PENGARUH IKLAN GOJEK VERSI ‘SOLV, LOGO BARU GOJEK’ DI INSTAGRAM TERHADAP BRAND IMAGE

Amanda Belani, Alila Pramiyanti

Abstrak


Abstrak

Pada 22 Juli 2019, PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek mempublikasikan iklan ‘Solv, Logo Baru Gojek’ melalui akun Instagram resminya (@gojekindonesia). Iklan ini berisi tentang perubahan logo serta tagline terbaru dari Gojek sekaligus pemaparan fitur-fitur lengkap yang terdapat di dalam aplikasi Gojek. Perubahan logo, tagline, serta penekanan makna melalui iklan ini sangat menarik, mengingat hal tersebut dapat memungkinkan citra dari Gojek sendiri turut berubah. Tujuan penelitian ini untuk menguji seberapa besar pengaruh dari iklan Gojek versi ‘Solv, Logo Baru Gojek’ di Instagram terhadap brand image. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif dan paradigma positivisme. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh yang dihasilkan antara antara iklan Gojek versi ‘Solv, Logo Baru Gojek’ di Instagram terhadap brand image adalah 29%. Sedangkan nilai koefisien korelasi (R) atau nilai hubungan yang diperoleh adalah sebesar 0.539. Hal ini berarti hubungan antara variabel iklan ‘Solv, Logo Baru.

Kata-kata kunci : Brand Image; gojek; iklan; Instagram; solv.

 

Abstract

On July 22, 2019, PT. The Karya Anak Bangsa or Gojek application publishes the ad 'Solv, Gojek's New Logo' through its official Instagram account (@gojekindonesia). This ad contains changes to the logo and the latest tagline from Gojek as well as an explanation of the complete features contained in the Gojek application. The changes to the logo, tagline, and emphasis on meaning through this advertisement are very interesting, considering that this can allow the image of Gojek itself to change too. The purpose of this study is to test how much influence the Gojek version of the 'Solv, Gojek Baru Logo' advertisement on Instagram has on brand image. This research uses explanative quantitative method and positivism paradigm. The results of this study indicate that the effect of Gojek's version of 'Solv, Gojek's New Logo' advertisement on Instagram on brand image is 29%. While the value of the correlation coefficient (R) or the value of the relationship obtained is 0.539. This means the relationship between the advertising variables 'Solv, New Logo.

 

Keywords: Brand Image; go-jek; advertisement; Instagram; solve.

 


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Clow, E. K., & Baack, D. (2010). Intergrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication. New Jersey: Prentice Hall.

Enterprise, J. (2012). Instagram untuk Fotografi Digital dan Bisnis Kreatif. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy).

Pasuruan: Qiara Media.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Nurfebiaraning, S. (2017). Manajemen Periklanan. Yogyakarta: Deepublish.

Pamungkas, I. (2016). IMCOLOGY.

Yogyakarta: Deepublish.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Intergrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Shimp, T. (2003). Periklanan Promosi dan

Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. University of South Carolina: Erlangga.

Sidiq, R. (2019). Teknik Berjualan dengan Digital Marketing. Tangerang: Udacoding (Al Qolam).

Suryati, L. (2015). Manajemen

Pemasaran : Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan.

Yogyakarta: Deepublish.

Jurnal

Bulan, S. I. S., & Sudrajat, R. H. (2019). Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Arief Muhammad di Instagram Terhadap Brand Image Erigo Store. Jurnal Sosial Politik, 5(2), 322–332.

Jamil, A., & Tafifah, R. (2019). Advertisement and Spirit of Nationality. 6959(67). https://doi.org/10.29032/ijhsss.v5.i2.

67-83

Sasetyo. (2012). Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Pembentukan Citra

Merek Pepsodent. Students EJournal, 1(1), 24. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/arti cle/view/1527

Internet

Gojek Indonesia. (2019). Semangat Baru Gojek Indonesia. Retrieved September 25, 2019, from Gojek

Indonesia website: https://www.gojek.com/about/ Kemp, S. (2019). Digital 2019 : Indonesia. Retrieved September 25, 2019, from https://datareportal.com/reports/digita l-2019-indonesia

NapoleonCat. (2019). Instagram Users in Indonesia November 2019. Retrieved

January 21, 2020, from

https://napoleoncat.com/stats/instagra m-users-in-indonesia/2019/11.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jk.v8i1.1194

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.52434/jk.v8i1.1194.g1164

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015