PEMANFAATAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI DI MASA PANDEMI COVID-19

Chotijah Fanaqi, Ismira R Febrina, Resty Mustika Pratiwi, Gymnastiar Gymnastiar

Abstrak


Abstract

This research is motivated by the increasing use of TikTok social media during the covid 19 period. The use of TikTok social media is inseparable from the purpose of its users as an entertainment medium during the covid 19 pandemic, it also has specific goals such as an educational media that helps users get information about education, teaching, tips and tricks, and so on. This study aims to explain the use of TikTok social media for educational media during the COVID-19 pandemic. This research method uses descriptive qualitative with data collection techniques by interviews, observations, and literature studies that are relevant to the research discussion. Ten informants were selected based on the criteria as content creators and connoisseurs of educational content on TikTok during the pandemic of COVID-19 who came from various professions and of various ages including students, teachers, political observers, housewives, health workers, and so on. The results of the study revealed that the use of the Tiktok application was quite effective during the pandemic of Covid-19, where most community activities were carried out on a limited basis as an effort to prevent Covid-19 transmission. Besides being useful as an entertainment medium to increase immunity (mood booster) for its users, TikTok is also used as an educational medium to get information and knowledge about certain things that are the goals of its users. Some of the educational benefits include providing tutorials on learning English, procedures for completing a final project or thesis, practical tutorials using Microsoft word, cooking tutorials, make-up tutorials, complementary feeding tutorials for mothers who have just had toddlers, and knowledge about counseling. In addition to educational benefits, the use of TikTok also has a vulnerability in the spread of hoax news. So it is recommended for users to report accounts that are considered irresponsible as an effort to break up hoax information so that it does not spread more widely.

Keywords: TikTok; educational media; pandemic of covid 19

 

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media social TikTok yang meningkat di masa covid 19. Penggunaan media social TikTok disamping tidak terlepas dari tujuan para penggunanya sebagai media hiburan di masa pandemic covid 19, juga memiliki tujuan spesifik seperti sebagai media edukasi yang membantu penggunanya mendapatkan informasi seputar Pendidikan, pengajaran, tips dan trik, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan media social TikTok untuk media edukasi di masa pandemic covid 19.  Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara, observasi, dan studi pustaka terkait persoalan yang relevan dengan pembahasan penelitian.  Sepuluh informan dipilih berdasarkan kriteria sebagai konten creator dan penikmat konten edukasi di TikTok selama masa pandemic covid 19 yang berasal dari berbagai profesi dan berbagai usia meliputi mahasiswa, guru, pengamat politik, ibu rumah tangga, tenaga kesehatan, dan lain sebagainya. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pemanfaatan aplikasi Tiktok cukup efektif di masa pandemi Covid-19 yang sebagian besar aktivitas masyarakat dilakukan secara terbatas sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. Selain bermanfaat sebagai media hiburan untuk meningkatkan imun (mood booster) bagi para penggunanya, TikTok juga dimanfaatkan sebagai media edukasi untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai hal-hal tertentu yang menjadi tujuan para penggunanya. Beberapa manfaat edukasi tersebut diantaranya memberikan tutorial mengenai belajar Bahasa Inggris, Tata cara penyelesaian tugas akhir atau skripsi, Tutorial praktek menggunakan Microsoft word, Tutorial Memasak, Tutorial Make Up, Tutorial MPASI bagi Ibu-ibu yang baru memiliki balita, dan pengetahuan mengenai konseling. Selain manfaat edukasi, penggunaan TikTok juga memiliki kerentanan dalam penyebaran berita hoax. Maka disarankan bagi pengguna untuk mereport akun yang dianggap tidak bertanggunjawab tersebut sebagai upaya memutus informasi hoax agar tidak tersebar lebih luas. 

Kata-kata kunci: TikTok; media edukasi;pPandemi covid 19


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Adawiyah, D.P. R., Kadir, N. (2020). Analisis Peran Media Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Di Indonesia

Ananda, Rezky, Muhammad. (2021). Pemanfaatan Media Baru Untuk Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Dalam Masa Wabah Covid 19, Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, Vol. 7, No. 1, April 2021

Bahri, A., Damayanti, C. M., Sirait, Y. H., dan Alfarisy, F. (2022). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Di Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 1 Januari 2022

Cahyono, A. A. (t.thn.). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. 140-157

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 65-70

Fanaqi, C. (2021). Tiktok Sebagai Media KrMukarom, Z. (2020). Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Gunung Djati

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan. [Jurnal Lontar Vol. 6 No 1 Januari-Juni 2018, 13-21, 13-21. Diambil kembali dari Teknik

Pengumpulan Data Metode Kualitatif Oleh-OSF: https://osf.io/cy9de/download/?format=pdf

Putra, A. (2018, August). Sosial Media Berbasis Video Yang Sedang Sangat Populer. Diambil kembali dari https://gadgetren.com/2018/03/16/apa-itu-tiktok-video-media-sosial/.

Pusat Analisis Determinan Kesehatan. Kemeterian Kesehatan Republik Indonesia.

http://padk.kemkes.go.id/article/read/2020/04/23/21/hindari-lansia-dari-covidhttp://padk.kemkes.go.id/article/read/2020/04/23/21/hindari-lansia-dari-covid-19.html19.html

Rahadaya, A. K., & Irwansyah. (2021). Penggunaan Media Sosial Tiktok sebagai sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Studi Literatur

Ramadhan, I.H., Priatama, R., Az-Zuhaida, Akalili, A., Kulau, F., Analisis Teknik Digital

Marketing pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). Socia: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol. 18, No. 1, Juni 2021

Safitri, U., & Naini, A. M. (2020). Penggunaan Aplikasi Tiktok Pada Generasi Z Di Masa Pandemi

Junanah, A.Z., Shodiq, M. J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mahârah Al-Kalâm Berbasis Media Sosial Menggunakan Aplikasi Tiktok. Arabi: Journal of Arabic Studies. Vol. 6 No. 1.

Mardiana, L., Pratiwi, M.R., Yanuarsari, D. H. (2021). Analisis Media Edukasi Puzzle Untuk Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 4(2)

Muslim. (2015/2016). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, Wahana, 78-81

N otoadmojo, S. (2012). Pendidikan dan perilaku kesehatan. PT. Rineka Cipta

Noveria, M. dan Romdiati, H. (2022). Pandemi Covid-19 Dan Dampak Ekonomi Pada Pekerja Migran Indonesia dan Keluarganya: Sebuah Kajian Pustaka. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 13(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jk.v8i2.2102

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.52434/jk.v8i2.2102.g1376

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015