Tren berbagi di media tiktok dan personal social responsibility influencer

Ahmad Fahri Huzaini

Abstrak


Abstract

The sharing trend is one of the emerging trends in today's digital era through social media. The activity of this sharing trend is described through activities of sharing sustenance, sharing happiness with people carried out by various groups, spearheaded by an influential person, namely an influencer to users, from this sharing activity it will be posted on social media, one of which is Tiktok. The trend of sharing is widely discussed on Tiktok media and is often entered on fyp (four your page). This study uses a qualitative descriptive approach and observations, interviews, and literature study data collection methods. Researchers interviewed influencers who are considered influential in this sharing trend, namely on Tiktok accounts @nurrohmanadi and @windiwijayaa and also researchers interviewed followers to find out how they think about the trend of sharing activities that have been carried out by these influencers. This study shows that the trend of sharing through Tiktok media is a show that people like to get inspired, create positive feelings and can feel the benefits of the show. From these impressions, they were moved to help and share donation information for people in need. The role of Influencers is also important for channeling donations and conveying sharing messages so that they can be conveyed properly. From the sharing activities carried out by influencers on Tiktok media, it is known that an influencer has a motive to share happiness with others through dissemination on Tiktok media and the researchers found that influencers have goals, attitudes and views that are in accordance with the concept of Personal Social Responsibility to share with others and can be useful for other people and the environment.

Keywords: Sharing; trends; influencers; tikTok; social.

 

Abstrak

Tren berbagi merupakan salah satu tren yang muncul di era digital saat ini melalui social media. Kegiatan dari tren berbagi ini digambarkan melalui kegiatan berbagi rezeki, berbagi kepada kebahagiaan pada orang-orang yang dilakukan berbagai kalangan, dipelopori oleh seorang yang berpengaruh yaitu influencer kepada para pengguna, dari kegiatan berbagi ini nantinya akan diposting melalui social media, salah satunya media Tiktok. Tren berbagi ramai dibicarakan di media Tiktok dan sering masuk fyp (four your page). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan observasi, wawancara, dan metode pengumpulan data studi kepustakaan. Peneliti mewawancarai influencer yang dianggap berpengaruh dalam tren berbagi ini  yaitu pada akun Tiktok @nurrohmanadi dan @windiwijayaa dan juga peneliti mewawancarai followers untuk mengetahui bagaimana pendapat mengenai tren kegiatan berbagi yang sudah dilakukan oleh para influncer tersebut. Studi ini menunjukkan bahwa tren berbagi melalui media Tiktok menjadi suatu tayangan yang disukai orangorang untuk mendapatkan inspirasi, membuat perasaan positif  dan bisa merasakan kebermanfaatan dari tayangan tersebut. Dari tayangan tersebut berdampak pada diri mereka seperti tergerak untuk ikut membantu dan membagikan informasi donasi untuk orang yang membutuhkan. Peranan Influencer juga menjadi hal yang penting untuk penyaluran donasi dan menyampaikan pesan berbagi agar bisa tersampaikan dengan baik. Dari kegiatan berbagi yang dilakukan oleh influencer di media Tiktok, diketahui seorang influencer memiliki motif untuk berbagi kebahagiaan kepada orang lain melalui penyebaran di media Tiktok dan peneliti menemukan bahwa influencer memiliki tujuan, sikap dan pandangan yang sesuai dengan konsep Personal Social Responsibility untuk berbagi kepada sesama dan bisa bemanfaat bagi orang lain dan lingkungannya.

Kata Kunci : Berbagi; tren; influencer; tikTok; sosial.


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504

Anjani, S., & Irwansyah, I. (2020). Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram [the Role of Social Media Influencers in Communicating Messages Using Instagram]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203. https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.1929

Elli, D. M. (2017). The phenomenon and rise of influencer marketing and how it affect customer opinion and helps or damages brands [Doctoral dissertation, International Hellenic University]. https://repository.ihu.edu.gr/xmlui/handle/11544/29197

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hidayat, A. (2017). Teknik Purposive Sampling. Statistikian. https://www.statistikian.com/2017/06/penjelasan-teknik-purposive-sampling.html

Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C. (2016). Characteristics of Qualitative Descriptive Studies: A Systematic Review. Research in Nursing & Health. Research in Nursing & Health., 40(1), 23–. doi:10.1002/nur.21768

Mayaa, S.López Davis, L.Marín Rives, S. R. de. (2017). Introducción de la responsabilidad social personal como elemento clave de mejora de la RSC. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 21(2).

Mona Ganiem dkk, L. (2015). Personal Social Responsibility: Aku, Kamu, Kita Bisa. Prenadamedia Group.

Oktaheriyani, D., Wafa, M. A., & Shadiqien, S. (2020). Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial TikTok (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNISKA MAB Banjarmasin ). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7–52. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/3504

Purwatiningsih, S. D. (2021). Marketing Digital Campaign Dalam Membangun Startup

Melalui Influencer Pada Masa Pandemi Covid-19. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 33–43. http://repository.upi-yai.ac.id/3902/

Septiani Dkk, A. (2020). Media Sosial, Identitas, Transformasi, dan Tantangannya.

Sokolova, K. (2019). Instagram and YouTube bloggers promote it , why should I buy? How credibility and parasocial interaction influence purchase intentions Instagram and YouTube bloggers promote it , why should I buy? How credibility and parasocial interaction influence pur. January. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.01.011

Sugiharto, S. A., & Ramadhana, M. R. (2018). Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap

Sikap Pada Merek. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 8(2). https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i2.1333

Valiant, V. (2020). Pengelolaan Konten Tiktok sebagai Media Informasi ( Studi Deskriptif kualitatif mengenai pengelolaan konten tiktok pada akun @ iben _ ma ). September, 1– 21.

Yuliani, F. (2021). Saat Bagi-bagi Rejeki jadi Tren di Media Sosial. Beritajatim.Com.

https://beritajatim.com/ragam/saat-bagi-bagi-rejeki-jadi-tren-di-media-sosial/




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jk.v9i2.1889

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.52434/jk.v9i2.1889.g1679

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015