PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA KONTEKS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH WOMENPRENEUR MAIMA INDONESIA

Penulis

  • Iris Fatia Maharani Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Dasrun Hidayat Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya http://orcid.org/0000-0001-9491-6041
  • Indria Angga Dianita Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.52434/jk.v7i2.1168

Abstrak

Abstrak

Digital marketing sudah terbukti sebagai salah satu cara yang efektif untuk memperluas jangkauan merek dan meningkatkan angka penjualan. Sayangnya, pemahaman atau literasi mengenai digital marketing terlihat belum tersebar secara merata, khususnya di lingkungan UMKM pengusaha perempuan atau womenpreneurs di Indonesia. Walaupun mereka dinilai akrab dalam menggunakan sosial media sebagai media berkomunikasinya, keakraban ini masih harus ditingkatkan dari segi penggunaan dalam mengembangkan strategi marketing usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan kasus yang membuktikan keefektifan strategi digital marketing, bahkan di saat pandemi COVID-19 ini masih berlangsung. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, diambil melalui studi kasus terhadap perusahaan fesyen MAIMA Indonesia, yang bertempat di Bandung. Dimana proses pengambilan data dilakukan melalui wawancara virtual dengan pemilik merek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pemilihan platform media sosial yang tepat dan pengelolaan konten yang baik dapat meningkatkan penjualan. 

 

Kata-kata kunci: Digital marketing; media sosial; UMKM; womenpreneurs.

 

Abstract

Digital marketing has proven to be one of the most effective ways to expand brand reach and increase sales. Unfortunately, understanding or literacy regarding digital marketing does not seem to be spread evenly, especially in the MSME environment for women entrepreneurs or womenpreneurs in Indonesia. Although they are considered familiar in using social media as a medium of communication, this familiarity still has to be improved in terms of use in developing business marketing strategies. This study aims to show cases that prove the effectiveness of digital marketing strategies, even during the COVID-19 pandemic. The research method used in this study is a qualitative research with a descriptive approach, taken through a case study of the MAIMA Indonesia fashion company, which is located in Bandung. Where the data collection process is carried out through virtual interviews with brand owners. The results of this study indicate that choosing the right social media platform and managing content well can increase sales.

 

Keywords: digital marketing; MSMEs; social media; womenpreneurs.

Biografi Penulis

Iris Fatia Maharani, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Fakultas Komunikasi dan Desain (FKD)

Dasrun Hidayat, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Fakultas Komunikasi dan Desain (FKD)

Indria Angga Dianita, Universitas Telkom

Fakultas Komunikasi dan Bisnis

Referensi

Daftar Pustaka

Achmad, Z. A., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., &

Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk

UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31.

https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1

.17-31

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43–54.

http://journal.stmikdb.ac.id/index.php/ dutacom/article/view/17.

Aptika, D. (2020). Transformasi Digital UMKM Indonesia.

Cahyani. (2020). 47 Persen UMKM Bangkrut Akibat Pandemi Corona. Bisnis.Tempo.Com.

Gunardi, Rahayu, A., & Adi Wibowo, L. (2020). Analisa Strategi Pemasaran Online Terhadap Kinerja Keuangan Umkm Fashion di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan

Keuangan, 3(1), 61–68.

Haryanto, R., Pebriyanto, A., & Banjarmasin, P. N. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi. 2. Hendrayati, H., & Gaffar, V. (2016). Innovation and Marketing Performance of Womenpreneur in Fashion Industry in Indonesia. Porcedia Social and Behavioral Sciences, 219, 299–306. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016. 04.034

Hidayat, D., Gustini, L. K., & Dias, M. P. (2020). Digital Media Relations Pendekatan Public Relations dalam Menyosialisasikan Social Distancing di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 257.

https://doi.org/10.31315/jik.v18i3.357

Humas Kementerian Koperasi dan UKM,

Siaran Press Nomor:

/Press/SM.3.1/VI/2021

Target Pemerintah 30 Juta UMKM Masuk

Ekosistem Digital pada Tahun 2024. Tanggal terbit 2 Juni 2021.

https://kemenkopukm.go.id/read/targ et-pemerintah-30-juta-umkm-masukekosistem-digital-pada-tahun-2024.

Minculete, G., & Olar, P. (2018). Approaches to The Modern Concept of Digital Marketing. International Conference Knowledge Based Organization, XXIV(2), 63–69.

https://doi.org/10.1515/kbo-2018-

Mulyana, A. E., Hidayat, R., Andayani, N. R., & ... (2021). Pengembangan UMKM Melalui Sosialisasi dan Penyuluhan Secara Digital untuk Menunjang Keberlangsungan Usaha di

Masa Pandemi Covid-19. Jurnal …,

(1), 62–76.

https://jurnal.polibatam.ac.id/index.ph p/AbdiMas/article/view/2685

Nurchayani, A., & Isbah, M. F. (2020).

PEREMPUAN DAN EKONOMI

DIGITAL: Peluang Kewirausahaan Baru dan Negosiasi Peran berbasis Gender. PALASTREN Jurnal Studi Gender, 13(1), 27–58.

Pertiwi, W. K. (2019). Sebanyak inikah jumlah pengguna instagram di Indonesia. Tekno.Kompas.Com.

Purnomo, N. (2020). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing. Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21, 2, 999–1015.

Purwana ES, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital

Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani

(JPMM), 1(1), 1–17.

https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Ramadhani, N. (2016). Implikasi Peran Ganda Perempuan Dalam Kehidupan Keluarga Dan Lingkungan Masyarakat. Sosietas, 6(2). https://doi.org/10.17509/sosietas.v6i2.

Rath, D., Satpathy, I., & Patnaik, B. C. M. (2020). Womenpreneurs In Odisha : Challenges & Motivational Factors. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(03), 3678– 3683.

Rubin Japhta, Prashant Murthy, Yopie Fahmi, Anastassiya Marina, A. G. (2016). UKM yang dimiliki Wanita di Indonesia: Kesempatan Emas untuk Institusi Keuangan Lokal. International Finance Corporation, 32–44.

Saputri, R. K., & Himam, F. (2015). Mindset Wanita Pengusaha Sukses. Jurnal

Psikologi, 42(2), 157.

https://doi.org/10.22146/jpsi.7170

Setiawan, D. (2020). Tingkatkan daya saing, UMKM didorong go digital dan kolaborasi. Kontan.Co.Id.

Suganda, F. R., & Kartiko, E. (2021).

Analisis Komunikasi Tentang FaktorFaktor Yang Sukaregang Kabupaten Garut. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 07(01), 635–648.

Thabit, T. H., & Raewf, M. (2018). The Evaluation of Marketing Mix

Elements: A Case Study. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(4).

https://doi.org/10.23918/ijsses.v4i4p1

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.

Yin, R. K. (2014). Study Kasus: Desain dan Metode (1st ed.). Rajawali Pers.

Yuwana, S. I. P. (2020). Coronanomics : Strategi Revitalisasi UMKM Menggunakan Teknologi Digital di

Tengah Pandemi Covid-19. 1(1), 58–

Diterbitkan

2021-10-02

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian