Strategi komunikasi dinas komunikasi dan informatika kota Salatiga dalam mensosialisasikan program “Matur Mas Yuli”
DOI:
https://doi.org/10.52434/jk.v9i2.2198Abstrak
Abstract
The Matur Mas Yuli Program is one of the online aspirations and complaint service portals owned by the Salatiga City Government. This program is a communication bridge between the people of Salatiga City and the Mayor of Salatiga. Many Salatiga residents do not know about this program, due to lack of outreach from the government. There are several problems that occur if the public does not report complaints through Matur Mas Yuli. One of the consequences is that many people's voices are not heard by the Salatiga government, therefore the government uses information technology to reduce this problem. The aim of this research is to explain the communication strategy in socializing the "Matur Mas Yuli" program carried out by the Salatiga City Communication and Information Office through the planning, implementation and evaluation process. The method used in this research is a qualitative descriptive method. Data collection techniques through interviews, observation, literature study and documentation. The research results show that first, Matur Mas Yuli is a community complaint service based on local wisdom. Second, the Salatiga City Government's social media, namely Instagram, Facebook, Twitter and Whatsapp, are media to assist the public in submitting complaints. Third, the socialization communication strategy is carried out through three stages, namely planning, implementation and strategy evaluation. Socialization is carried out through print media in the form of brochures and electronic media via radio. Other media used are social media including Instagram, Facebook, Twitter and the OPD Salatiga website. Keywords: Media; strategy; Matur Mas Yuli.
Abstrak
Program Matur Mas Yuli merupakan salah satu portal layanan aspirasi dan aduan online yang dimiliki oleh pemerintah kota Salatiga. Program ini merupakan jembatan komunikasi antara masyarakat kota Salatiga dengan walikota Salatiga. Banyak masyarakat Salatiga yang belum aware dengan adanya program ini, karena kurangnya sosialisasi dari pemerintah. Terdapat beberapa masalah yang terjadi jika masyarakat tidak melaporkan aduan melalui Matur Mas Yuli. Salah satu akibatnya yaitu banyak suara masyarakat yang tidak didengar oleh pemerintah Salatiga, maka dari itu pemerintah menggunakan teknologi informasi untuk mengurangi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi komunikasi dalam mensosialisasikan program “Matur Mas Yuli” yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Salatiga melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Matur Mas Yuli merupakan layanan aduan masyarakat berbasis kearifan lokal. Kedua, media sosial Pemerintah Kota Salatiga yaitu Instagram, Facebook, Twitter dan Whatsapp menjadi media untuk membantu masyarakat ketika menyampaikan aduan. Ketiga, strategi komunikasi untuk mensosialisasikan dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan, implementasi dan evaluasi strategi. Sosialisasi yang dilakukan melalui media cetak berupa brosur dan media elektronik melalui radio. Media lain yang digunakan yaitu media sosial meliputi Instagram, Facebook, Twitter, dan website-website OPD Salatiga. Kata-kata kunci: Media; strategi; Matur Mas Yuli.
Referensi
Daftar Pustaka
Alfyaty, R. (2022). Perencanaan Komunikasi Dinas Kesehatan Dalam Menyukseskan Program Vaksin Covid-19 Di Kota Palu. Kinesik, 9(1), 71–90.
https://jurnal.fisip.untad.ac.id/index.php/kinesik/article/view/368
Amiliani, Y. (2020). Pemanfaatan Peran Radio Ditengah Pandemi COVID-19 Di Surakarta.
Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3, 358–364. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/viewFile/635/640
Aprilla, M., & Yasir, Y. (2017). Perencanaan Komunikasi Pemerintah Kota Payakumbuh dalam Mempertahankan Kota Sehatyang Berkelanjutan. Riau University. https://www.neliti.com/publications/200364/perencanaan-komunikasi-pemerintahkota-payakumbuh-dalam-mempertahankan-kota-seha
AW, S. (2019). Perencanaan dan Evaluasi Program Komunikasi. Yogyakarta: Pena Pressindo.
Edyansyah, T. (2018). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Kepercayaan Merek Oleh Konsumen Pada Produk Kosmetik Oriflame Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Manajemen Inovasi, 9(2). http://e-repository.unsyiah.ac.id/JInoMan/article/view/12699
Effendy, O. U. (2015). Ilmu, Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditia Bakti.
Group Facebook. (2022). No Title. Kabar Warga Salatiga & Sekitarnya.
https://web.facebook.com/groups/880451949036868/posts/1474072513008139
Hamson, Z. (2019). Ekliptis Ilmu Komunikasi.
https://www.researchgate.net/profile/Zulkarnain-
Hamson/publication/338425365_EKLIPTIS_TEORI_KOMUNIKASI/links/5e14760
a6fdcc28375de7c7/EKLIPTIS-TEORI-KOMUNIKASI.pdf
Hermansyah, I., Rahman, R., & Suherman, M. (2018). Pengaruh Akuntabilitas dan
Transparansi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Survei Pada Dinas Daerah
Kotatasikmalaya). Jurnal Akuntansi, 13(1), 21–29.
http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jak/article/view/711
JDIH BPK RI. (2009). UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38748/uu-no-25-tahun-2009
Kalianda, D. (2018). Strategi Komunikasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dalam Mengimplementasikan Program Green City Di Kota Teluk Kuantan Kabupaten
Kuantan Singingi. Riau University.
Khatimah, H. (2018). Posisi dan peran media dalam kehidupan masyarakat. Tasamuh, 16(1), 119–138. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tasamuh/article/view/548
Kusuma, S. (2016). Posisi media cetak di tengah perkembangan media online di Indonesia.
Jurnal InterAct, 5(1), 56–71.
http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fiabikom/article/view/772
Lathifah, Z., & Lubis, D. P. (2018). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan
Perkembangan Usaha Kecil Dan Menengah Kuliner Wilayah Solo Raya. Jurnal
Komunikasi Pembangunan, 16(1), 75–88.
https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalkmp/article/view/25123
Mohi, W. K., & Mahmud, I. (2018). Kualitas Pelayanan Publik di Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 6(2), 102–110. https://journal.umgo.ac.id/index.php/Publik/article/view/82
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslimin, M. (2020). Analisis Khalayak Dalam Perspektif Komunikasi Terkait Kebijakan New Normal Dimasa Pandemi Covid-19. Hikmah, 14(2), 271–286.
http://194.31.53.129/index.php/Hik/article/view/2948
Noor, M. U. (2019). Inisiasi masyarakat informasi di Indonesia melalui implementasi keterbukaan informasi publik: Satu dekade Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 7(1), 11. https://core.ac.uk/download/pdf/234745595.pdf
Nubatonis, I. S. (2015). . Peran Public Relation Dalam Program Larasita Badan Pertanahan Kabupaten Timor Tengah Utara Di Kelurahan Kefa Tengah. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/9736
Nur, E. (2018). Communication Strategy Of Makassar City’s Government On Makassar Tidak Rantasa Sosialization Program (Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Makassar dalam Sosialisasi Program Makassar Tidak Rantasa). Pekommas, 3(1), 261729. https://www.neliti.com/publications/261729/communication-strategy-of-makassarcitys-government-on-makassar-tidak-rantasa-so
Pamungkas, A. J., & Setiawan, H. M. (2018). Strategi Public Relations Dalam Membangun
Citra Positif (studi Empiris Pada Pondok Pesantren Modern Darul Amanah Sukorejo
Kabupaten Kendal). Jurnal Egaliter, 2(03).
http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/egr/article/viewFile/1202/1169
Ramadhana, M. R., & Sudrajat, R. H. (2020). Pelatihan Komunikasi Efektif dalam meningkatkan Pelayanan Prima di Instansi Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 693–700. http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/4099
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach).
Yogakarta: Deepublish.
Saputra, D. P., & Widiyarta, A. (2021). Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi
Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Penelitian
Administrasi Publik, 7(2), 194–211. http://jurnal.untagsby.ac.id/index.php/jpap/article/view/4497
Silaban, S. I., Dida, S., & Perbawasari, S. (2019). Personal Branding Yulia Baltschun sebagai Diet Influencer melalui Youtube. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 5(2), 357–371. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/672/640
Sinaga, B. (2019). Pemilihan Media Promosi STMIK Pelita Nusantara Medan dengan Metode Analytic Network Process (ANP). Media Informasi Analisa Dan Sistem, 1, 5–9. https://www.neliti.com/publications/282462/pemilihan-media-promosi-stmik-pelitanusantara-medan-dengan-metode-analytic-netw
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, A., Mayunita, S., Mahyudin, M., & Yusuf, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Baubau dalam Sosialisasi Nilai-nilai Kearifan Lokal. Tuturlogi:
Journal of Southeast Asian Communication, 1(2), 139–150.
https://tuturlogi.ub.ac.id/index.php/tuturlogi/article/view/45
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Suyasa, I. M., & Sedana, I. N. (2020). Mempertahankan Eksistensi Media Cetak Di Tengah Gempuran Media Online. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 1(1), 56–64.
http://www.journal.unbara.ac.id/index.php/JKB/article/view/314
Syauqina, L., & Ichsan, S. S. (2022). Strategi Komunikasi Tentang Sosialisasi Ekspor Dan
Impor Barang Bawaan Penumpang Oleh Bea Dan Cukai Kepada Penyedia Layanan Jasa Titip. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 8(1), 781–793. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/1292
Yusuf, B., & Ridwan, H. (2018). Manajemen Komunikasi Dalam Pengelolaan Informasi Pembangunan Daerah (Pada Biro Humas Dan PDE Sekretariat Daerah Propinsi Sulawesi Tenggara). Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 4(1), 50–64. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/357
Zaenal, M., Eko, A., & Haryani, A. (2021). Jejaring Radio Swasta Sebagai Inovasi Merebut
Pasar. 16, 17–30. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol16.iss1.art2