Pengaruh instagram @exploresubang terhadap keputusan berkunjung ke tempat wisata Ciater

Penulis

  • Nurpitrian - Pitriah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Eka Yusup Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ema . Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.52434/jk.v9i2.1264

Abstrak

Perkembangan zaman membuat kehidupan manusia perlu beradaptasi dengan kemajuan alat teknologi yang semakin kompleks. Instagram adalah layanan jejaring sosial berbasis fotografi yang memberikan kemudahan dalam mengambil dan melihat foto ataupun video, kemudian dapat membagikannya terhadap orang lain dengan menggunakan jaringan internet, sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan cepat. Media sosial pada zaman modern  menjadi salah satu media komunikasi yang populer. Unggahan wisata Ciater di instagram @exploresubang merupakan suatu bentuk informasi yang disediakan dalam bentuk foto, video, dan teks yang yang berisi ulasan deskripsi dalam bentuk caption. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh yang terjadi antara instagram @exploresubnag terhadap keputusana berkunjung ke tempat wisata Ciater. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode analisis regresi linier sederhana serta didukung dengan teori new media. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dan studi kepustakaan. Sampel pada penelitian kali ini yakni komunitas himpunana mahasiswa subang unsika yaitu sebanyak 129 pengguna yang menjadi followers instagram @exploresubang. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai koefisien adalah positif, yang berarti variabel tersebut berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung ke wisata Ciater. Besarnya pengaruh ketiga variabel tersebut (intensitas, isi pesan dan daya tarik) terhadap keputusan berkunjung dapat menjelaskan variabel dependent (keputusan berkunjung) sebesar 58,9%. Fakta ini menjukkan bahwa variabel-variabel tersebut merupakan aspek dominan dalam mempengaruhi keputusan berkunjung ke wisata Ciater.

Biografi Penulis

Nurpitrian - Pitriah, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Singaperbangsa Karawang

Eka Yusup, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Singaperbangsa Karawang

Ema ., Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Singaperbangsa Karawang

Referensi

Abbas, M. Rifa’i, dkk. (2014). Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementrian Perdagangan RI. Jakarta: Pusat Hubungan Masyarakat.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika Edisi 9. Salemba Humanika

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Ghalia.

Rakhmat, J. (2012). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&A. Alfabeta

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu

Suyono. (2018). Analisis Regresi untuk penelitian. Ed.1 cet.1. Yogyakarta. Deepublish

Sumargo, Bagus. (2020). Teknik Sampling. UNJ press. Jakarta

Yusup, Muri. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan Gabungan. Jakarta. Kencana divisi Prenadamedia Group.

Pitana, I Gde dan Gayatri, Putu G. (2005). Sosiologi Pariwisata, Yogyakarta: CV Andi Offset.

Oliver, Richard L. (2015). Satisfaction, A Behavioral Perspective on The Consumer, New York: Routledge.

Website

ATW. (2021). Pemandian Air Panas Ciater, tempat asyik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Aneka Tempat Wisata.

https://anekatempatwisata.com/pemandian-air-panas-ciater-tempat-asyik-untuk-menghabiskan-waktu-bersama-keluarga/

Diterbitkan

2023-10-31

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian