memaksa untuk seluruh masyrakat melakukan aktifitas di rumah secara online. Media sosial adalah salah satu alat komunikasi yang sering digunakan selama masa pandemi berjalan untuk mencegah kebosanan saat melakukan aktifitas dirumah. Salah satu media sosial yang sering digunakan selama pandemi adalah aplikasi TikTok, yang salah satunya digunakan untuk keperlukan konten Pendidikan. Tujuan penelitian untuk menjelaskan Bagaimana resepsi remaja SMA Keluarga Widuri Kelas XII terhadap konten pembelajaran matematika pada akun Tiktok @Claristacahyani?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui resepsi remaja terhadap konten pembelajaran matematika pada media sosial TikTok akun @Claristacahyani dengan menggunakan teori resepsi Stuart Hall encoding- decoding. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil dari wawancara yang peneliti lakukan kepada tujuh informan menunjukan bahwa 21 pemaknaan dominan, 10 pemaknaan negosiasi, dan 4 pemaknaan oposisi terhadap isi konten pembelajaran pada akun TikTok @Claristacahyani yang dapat menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya terutama kaitannya dengan konten komunikasi pendidikan.
Kata-kata kunci: Decoding; encoding; komunikasi pendidikan; tiktok

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Alaasutari, Pertti. 1999. Rethingking The Media Audience. London: Sage Publication.

Althusser, Louis. 1984. Esai Tentang Ideologi. Cultural Studies, Neo Marxisme,

Strukturalisme, dan Psikonalisis. (terj. Olsy Vinoly Arnop). Jalasutra: Bandung.

Ang, I. (1996). Living Room Wars: Rethinking media audiences for a postmodern world. London: Routledge.

Anggito Albi, Johan Setiawan. 2018. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat :

Tim CV Jejak.

Ardianto Elvinaro, Lukiati Komala, Siti Karlinah. 2013. Komunikasi Massa Suatu

Pengantar. Bandung: PT. Simbiosa Rekatama Media.

Aji, W.N. 2020. Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra.

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Widya Kharma Klaten.

Briliannur Dwi C, Aisyah Amelia, dkk. Analisis Keefektifan Pembelajaran Online Di

Masa Pandemi Covid-19. Universitas Trunojoyo Madura. E-ISSN 2721-7957.

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke

Arah Ragam Varian Kontemporer, Jakarta : Rajawali Pers.

Diana Fitrianingrum, 2017. Mahsiswa fakultas ilmu komunikasi Universitas Negri Yogyakarta “Analisis Repersentasi khalayak pterhadap kejahatan dalam sinetron lepas azab di indosiar”

Isroqm, A. 2013. Pembuaran Media Pembelajaran Interaktif (Studi Kasus: Aplikasi Powerpoint). 1317-1336.

Lenggana Wulandari, 2020. Resepsi Konten Negatif Porno Aksi dan Penyesuaian

Informasi Pada Aplikasi TikTok (Analisis Budaya Populer di Khalangan

Remaja Ternate). Universitas Bakrie.

Sandi Marga Pratama, Muchlis. Pengaruh Aplikasi Tik Tok Terhadap Ekspresi

Komunikasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel

Surabaya Tahun 2020. Volume 01, Number 02 Agustus 2020.

Santyasa, I Wayan. 2007. Landasan Konsepsual Media Pembelajaran.

Makalah Disajikan dalam Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMA

Negeri Banjar Angkan Pada Tanggal 10 Januari 2007 di Banjar Angkan Klungkung.

Darmasih Ririn. 2009. Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Seks Pranikah Pada Remaja

Sma Di Surakarta.

Dingli, A., & Seychell, D. 2015. The New Digital Natives: Cutting the Chord. New York: Springer

Jensen, Klaus Burhn. 1999. Media Audiences Reception Analysis; Massa Communication as The Social Production of Meaning”. Dalam KlausBurhn Jensen dan Nicholas W Jankowski (eds). A Handbook of Qualitatif Metodelogies

for Massa Communication Reaserch. London:Routledg.

Kaplan, Andreas. M, Haenlein. Michael. 2010. Users of The World Unite The

Challengs and Opportunities of Media Sosial. Business Horizon.

Kotler Philip, Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. ed Ketiga Belas. Jilid 2 Terjemahan oleh BOB Sabran MM: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunukasi. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Malau, F. (2018). Pornografi dalam film : Analisis resepsi film "men, women & children". Jakarta: proTVF.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta:Kencana.

Mulyana Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodelogi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: PT. Gramedia Purstaka Utama.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV.

Alfabeta.

West, R., & Turner, L. H. (2010). Introducing Communication Theory. New York: McGraw-Hill




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jk.v10i1.3373

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.52434/jk.v10i1.3373.g1848

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015