Strategi Komunikasi Bimbingan Perkawinan dalam Pencegahan Kasus Stunting di Kabupaten Temanggung

Viona Elsya, Nadia Itona Siregar

Abstrak


Kasus stunting yang naik pada tahun 2020 di Kabupaten Temanggung menjadikan pemerintah memberikan amanat untuk Kementrian Agama memberikan intervensinya terkait dengan penurunan stunting. Hal ini dinilai bahwa pembentukan sebuah keluarga erat kaitannya dengan kelahiran seorang anak, sehingga adanya revalitasi KUA untuk memberikan materi terkait stunting juga dalam program bimbingan perkawinan. Pelaksanaan program bimbingan perkawinan pencegahan stunting juga dilakukan bersama dengan Dinas Kesehatan dan BKKBN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi dalam program bimbingan perkawinan terkait dengan pencegahan stunting di Kabupaten Temanggung. Penelitian yang dilakukakan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara mendalam kepada tujuh informan yaitu 3 fasilitator bimbingan perkawinan, petugas kesehatan, serta dua peserta dalam program bimbingan perkawinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan dalam program bimbingan perkawinan terkait dengan stunting sesuai dengan teori Laswell, dalam programnya yaitu berkaitan dengan kemampuan yang dimiliki oleh komunikator dilakukan oleh para fasilitator bersertifikat dari Kementrian Agama serta dari Dinas Kesehatan. Penyusunan pesan yang ada didalam program bimbingan perkawinan terkait stunting diberikan pada materi kesehatan reproduksi dan generasi berkualitas secara persuasive dan edukatif.  Penggunaan media dalam program bimbingan perkawinan pencegahan stunting melalui sosialisasi serta media yang digunakan yaitu dengan modul dan informasi langsung dari fasilitator. Peserta yang menjadi khalayak dalam program ini yaitu para calon pengantin yang sudah mendaftarkan dirinya KUA. Efek yang diberikan kepada para peserta memberikan pengetahuan bagi para calon pengantin sehingga mampu melahirkan generasi yang berkualitas. Adapun faktor penghambat terbagi menjadi hambatan teknis,semantik,serta latar belakang, kemudian untuk faktor pendukung adanya dukungan dari pemerintah.


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Bachruddin, A., Siraj, N., & Nurfalah, F. (n.d.). STRATEGI KOMUNIKASI PENCEGAHAN STUNTING MELALUI PROGRAM BADAN KEPENDUDUKAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL (BKKBN) DI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON (Vol. 10, Issue 2).

Haryanti, S., Besti, ), Simbolon, R., Sianturi, G., Darma, U., & Medan, A. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UD.BOLU SALAK KENANGA DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK OLAHAN DI KOTA PADANG SIDEMPUAN (Vol. 7, Issue 2).

Hendraswari, C. A., Purnamaningrum, Y. E., Maryani, T., Widyastuti, Y., & Harith, S. (2021). The determinants of stunting for children aged 24-59 months in Kulon Progo District 2019. Kesmas, 16(2), 71–77. https://doi.org/10.21109/KESMAS.V16I2.3305

Maulida Suriani. (2021). Pengaruh Komunikasi dan Mobilisasi Kader Posyandu Terhadap Upaya Pencegahan Stunting. Artikel Penelitian, 8(1).

Mulyadi, A., Naryoso, A., Yuliyanto, M., & Ulfa, S. (n.d.). STRATEGI KOMUNIKASI KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DALAM KAMPANYE NASIONAL PENURUNAN PREVALENSI STUTNING. https://setkab.go.id//

Ni’matul Khusna, A., Erawan, E., & Arsyad, A. W. (2018). Strategi Komunikasi Petugas Penyuluhan Pertanian dalam Meningkatkan Hasil Komoditas Tanaman Padi pada Kelompok Tani Purwa Jaya Desa Sebakung Jaya Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam paser Utara. 6(4), 299–313.

Rizki Setiawan, R., Lilis Chaerowati Prodi Manajemen Komunikasi, D., Ilmu Komunikasi, F., & Islam Bandung, U. (n.d.). Bandung Conference Series: Communication Management Strategi Komunikasi dalam Menyosialisasikan Program Perlindungan Hak Anak. https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i1.654DOI

Smith, M. bin, & Lakadjo, M. A. (2018). BIMBINGAN DAN KONSELING PRANIKAH UNTUK MENINGKATKAN PERSIAPAN PERNIKAHAN PADA MASA DEWASA AWAL.

Zulham, A. (2019). RINTANGAN KOMUNIKASI DAN PENYELESAIAN KONFLIK DALAM PENGOLAHAN TANAH KAWASAN HUTAN KABUPATEN SINJAI. In MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi: Vol. II.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jk.v9i2.3168

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.52434/jk.v9i2.3168.g1680

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015