Strategi marketing communications melalui emina girl gang ambassador oleh emina cosmetics di masa pandemi covid-19

Penulis

  • Marsha Vella Santara Prodi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur
  • Heidy Arviani Prodi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.52434/jk.v9i2.2389

Abstrak

Abstract

The COVID-19 pandemic has certainly had an impact on all areas of industry, including the beauty industry. One of the marketing communication strategies implemented by Emina Cosmetics is with a brand ambassador named Emina Girl Gang Ambassador (EGGA). However, due to the Corona SARSCoV-2 virus or the Covid-19 pandemic that broke out in Indonesia, the implementation of Emina Girl Gang Ambassador underwent changes and adaptation due to new policies during the Covid-19 pandemic. This research aims to find out the marketing communication strategy through Emina Girl Gang Ambassador by Emina Cosmetics during the COVID-19 pandemic. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques were carried out through in-depth interviews and using the Miles and Huberman data analysis model. The theory used in this research is Integrated Marketing Communication and the Brand Ambassador function. The results of this research show that the marketing communications strategy through Emina Girl Gang Ambassador by Emina Cosmetics during the COVID-19 pandemic uses 5 multi-channel Integrated Marketing Communications in the form of advertising, personal selling, direct marketing, interactive marketing, and publicity & public relations. Even during the COVID-19 pandemic, consumers still use Emina Girl Gang Ambassador content as references and recommendations. The public continues to welcome and respond well to Emina Girl Gang Ambassador. Emina Girl Gang Ambassador is also considered to have a good and positive image.

Keywords: Brand ambassadors; emina girl; marketing communications.

 

Abstrak

Adanya pandemi COVID-19 tentunya berdampak pada semua bidang industri, termasuk industri kecantikan. Salah satu strategi komunikasi pemasaran yang diterapkam Emina Cosmetics adalah dengan brand ambassador bernama Emina Girl Gang Ambassador (EGGA). Namun karena adanya virus Corona SARS-CoV-2 atau pandemi Covid-19 yang merebak di Indonesia menyebabkan pelaksanaan Emina Girl Gang Ambassador mengalami perubahan dan adaptasi karena adanya kebijakan baru di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi komunikasi pemasaran melalui Emina Girl Gang Ambassador oleh Emina Cosmetics di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam dan menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Integrated Marketing Communication dan fungsi Brand Ambassador. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran melalui Emina Girl Gang Ambassador oleh Emina Cosmetics pada masa pandemi COVID-19 menggunakan 5 multi channel Integrated Marketing Communications berupa advertising, personal selling, direct marketing, interactive marketing, dan publicity & public relations. Meskipun berada di masa pandemi COVID-19, konsumen tetap menjadikan konten Emina Girl Gang Ambassador sebagai rujukan dan rekomendasi. Publik tetap menyambut dan merespons Emina Girl Gang Ambassador dengan baik. Emina Girl Gang Ambassador juga dinilai memiliki citra yang bagus dan positif.

Kata-kata kunci: Brand ambassador; emina girl; komunikasi pemasaran.

Biografi Penulis

Marsha Vella Santara, Prodi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur

Prodi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur

Heidy Arviani, Prodi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur

Prodi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur

Referensi

Daftar Pustaka

Ananda, D. M. R. (2021). Pemanfaatan Media Baru Untuk Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Dalam Masa Wabah Covid 19. Komunikasi Universitas Garut: Hasil

Pemikiran Dan Penelitian, 7.

https://doi.org/https://dx.doi.org/10.52434/jk.v7i1.1019.g910

Andriani, D. (2021). Deretan Aktivitas Online Paling Populer Selama Pandemi Asosiasi

Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2020.

https://lifestyle.bisnis.com/read/20210315/220/1367745/deretan-aktivitas-online-palingpopuler-selama-pandemi

Anggraini, I. (2016). Strategi Marketing Public Relations Dalam Festival Jajanan Bango: Studi Kasus PT. Unilever di Sidoarjo. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 2. https://doi.org/https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/560/539

Aritonang, W., & Hasanah, R. (2022). Pengaruh Kredibilitas Endorser Terhadap Sikap Khalayak Pada Merk Head & Shoulders. Komunikasi Universitas Garut: Hasil

Pemikiran Dan Penelitian.

https://doi.org/https://dx.doi.org/10.52434/jk.v8i1.1203.g1163

Artvanka, L., & Hidayat, R. (2021). Analisis Pengaruh Content Marketing Instagram

Terhadapcustomer Engagement (Studi Kasus Pt. Golden Communication Lampung Tahun 2021). E-Proceeding of Applied Science, Vol.7, No.

https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/171673/analisis-pengaruh-contentmarketing-instagram-terhadap-customer-engagement-studi-kasus-pt-golden-

communication-lampung-tahun-2021-.html

Bosnet. (2020). Mengenal Apa Itu FMCG ‘Fast Moving Consumer Goods.’ Https://Bosnetdis.Com/. https://bosnetdis.com/news/peluang-pasar-fmcg-diindonesia/#:~:text=Fast Moving Consumer Goods (FMCG,produk konsumen yang sering dibeli.

Camilleri, M. A. (2018). Integrated Marketing Communications In Travel Marketing, Tourism

Economics and the Airline Product. Springer Nature.

https://www.researchgate.net/publication/319085740_Integrated_Marketing_Communi cations

Dee, S. (2021). What Are the Benefits of Social Media in Public Relations? Playbook Public Relations. https://playbookpublicrelations.com/what-are-the-benefits-of-social-mediain-public-relations/

Desfika, T. S. (2021). Selama Pandemi, ALFI: Belanja Online Naik 37%. https://investor.id/business/276132/selama-pandemi-alfi-belanja-online-naik-37

Fanaqi, C., Febrina, R. I., Pratiwi, R. M., & Gymnastiar. (2022). Pemanfaatan tiktok sebagai media edukasi di masa pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil

Pemikiran Dan Penelitian, 8.

https://doi.org/https://dx.doi.org/10.52434/jk.v8i2.2102.g1376

Firmasnyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy).

Katadata. (2022). Daftar Media Sosial dengan Jangkauan Iklan Tertinggi di Dunia.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/07/daftar-media-sosial-denganjangkauan-iklan-tertinggi-di-dunia

Kharisma, R. I., & Wijaya, L. S. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu “Salatiga Movement (Sm)” Dalam Meningkatkan Brand Awareness Terhadap Masyarakat

Salatiga. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i2.665.g632

Kurniawan, E. P., & Irwansyah. (2022). Strategi pemasaran pada media sosial melalui iklan instagram. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 8, 2. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.52434/jk.v8i2.1519.g1374

Mujianto, H. (2018). Peranan Strategi Public Relations Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kasus Pada Hotel Grand Kopo Bandung). Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 4. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.10358/jk.v4i2.486.g469

Nurhadi, Z. F. (2015). Brand Dalam Komunikasi Pemasaran. Jurnal Komunikasi Hasil

Pemikiran Dan Penelitian, 1.

https://doi.org/https://dx.doi.org/10.10358/jk.v1i1.538.g516

Pratiwi, V., & Wahid, U. (2021). Strategi Pemasaran digital dalam menigkatkan penjualan

(Studi Kasus PT.Bukku Media Integrasi (Bukku) pada masa pandemi). Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Penelitian, 7(2), 710–724. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.52434/jk.v7i2.1045

Sy, R. U. D., & Susilawati, S. (2015). Strategi Komunikasi Pemasaran Kampung Sampireun Resort & SPA. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 1.

https://doi.org/https://dx.doi.org/10.10358/jk.v1i2.531.g509

Diterbitkan

2023-10-31

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian