STRATEGI KOMUNIKASI TENTANG SOSIALISASI EKSPOR DAN IMPOR BARANG BAWAAN PENUMPANG OLEH BEA DAN CUKAI KEPADA PENYEDIA LAYANAN JASA TITIP

Lintang Syauqina, Shofi Salsabila Ichsan

Abstrak


Abstrak

Perkembangan internet di era digitalisasi menyebabkan munculnya peluang bisnis digital bagi para wirausaha Indonesia, seperti bisnis penyedia layanan jasa titip (jastip) yang berkembang dan bahkan saat ini tersedia penyedia layanan jasa titip untuk barang dari luar negeri. Maraknya bisnis penyedia layanan jasa titip yang melanggar aturan mengharuskan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk menindak masalah ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai kepada penyedia layanan jasa titip di Indonesia dan untuk mengetahui hambatan dalam mensosialisasikan ketentuan ekspor dan impor barang bawaan penumpang yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai kepada penyedia layanan jasa titip di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara terstruktur dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam strategi komunikasi menerapkan penyusunan pesan secara verbal dalam sosialisasi langsung berupa seminar, workshop serta talkshow, penyusunan pesan secara non verbal dalam sosialisasi tidak langsung melalui media sosial, media konvensional, media cetak dan menggunakan aplikasi mobile. Dengan menurunnya jumlah pelanggaran yang dilakukan pelaku jastip dan berkurangnya komplain terkait barang bawaan penumpang yang disampaikan oleh masyarakat, menunjukkan bahwa terjadi perubahan perilaku dan kebiasaan khalayak sesuai dengan harapan dan tujuan dari strategi komunikasi yang dilakukan.

Kata-kata kunci: Direktorat jenderal bea dan cukai; ekspor dan impor; penyedia layanan jasa titip; strategi komunikasi; sosialisasi.

Abstract

The development of the internet in the digitalization era has led to the emergence of digital business opportunities for Indonesian’s entrepreneur, such as Jasa Titip (Jastip) service provider business which continues to grow, even now there are goods’ delivery services from abroad. The rise of Jastip service provider business that violates the rules requires the Directorate General of Customs and Excise to take action on this problem. The purpose of this study is to find out the communication strategy carried out by the Directorate General of Customs and Excise to courier service providers in Indonesia and also to find out the obstacles in disseminating the provisions for the export and import of passenger luggage carried out by the Directorate General of Customs and Excise to Jastip service provider in Indonesia. This is a descriptive qualitative research with data collection through structured interview and literature study. The results showed that the Directorate General of Customs and Excise in the communication strategy applied the verbal arrangement of messages in direct socialization in the form of seminars, workshops and talk shows, the preparation of non-verbal messages in indirect socialization through social media, conventional media, print media and also using mobile applications. The decrease in the number of violations committed by Jastip service  provider and the reduction of complaints related to passenger belongings delivered by the public shows that there has been a change in the behavior and habits of the public in accordance with the expectations and objectives of the communication strategy.

 

Keywords: communication strategy; directorate general of customs and excise; export and impor; Jasa titip service provider; socialization.

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Atmadi, G., & Widati, S. R. (2013). Strategi Pemilihan Media Komunikasi LPPOM MUI Dalam

Sosialisasi & Promosi Produk Halal Di Indonesia. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Pranata Sosial, 2(2), 87-97. ISSN : 2356-0185

Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai (2019, Oktober 7). Jastip Dan Digitalisasi Menjadi Tema Customs Goes To Campus Di Universitas Gunadarma. Diperoleh 18 Mei

dari

https://www.beacukai.go.id/berita/j astip-dan-digitalisasi-bea-cukaimenjadi-tema-customs-goes-tocampus-di-universitasgunadarma.html

Hariyanto, E. & Cameng, D. K. J. (2019). Komunikasi Publik Di Era 4.0. Yogyakarta, Indonesia: Jualin bukumu.

Heath, R. L. (2013). Encyclopedia of Public Relations. United States of America: SAGE Publications, Inc.

Diperoleh dari

http://gen.lib.rus.ec/book/index.ph p?md5=C2434F007B221F7FB8E3

D9928599C

Herdiana, D. (2018). Sosialisasi Kebijakan Publik: Pengertian Dan Konsep Dasar. Jurnal Ilmiah Wawasan Insan Akademik, 1(3), 13-26.

Diperoleh dari

https://www.researchgate.net/profil e/Dian_Herdiana3/publication/337 485273_Sosialisasi_Kebijakan_Pu blik_Pengertian_dan_Konsep_Das ar/links/5ddb51ad458515dc2f4b78 7e/Sosialisasi-Kebijakan-Publik-

Pengertian-dan-Konsep-Dasar.pdf

Kusumastuti, A. D. (2020). Fenomena Jasa Titip (jastip) Dan Polemik Bagi Kelangsungan Produk UMKM. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(1), 33-39.

doi:https://doi.org/10.47942/iab.v9 i1.645

Meilani, D. (2015). Sosialisasi Peraturan Walikota Nomor 21 Tahun 2013 Tentang Prosedur Dan Tata Cara Pemberian Izin Usaha Pariwisata Kota Dumai (Studi Kasus Wisata Karaoke). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 2(2), 1-10.

Miles, M. B., Huberman, A. M. & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. NY, US: SAGE

Publication.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya Muzakkir, N. F., & Saleh, R. (2018). Strategi Komunikasi Dinas Kesehatan Provinsi Aceh Dalam Mensosialisasikan Bahaya Penyakit Difteri Di Provinsi Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 3(4), 1-17. Diperoleh dari

http://jim.unsyiah.ac.id/FISIP/article

/view/10058

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta, Indonesia: Deepublish

Tatang, S. (2016). Dinamika Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia

Yanesa, A. (2016). Sosialisasi Peraturan Daerah No. 8 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah Kabupaten Sijunjung Kecamatan Sijunjung. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 3(2), 1-16.

Diperoleh dari

https://jom.unri.ac.id/index.php/JO MFSIP/article/view/11518/11166




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jk.v8i1.1292

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.52434/jk.v8i1.1292.g1167

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015