Strategi komunikasi dinas komunikasi dan informatika kota Salatiga dalam mensosialisasikan program “Matur Mas Yuli”

Alodia Linsi Fandita, Rini Darmastuti

Sari


Abstract

The Matur Mas Yuli Program is one of the online aspirations and complaint service portals owned by the Salatiga City Government. This program is a communication bridge between the people of Salatiga City and the Mayor of Salatiga. Many Salatiga residents do not know about this program, due to lack of outreach from the government. There are several problems that occur if the public does not report complaints through Matur Mas Yuli. One of the consequences is that many people's voices are not heard by the Salatiga government, therefore the government uses information technology to reduce this problem. The aim of this research is to explain the communication strategy in socializing the "Matur Mas Yuli" program carried out by the Salatiga City Communication and Information Office through the planning, implementation and evaluation process. The method used in this research is a qualitative descriptive method. Data collection techniques through interviews, observation, literature study and documentation. The research results show that first, Matur Mas Yuli is a community complaint service based on local wisdom. Second, the Salatiga City Government's social media, namely Instagram, Facebook, Twitter and Whatsapp, are media to assist the public in submitting complaints. Third, the socialization communication strategy is carried out through three stages, namely planning, implementation and strategy evaluation. Socialization is carried out through print media in the form of brochures and electronic media via radio. Other media used are social media including Instagram, Facebook, Twitter and the OPD Salatiga website. Keywords: Media; strategy; Matur Mas Yuli.

 

Abstrak

Program Matur Mas Yuli merupakan salah satu portal layanan aspirasi dan aduan online yang dimiliki oleh pemerintah kota Salatiga. Program ini merupakan jembatan komunikasi antara masyarakat kota Salatiga dengan walikota Salatiga. Banyak masyarakat Salatiga yang belum aware dengan adanya program ini, karena kurangnya sosialisasi dari pemerintah. Terdapat beberapa masalah yang terjadi jika masyarakat tidak melaporkan aduan melalui Matur Mas Yuli. Salah satu akibatnya yaitu banyak suara masyarakat yang tidak didengar oleh pemerintah Salatiga, maka dari itu pemerintah menggunakan teknologi informasi untuk mengurangi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi komunikasi dalam mensosialisasikan program “Matur Mas Yuli” yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Salatiga melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Matur Mas Yuli merupakan layanan aduan masyarakat berbasis kearifan lokal. Kedua, media sosial Pemerintah Kota Salatiga yaitu Instagram, Facebook, Twitter dan Whatsapp menjadi media untuk membantu masyarakat ketika menyampaikan aduan. Ketiga, strategi komunikasi untuk mensosialisasikan dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan, implementasi dan evaluasi strategi. Sosialisasi yang dilakukan melalui media cetak berupa brosur dan media elektronik melalui radio. Media lain yang digunakan yaitu media sosial meliputi Instagram, Facebook, Twitter, dan website-website OPD Salatiga.  Kata-kata kunci: Media; strategi; Matur Mas Yuli.


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Alfyaty, R. (2022). Perencanaan Komunikasi Dinas Kesehatan Dalam Menyukseskan Program Vaksin Covid-19 Di Kota Palu. Kinesik, 9(1), 71–90.

https://jurnal.fisip.untad.ac.id/index.php/kinesik/article/view/368

Amiliani, Y. (2020). Pemanfaatan Peran Radio Ditengah Pandemi COVID-19 Di Surakarta.

Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3, 358–364. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/viewFile/635/640

Aprilla, M., & Yasir, Y. (2017). Perencanaan Komunikasi Pemerintah Kota Payakumbuh dalam Mempertahankan Kota Sehatyang Berkelanjutan. Riau University. https://www.neliti.com/publications/200364/perencanaan-komunikasi-pemerintahkota-payakumbuh-dalam-mempertahankan-kota-seha

AW, S. (2019). Perencanaan dan Evaluasi Program Komunikasi. Yogyakarta: Pena Pressindo.

Edyansyah, T. (2018). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Kepercayaan Merek Oleh Konsumen Pada Produk Kosmetik Oriflame Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Manajemen Inovasi, 9(2). http://e-repository.unsyiah.ac.id/JInoMan/article/view/12699

Effendy, O. U. (2015). Ilmu, Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditia Bakti.

Group Facebook. (2022). No Title. Kabar Warga Salatiga & Sekitarnya.

https://web.facebook.com/groups/880451949036868/posts/1474072513008139

Hamson, Z. (2019). Ekliptis Ilmu Komunikasi.

https://www.researchgate.net/profile/Zulkarnain-

Hamson/publication/338425365_EKLIPTIS_TEORI_KOMUNIKASI/links/5e14760

a6fdcc28375de7c7/EKLIPTIS-TEORI-KOMUNIKASI.pdf

Hermansyah, I., Rahman, R., & Suherman, M. (2018). Pengaruh Akuntabilitas dan

Transparansi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Survei Pada Dinas Daerah

Kotatasikmalaya). Jurnal Akuntansi, 13(1), 21–29.

http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jak/article/view/711

JDIH BPK RI. (2009). UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38748/uu-no-25-tahun-2009

Kalianda, D. (2018). Strategi Komunikasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dalam Mengimplementasikan Program Green City Di Kota Teluk Kuantan Kabupaten

Kuantan Singingi. Riau University.

https://www.neliti.com/publications/205138/strategi-komunikasi-dinas-lingkunganhidup-dlh-dalam-mengimplementasikan-program

Khatimah, H. (2018). Posisi dan peran media dalam kehidupan masyarakat. Tasamuh, 16(1), 119–138. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tasamuh/article/view/548

Kusuma, S. (2016). Posisi media cetak di tengah perkembangan media online di Indonesia.

Jurnal InterAct, 5(1), 56–71.

http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fiabikom/article/view/772

Lathifah, Z., & Lubis, D. P. (2018). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan

Perkembangan Usaha Kecil Dan Menengah Kuliner Wilayah Solo Raya. Jurnal

Komunikasi Pembangunan, 16(1), 75–88.

https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalkmp/article/view/25123

Mohi, W. K., & Mahmud, I. (2018). Kualitas Pelayanan Publik di Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 6(2), 102–110. https://journal.umgo.ac.id/index.php/Publik/article/view/82

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslimin, M. (2020). Analisis Khalayak Dalam Perspektif Komunikasi Terkait Kebijakan New Normal Dimasa Pandemi Covid-19. Hikmah, 14(2), 271–286.

http://194.31.53.129/index.php/Hik/article/view/2948

Noor, M. U. (2019). Inisiasi masyarakat informasi di Indonesia melalui implementasi keterbukaan informasi publik: Satu dekade Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 7(1), 11. https://core.ac.uk/download/pdf/234745595.pdf

Nubatonis, I. S. (2015). . Peran Public Relation Dalam Program Larasita Badan Pertanahan Kabupaten Timor Tengah Utara Di Kelurahan Kefa Tengah. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/9736

Nur, E. (2018). Communication Strategy Of Makassar City’s Government On Makassar Tidak Rantasa Sosialization Program (Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Makassar dalam Sosialisasi Program Makassar Tidak Rantasa). Pekommas, 3(1), 261729. https://www.neliti.com/publications/261729/communication-strategy-of-makassarcitys-government-on-makassar-tidak-rantasa-so

Pamungkas, A. J., & Setiawan, H. M. (2018). Strategi Public Relations Dalam Membangun

Citra Positif (studi Empiris Pada Pondok Pesantren Modern Darul Amanah Sukorejo

Kabupaten Kendal). Jurnal Egaliter, 2(03).

http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/egr/article/viewFile/1202/1169

Ramadhana, M. R., & Sudrajat, R. H. (2020). Pelatihan Komunikasi Efektif dalam meningkatkan Pelayanan Prima di Instansi Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 693–700. http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/4099

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach).

Yogakarta: Deepublish.

Saputra, D. P., & Widiyarta, A. (2021). Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi

Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Penelitian

Administrasi Publik, 7(2), 194–211. http://jurnal.untagsby.ac.id/index.php/jpap/article/view/4497

Silaban, S. I., Dida, S., & Perbawasari, S. (2019). Personal Branding Yulia Baltschun sebagai Diet Influencer melalui Youtube. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 5(2), 357–371. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/672/640

Sinaga, B. (2019). Pemilihan Media Promosi STMIK Pelita Nusantara Medan dengan Metode Analytic Network Process (ANP). Media Informasi Analisa Dan Sistem, 1, 5–9. https://www.neliti.com/publications/282462/pemilihan-media-promosi-stmik-pelitanusantara-medan-dengan-metode-analytic-netw

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, A., Mayunita, S., Mahyudin, M., & Yusuf, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Baubau dalam Sosialisasi Nilai-nilai Kearifan Lokal. Tuturlogi:

Journal of Southeast Asian Communication, 1(2), 139–150.

https://tuturlogi.ub.ac.id/index.php/tuturlogi/article/view/45

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Suyasa, I. M., & Sedana, I. N. (2020). Mempertahankan Eksistensi Media Cetak Di Tengah Gempuran Media Online. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 1(1), 56–64.

http://www.journal.unbara.ac.id/index.php/JKB/article/view/314

Syauqina, L., & Ichsan, S. S. (2022). Strategi Komunikasi Tentang Sosialisasi Ekspor Dan

Impor Barang Bawaan Penumpang Oleh Bea Dan Cukai Kepada Penyedia Layanan Jasa Titip. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 8(1), 781–793. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/1292

Yusuf, B., & Ridwan, H. (2018). Manajemen Komunikasi Dalam Pengelolaan Informasi Pembangunan Daerah (Pada Biro Humas Dan PDE Sekretariat Daerah Propinsi Sulawesi Tenggara). Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 4(1), 50–64. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/357

Zaenal, M., Eko, A., & Haryani, A. (2021). Jejaring Radio Swasta Sebagai Inovasi Merebut

Pasar. 16, 17–30. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol16.iss1.art2




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jk.v9i2.2198

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.52434/jk.v9i2.2198.g1675

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015