Motif Penggunaan Media Sosial Tiktok Bagi Remaja

Penulis

  • Raden Ismira Febrina Universitas Garut
  • Ieke Sartika Iriany Universitas Garut
  • Fajar Surya Firdaus Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jk.v9i2.3175

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan motif, pengalaman dan makna penggunaan media sosial TikTok sebagai eksistensi diri mahasiswa Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, serta studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motif penggunaan media sosial TikTok bagi mahasiswa itu terdapat motif ‘Karena’ dan motif ‘Untuk’. Dalam penelitian ini ditemukan Motif ‘Karena’ mahasiswa menggunakan TikTok ialah 1) Pengguna media sosial TikTok sangat banyak; 2) Fitur-fitur yang ada di TikTok sangat menarik; 3) Adanya peluang untuk mendapatkan penghasilan. Motif ‘Untuk’ terdiri dari 1)Untuk mengekspresikan diri; 2)Untuk mengisi waktu luang; 3)Untuk memanfaatkan aplikasi untuk sarana menadapatkan penghasilan. Adapun pengalaman yang didapatkan mahasiswa pengguna TikTok di kabupaten Garut baik itu pengalaman positif dan juga negative, serta Makna Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Eksistensi Diri oleh mahasiswa di Kabupaten Garut ialah 1) Sebagai media yang dapat memenuhi kebutuhandiri; 2)Mendapatkan followers dan likes agar lebih dapat dikenal; 3) Sebagai media yang dapat memberikan dampak positif.

MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK BAGI MAHASISWA DI KABUPATEN GARUT

Biografi Penulis

Raden Ismira Febrina, Universitas Garut

Departemen Ilmu Komunikasi

Ieke Sartika Iriany, Universitas Garut

Departemen Ilmu Sosial

Fajar Surya Firdaus, Universitas Garut

Departemen Ilmu Komunikasi

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Buku

Hermin Indah Wahyuni. (2015). Kebijakan Media Baru Di Indonesia. Gadjah Mada University Press

Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi. Bandung: Widya Padjajaran.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, Z. F. (2015). Teori-Teori Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia

Rakhmat, J., & Ibrahim, I. S. (2017). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung:Simbiosa Rekatama Media.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sumitra, S., & Ardinto, E. (2008). Dasar-dasar public relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Jurnal :

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504

Andytha Anjanisari, H., Alfani, H., Ki Ratu Penghulu No, J., Sari Baturaja OKU, K., & Baturaja Jl Ki Ratu Penghulu No, U. (2021). Fenomena Penggunaan Aplikasi TikTok Sebagai Media Eksistensi Di Kalangan Mahasiswa Universitas Baturaja. Jurnal Massa, 02. https://journal.unbara.ac.id/index.php/JM

Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (n.d.). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus TikTok (Vol. 1). http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit

Dwi, E., & Watie, S. (2011). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media): Vol. III (Issue 1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270

Icha, N. R., & Kurniadi, O. (2022). Hubungan antara Menggunakan Tik Tok dengan Perilaku Eksistensi Diri. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i1.939

Iswarani, M. P., & Gautama, M. I. (2022). Penggunaan Aplikasi TikTok Sebagai Ajang Eksistensi Diri Bagi Remaja (Studi Kasus Siswa SMAN 5 Bukittinggi Kelas XI IPS). Jurnal Perspektif, 5(1), 37. https://doi.org/10.24036/perspektif.v5i1.588

Laylatul Munawaroh. (2021). Makna Penggunaan Media Baru Pada Masa Pandemik Covid-19 Di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Raden Fatah. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47527

Ndruru, D. J., Borromeus Mulyatno, C., Subali, Y., & Antony, R. (2023). Pengalaman Bermedia Sosial Kaum Religius di Era Digital. Jurnal Kewarganegaraan,7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4757

Novita, D., Kusuma, S. C., & Oktavianti, R. (2020). Penggunaan Aplikasi Media Sosial Berbasis Audio Visual dalam Membentuk Konsep Diri. 4, 372–379. Oktaheriyani,

D., Wafa, M. A., & Shadiqien, S. (2020). Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial TikTok.

Syafrida Lubis, N., Rohani, L., & Devianty, R. (2022). Motif Pengguna Aplikasi TikTok Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(12), 2835–2844. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i12.438

Utari, R. (2020). Di Rumah Saja dan Eksistensi Diri. https://doi.org/https://doi.org/10.52496/rasi.v2i2.66

Valiant, V., & Paramita, S. (2022). Peran Aplikasi Tiktok Sebagai Media Komunikasi Ekspresif Penyintas Covid-1

File Tambahan

Diterbitkan

2023-11-02

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian