RELATIONSHIP WARTAWAN DENGAN HUMAS BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR PUSAT DALAM MELAKUKAN MEDIA RELATIONS
DOI:
https://doi.org/10.52434/jk.v7i2.1116Abstrak
AbstrakHumas BPJS Ketenagakerjaan menyadari bahwa posisi media memiliki peranan penting sebagai mediator dalam menyebarkan informasi antara organisasi pemerintahan dengan masyarakat. Kegiatan relationship yang dibangun dengan melaksanakan gathering ataupun acara untuk menyalurkan hobi para wartawan sehingga relationship yang terbangun semakin baik antar dua pihak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kegiatan relationship wartawan dengan humas BPJS Ketenagakerjaan Kantor Pusat. Teori yang digunakan adalah relationship oleh Devito (2013). Metode penelitian dalam penelitian ini, yaotu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara secara mendalam dengan 1 narasumber internal dan 3 narasumber eksternal. Hasil penelitian ini adalah humas BPJS Ketenagakerjaan mempertahankan hubungan yang baik dengan wartawan agar pemberitaan dapat dipublikasi dengan pemberitaan yang positif. Humas BPJS Ketenagakerjaan mempertahankannya dengan mengajak wartawan liputan ke luar kota, press gathering, dan kegiatan untuk menyalurkan hobi para wartawan.Â
Kata Kunci: Relationship, humas, wartawan, BPJS Ketenagakerjaan, media relations.
AbstractPublic Relations of BPJS Ketenagakerjaan aware that the position of media has an important role as a mediator in disseminating information between government organizations and the community. Relationship activities are built by holding gatherings or events to represent the journalist hobby, so the relationship is built better between the two parties. The research aims to describe how the relationship between journalists and BPJS Ketenagakerjaan public relations works. The theory used is the relationship by Devito (2013). The research method in this research is descriptive qualitative with data collection techniques in the form of in-depth interviews with 1 internal source and 3 external sources. The results of this research are public relations of BPJS Employment maintains a good relationship with journalists so that the news can be published with positive coverage. Public relations of BPJS Ketenagakerjaan maintain it by inviting reporters to do a report out of town, press gatherings, and activities to represent journalists' hobbies.
Keywords: Relationship, public relations, journalist, BPJS Ketenagakerjaan, media relations.
Referensi
Daftar Pustaka
Azwar. (2018). 4 Pilar Jurnalistik
Pengetahuan Dasar Belajar Jurnalistik (1st ed.). Jakarta, Indonesia: Prenadamedia Group.
Darmastuti, R. (2012). Media Relations: Konsep, Strategi, & Aplikasi. Yogyakarta, Indonesia: Andi Offset. Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka
Pelajar.
Devito, J. A. (2013). The Interpersonal Communication Book (13th ed.). New Jersey, USA: Pearson
Education, Inc.
Fahrizal, G., & Hadi, P. (2017). Strategi
ASIAPR Dalam Memperkuat
Hubungan Media Dengan Forum
Wartawan Otomotif. PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu
Hubungan Masyarakat, 1(2), 104.
Farihanto, M. N. (2014). Teman Tapi Mesra Humas dan Wartawan: Studi
Kasus Strategi Hubungan Media di Bidang Humas dan Protokoler
Universitas Ahmad Dahlan, 7(2), 5363.
Feist, J., & Feist, G. (2010). Teori Kepribadian: Theories of
Personality. (Handriatno, Trans.)
st ed.]. New York, USA: McGraw-
Hill.
Iriantara, Y. (2011). Media Relatiojns Konsep, Pendekatan dan Praktik. Bandung, Indonesia: Simbiosa Rekatama Media.
Lusiana, I. I. (2012). Media Relations dan Kepuasan Wartawan Atas Layanan Kehumasan di Kabupaten
Brebes. Interaksi: Jurnal Ilmu
Komunikasi, 1 (1), 87-97.
Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and
Quantitative Approaches. [7th ed.].
London, UK: Pearson Education
Limited.
Seniwati S., Siti, H., & Hasriyani, A. (2016). Peran Public Relation dan Media Relation dalam Membangun Subiakto, H., & Ida, R. (2014). Komunikasi Politik, Media, dan Demokrasi (2nd ed.). Jakarta, Indonesia: Prenadamedia Group.
Suprawoto. (2018). Government Public Relations Perkembangan dan Praktik di Indonesia. Jakarta, Indonesia: Prenadamedia Group.