Strategi travel blogger dalam mengkomunikasikan wisata sebagai upaya menggerakkan pariwisata nusantara
DOI:
https://doi.org/10.52434/jk.v9i2.2413Abstrak
Abstract
Indonesia has a variety of natural resources and can be used as a tourism sector that attracts the attention of tourists. However, in 2020, the Covid-19 pandemic occurred which stopped all socioeconomic activities, including temporarily closing tourism. Data on foreign tourist arrivals to Indonesia during the Covid-19 pandemic showed a very sharp decline, which was around 74% from the average normal condition, while tourism was one of the most effective sectors for boosting Indonesia's foreign exchange, so, to revive the tourism sector, a strategy is needed, one of which is by utilizing travel bloggers. Travel bloggers are an important factor in reviving archipelago tourism to invite and introduce tourism. The purpose of this research is to describe the communication strategy of travel bloggers in an effort to generate archipelago tourism. This study uses a qualitative research method with a phenomenological approach. The theory used is the theory of persuasion and social influence. Primary data was obtained by interviewing four travel blogger informants who are affiliated and become ambassadors in the Indonesian Enchantment Award (API) community. Secondary data was obtained through research journals, e-books, books, blogs, and informants' social media. The results of the study show that travel bloggers must have self-interest including self-competence, credibility, and self-uniqueness. The informants were also active in uploading blogs one to two times a week, creating WhatsApp groups so that the public could join and get travel information, and participating in promoting, and inviting followers to visit archipelago tourism which is part of the API Awards. In addition, a transparent tourism assessment can be used as a form of individual assessment by the public.
Keywords: Covid-19 pandemic; Travel blogger; Indonesian Enchantment Award Ambassador.
Abstrak
Indonesia memiliki beragam kekayaan alam yang dapat dijadikan sektor pariwisata yang menarik perhatian wisatawan. Namun pada tahun 2020, terjadi pandemi Covid-19 yang menghentikan seluruh kegiatan sosial ekonomi, termasuk menutup sementara pariwisata. Data kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada masa pandemi Covid-19 menunjukkan penurunan yang sangat tajam, yaitu sekitar 74% dari rata-rata kondisi normal, sedangkan pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling efektif untuk mendongkrak devisa Indonesia, maka untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata diperlukan strategi, salah satunya dengan memanfaatkan travel blogger. Travel blogger menjadi salah satu faktor penting dalam membangkitkan pariwisata nusantara untuk mengajak dan memperkenalkan pariwisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi travel blogger dalam upaya membangkitkan pariwisata nusantara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teori yang digunakan adalah teori persuasi dan pengaruh sosial. Data primer diperoleh dengan mewawancarai empat informan travel blogger yang tergabung dan menjadi duta dalam komunitas Anugerah Pesona Indonesia (API). Data sekunder diperoleh melalui jurnal penelitian, e-book, buku, blog, dan media sosial para informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa travel blogger harus memiliki ketertarikan pada diri sendiri meliputi kompetensi diri, kredibilitas, dan keunikan diri. Para informan juga aktif dalam mengunggah blog satu hingga dua kali dalam seminggu, membuat grup WhatsApp agar publik dapat bergabung dan mendapatkan informasi wisata, serta ikut mempromosikan, dan mengajak followers untuk mengunjungi wisata nusantara yang menjadi bagian dari API Awards. Selain itu, penilaian pariwisata yang transparan dapat digunakan sebagai bentuk penilaian individu oleh masyarakat.
Kata-kata kunci: Pandemi covid-19; Travel blogger; Ambassador Anugerah Pesona Indonesia.
Referensi
Daftar Pustaka
Afrilia, A. M. (2018). Personal Branding Remaja di Era Digital. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 20–30. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i1.3626
Agustina, A. (2021). Strategi Pemanfaatan Media Online Travel Blogger dalam Promosi
Wisata di Kota Batam.
http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/542%0Ahttp://repository.upbatam.ac.id/542/ 2/cover s.d bab III.pdf
Anjani, S., & Irwansyah. (2020). Peranan Influencer dalam Mengkomunikasikan Pesan di Media Sosial Instagram. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203.
Fithrah Ali, D. S., & Wahyuni, I. I. (2017). Peran Travel Blogger Dalam Mempromosikan Pariwisata Di Indonesia. Tourism Scientific Journal, 2(2), 192. https://doi.org/10.32659/tsj.v2i2.29
Gea, A. A. (2014). Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien. Humaniora, 5(2), 777. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3133
Hamid M.Si, D. F. (2018). Pendekatan Fenomenologi (Suatu Ranah Penelitian Kualitatif). Pendekatan Fenomenologi, 1–9.
Iskar, I. W. P., Akbar, A. F., Dozan, W., & Yudiansyah, A. M. (2021). Dampak Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (Psbb) Terhadap Penghidupan Pekerja Sektor
Informal Di Provinsi Dki Jakarta. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP), 3(2), 68–79. https://doi.org/10.33701/jpkp.v3i2.1001
Manning, R. D., Croft, C., Hall, S. A., Allen, B. L., & Casper, G. (2021). Marketing Brands and Experiences in Sport , Entertainment , Tourism and Hospitality. XXXIII(3).
Maryam Muhammad. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal,
(2), 90. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/1881/1402%0Ahttps://media.neliti. com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam-pembelajarandc0dd462.pdf
Paludi, S. (2022). Setahun Pandemi Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Industri Pariwisata Indonesia. Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 49–60.
Rachman, T. (2018). Pengertian Kerjasama. Angewandte Chemie International Edition, 6(11),
–952., 10–27.
Rahma, A. A. (2020). Potensi Sumber Daya Alam dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata
Di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(1), 1. https://doi.org/10.22146/jnp.52178
Sari, L. P. (2016). Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan Dan Pengalaman
Kerja Terhadap Komitmen Organisasi. II(2), 4–98.
https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/arika/article/download/487/451/
Villela, L. M. (2017). Konsep Dasar Pengalaman. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.