STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PT. BUKKU MEDIA INTEGRASI (BUKKU) PADA MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI INSTAGRAM @BUKKUID
DOI:
https://doi.org/10.52434/jk.v7i2.1045Abstrak
AbstrakWabah Corona Virus masuk ke Indonesia pada awal bulan Maret 2020. Pandemi Covid-19 ini memberikan banyak dampak negatif bahkan positif bagi perekonomian di Indonesia, salah satu bidang yang terdampak adalah industri buku. PT. Bukku Media Integrasi adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri buku, yang membuat strategi komunikasi pemasaran terpadu (IMC) untuk meningkatkan penjualan selama masa pandemi Covid-19 ini dengan menggunakan media sosial dan tetap mendukung peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dari pemerintah yaitu tetap di rumah guna menekan angka penularan Covid-19 di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menjelaskan strategi pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan di PT. Buku Media Integrasi melalui promosi #BacadiRumah di Instagram @bukkuid pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian adalah studi kasus dengan menggunakan wawancara mendalam, adapun peneliti menggunakan desain studi kasus tunggal dengan tipe holistik bertujuan untuk mengkaji sifat umum program yang bersangkutan dan kasus yang ditemukan dirasa penting guna menguji teori yang bersangkutan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adakah paradigma konstruktivisme.. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan observasi pada website dan media sosial dari Bukku. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti berdasarkan data terkumpul dari berbagai sumber, bahwa PT. Bukku Media Integrasi sudah melakukan strategi komunikasi pemasaran terpadu (IMC) dengan baik sehingga dapat meningkatkan penjualan di tengah pandemi Covid-19 ini.
Kata-kata kunci: Strategi; Pemasaran Digital; Pandemi Covid-19; media sosial.
Abstract
The Corona Virus outbreak entered Indonesia in early March 2020. The Covid-19 pandemic has had many negative and even positive impacts on the economy in Indonesia, one of the areas affected is the book industry. PT. Bukku Media Integrasi is a company engaged in the book industry, which created an integrated marketing communication (IMC) strategy to increase sales during the Covid-19 pandemic by using social media and still supporting the government's Large-Scale Social Restrictions (PSBB) regulations. namely staying at home to reduce the number of Covid-19 transmission in Indonesia. This study aims to identify and explain digital marketing strategies in increasing sales at PT. Buku Media Integration through promotion #BacadiRumah on Instagram @bukkuid during the Covid-19 pandemic. The paradigm used in this study is the constructivism paradigm. The research method is a case study using in-depth interviews, while the researcher uses a single case study design with a holistic type which aims to examine the general nature of the program concerned and the cases found are considered important in order to test the theory in question. The data collection technique uses literature study and observation on the website and social media from Bukku. Research results obtained by researchers based on data collected from various sources, that PT. Bukku Media Integration has implemented an integrated marketing communication (IMC) strategy so that it can increase sales in the midst of the Covid-19 pandemic. Keywords: Strategy; digital marketing; covid-19 pandemic; social media.
Referensi
Daftar Pustaka
Ardianto, Elvinaro. 2013. Handbook Of Public Relations: Pengantar
Komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Adib, Mohammad. Filsafat Ilmu Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, dan Logika Ilmu Pengetahuan. 2011.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bungin, Burhan. Sosiologi Komunikasi. 2013. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Iriantara, Yosal. & Surachman, A. Yani. 2011. Public Relations Writing Pendekatan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.
Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Lexy, Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musman, Atmi & Sugeng. Marketing Media Penyiaranan Bukan Sekedar Jual Kecap. 2011.
Yogyakarta: Cahaya Atma
Pustaka,
Terence, A. Shimp. 2003. Periklanan dan Promosi, Erlangga, Jakarta.
Zarella. 2010. The Social Media Marketing Book. Jakarta: PT.
Serambi Ilmu Semesta. https://www.kompas.com/tren/read/20 20/03/13/111245765/kasuspertama-virus-corona-di-chinadilacak-hingga-17-november2019, diakses pada 24 Mei
, pada 14.00 WIB https://indonesia.go.id/narasi/indonesia -dalam-angka/ekonomi/kasuscovid-19-pertama-masyarakatjangan-panik diakses pada 25
Mei 2020, pada 14.00 WIB https://nasional.kompas.com/read/2020 /03/31/16271751/pidatolengkap-jokowi-dari-psbblistrik-gratis-hinggakeringanan-kredit. diakses pada
Mei 2020, pada 13.15 WIB https://finance.detik.com/beritaekonomi-bisnis/d-4967261/srimulyani-tak-semua-sektornegatif-gara-gara-corona, diakses pada 24 Mei 2020, pada 10.00 WIB.
https://republika.co.id/berita/q7sf8n38 3/antisipasi-corona-gramediatutup-puluhan-geraijabodetabek, diakses pada 24 Mei 2020, pada 10.15 WIB.
https://bisnis.tempo.co/read/1331198/ri set-belanja-online-meningkatpesat-di-tengah-pandemi-covid19/full&view=ok, diakses pada 25 Mei 2020, pada 13.39 WIB.
https://bukku.id/about, diakses pada 25 Mei 2020, pada 13.48 WIB.
https://bukku.id/browse/publisher, diakses pada 25 Mei 2020, pada 14.00 WIB.
https://www.instagram.com/bukkuid/? hl=id diakses pada 25 Mei 2020, pada 14.12 WIB. https://www.instagram.com/p/BGwSqrJFOw/, diakses pada 25 Mei 2020, pada 15.25 WIB.