Makna Lost Generation Covid-19 Dalam Pidato BTS UN 2021

Penulis

  • Clarissa Desiana Fanny Woy Prodi Ilmu Komunikasi- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik- UPN Veteran Jawa Timur
  • Ade Kusuma Prodi Ilmu Komunikasi- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik- UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.52434/jk.v9i1.1848

Abstrak

Fenomena Covid-19 menggemparkan seluruh dunia dan telah merubah kehidupan masyarakat sejak akhir tahun 2019. Tingginya kasus yang terjadi di setiap negara pada tahun 2020-2021 membuat pemerintah mengeluarkan beragam kebijakan guna menekan angka positif Covid-19, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Perubahan kegiatan belajar mengajar menggunakan sistem daring adalah salah satu cara untuk menekan kasus Covid-19. Keterbatasan proses pembelajaran secara online memberikan dampak besar terhadap kondisi generasi muda saat ini. Isu ini menjadi salah satu perhatian dan pembahasan pada Sidang Umum PBB ke-76 atau United Nations General Assembly (UNGA) 2021 yang diikuti oleh para pemimpin negara dan pemerintahan, serta undangan diplomatik dari seluruh dunia. BTS yang hadir dan menyampaikan pidatonya pada The Sustainable Delevepment Goals (SDG) Moment di UNGA 2021, berbicara tentang isu lost generation di masa pandemi Covid-19. Pada penelitian ini peneliti akan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes yang menggunakan metode signifikasi dua tahapan yaitu konotasi dan denotasi, untuk mengetahui makna Lost Generation dalam pidato BTS United Nations 2021.  Hasil penelitian ini menjelaskan tentang fenomena lost learning pada masa pandemi yang dihadapi banyak generasi muda di dunia. Peneliti juga menemukan bahwa adanya optimistik yang disampaikan oleh BTS melalui istilah baru yaitu welcome generation yang akan menggambarkan generasi muda sekarang yang siap menyambut tantangan baru dan bangkit dari kondisi pandemi Covid-19.

Biografi Penulis

Clarissa Desiana Fanny Woy, Prodi Ilmu Komunikasi- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik- UPN Veteran Jawa Timur

Departemen Ilmu Komunikasi

Ade Kusuma, Prodi Ilmu Komunikasi- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik- UPN Veteran Jawa Timur

Departemen Ilmu Komunikasi

Referensi

ABC News. (2021). K-pop stars BTS perform, speak about youth issues, climate change at UN General Assembly.

Afiati, E. , K. D. Y. , P. A. S. , & H. A. W. (2020). Peran dan Tantangan yang diemban Mahasiswa Bimbingan dan Konseling di Era Pandemi COVID-19. . In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP , Vol. 3(No. 1, pp. 299–305).

Arsendy, S., Sukoco, G. A., & Purba, R. E. (2020). Riset dampak COVID-19: potret gap akses online ‘Belajar dari Rumah’ dari 4 provinsi. Https:/Theconversation.Com, April.

Aziz, Z. A., Ayu, D. A., Bancin, F. M., Syara, S. G., Manalu, W. B., S, R. A., Lia, S. F., Tanjung, L. P., Boang manalu, A. S., Br Karo, S. indah K., Br Bangun, C. A., Limbong, F. W., & Siregar, N. F. (2021). Gambaran Kesehatan Mental Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL DUNIA KESMAS, 10(1). https://doi.org/10.33024/jdk.v10i1.3256.

Bencsik, A., & Machova, R. (2016). Knowledge sharing problems from the viewpoint of intergeneration management. Proceedings of the 4th International Conference on Management, Leadership and Governance, ICMLG 2016.

Billboard. (2021). Billboard. (2021). BTS Praise the Hopeful, ‘Welcome Generation’ of Youth Climate Fighters, Perform ‘Permission to Dance’ at U.N. Gathering.

Christomy, T. (2004). Semiotika Budaya.

CNN Indonesia. (2021). BTS Bawa Pesan “Corona Lost Generation” di Markas PBB Baca artikel CNN Indonesia ‘BTS Bawa Pesan “Corona Lost Generation” di Markas PBB’ selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20210920203332-234-697009/bts-bawa-pesan-corona-lost-generation-di-markas-pbb

Dewirahmadanirwati, D. (2019). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Menumbuhkan Semangat Nasionalisme Dikalangan Genarasi Muda Harapan Bangsa Dalam Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 3(3). https://doi.org/10.36057/jips.v3i3.380

Duan, L. , & Z. G. (2020). Psychological interventions for people affected by the COVID-19 epidemic. . The Lancet Psychiatry, 7(4), 300-302.

Emeilia, R. I. , & M. A. (2021). Hambatan Komunikasi Dalam Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19.

Fadhal, S. (2020). Hambatan Komunikasi dan Budaya dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. KOLABORASI LAWAN (HOAKS) COVID-19: Kampanye, Riset Dan Pengalaman Japelidi Di Tengah Pandemi Tabel.

Faiza Rezka, I., Radja, D., & Hamzah, E. (2021). Studi Resepsi Tvc Sasa Versi “Welcome Back Micin Swag Generation” Terhadap Generasi Y Dan Z. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 1(1).

Fitriana, Q. A., & Hamim Rosyidi. (2021). Self-efficacy dan Kemampuan Mendengar Aktif Konselor Sebaya terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(2). https://doi.org/10.29080/jpp.v12i2.631.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165. https://doi.org/10.33394/JK.V6I2.2654.

Hughes, N., & Anderson, G. (2020). The experience of the COVID-19 pandemic in a UK learning disability service: lost in a sea of ever changing variables – a perspective. Https://Doi.Org/10.1080/20473869.2020.1773711, 68(3), 374–377. https://doi.org/10.1080/20473869.2020.1773711.

Knutsen, T. L. (2008). A lost generation? IR scholarship before World War I. International Politics, 45(6), 650–674. https://doi.org/10.1057/IP.2008.30/METRICS

Koreaboo. (2021). Why The BTS Members Are Such Great Diplomats, According To South Korea’s President.

Kriyantono, R. (2009). Teknik Riset Praktis Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Kurniati, D. P. Y. (2016). Modul Komunikasi verbal dan non verbal.

Kusuma, A., Putri Purbantina, A., Nahdiyah, V., & Khasanah, U. U. (2020). A Virtual Ethnography Study: Fandom and Social Impact in Digital Era. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia. https://doi.org/10.31947/etnosia.v5i2.10898.

L. Latifa. (2021). Lost Generation, yang Dikhawatirkan dari COVID-19.

Layla, I. N. (2020). Pasien gangguan jiwa ringan meningkat 20 persen selama pandemi covid – 19.

Longley, R. (2020). The Lost Generation and the Writers Who Described Their World. .

Miles, M. B. dan H. A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru.

Muiz, M. , S. N. (2020). Pengaruh teknologi pembelajaran kuliah online di era covid-19 dan dampaknya terhadap mental mahasiswa. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153-165.

Prasetya, A. , N. M. F. , & G. W. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat dalam Perspektif Sosiologi Talcott Parsons di Era New Normal. .

Rahmawati, D. (2018). Millennials and I-Generation Life. .

SDG 2030 Indonesia. (2020). Apa itu SDGs.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1). https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sobur, A. (2001). Semiotika komunikasi. . Remaja Karya.

Soekanto, S. dan S. Budi. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar.

Suroto, S. (2016). Dinamika kegiatan organisasi kemahasiswaan berbasis kearifan lokal dalam upaya memperkuat karakter unggul generasi muda. . Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 1040-1046.

Sztompka, Piotr. (2014). Sosiologi Perubahan Sosial. akarta : Kencana prenada media group.

Tamesberger, D., & Bacher, J. (n.d.). COVID-19 Crisis: How to Avoid a “Lost Generation.” https://doi.org/10.1007/s10272-020-0908-y

UNICEF. (2020). Averting a lost COVID generation: A six-point plan to respond, recover and reimagine a post-pandemic world for every child.

United Nations. (2021, September 20). UN / SDG MOMENT BTS. https://www.unmultimedia.org/tv/unifeed/asset/2655/2655381/

Wibowo. (n.d.). Semiotika Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Xiao. (2020). A novel approach of consultation on 2019 novel coronavirus (Covid-19)-related psychological and mental problems: structured letter therapy.

Diterbitkan

2023-04-29

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian