PEMANFAATAN MEDIA BARU UNTUK EFEKTIFITAS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DALAM MASA WABAH COVID 19

Penulis

  • Muhammad Rezky Ananda UIN Sumatera Utara, Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan Estate

DOI:

https://doi.org/10.52434/jk.v7i1.1019

Abstrak

Abstrak

Banyaknya sosial media yang bermunculan dan juga pembelajaran sekolah yang semakin berkembang mengharuskan mengikuti kemajuan teknologi yang ada, memunculkan kesempatan untuk mengoptimalkan kehadiran media baru sebagai media komunikasi, sehingga kemudian memunculkan pertanyaan. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan tentang bagaimana para guru sebagai pengguna media baru untuk mengefektifkan cara berkomunikasi di dalam kegiatan pembelajaran selama masa Pandemi Covid-19. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sebagai fasilitator informasi mampu membangun komunikasi daring yang efektif. Komunikasi efektif yang dimaksud adalah komunikasi yang senantiasa terjalin antara guru dan siswa sehingga nantinya dapat menimbulkan perubahan sikap atau karakter ke arah yang lebih baik bagi siswa. Ketepatan informasi menjadi kunci dalam menciptakan komunikasi yang efektif. Hal ini terjadi jika persamaan pengertian, sikap dan bahasa. Pesan atau informasi dapat diterima dan dimengerti serta dipahami sebagaimana yang dimasud oleh komunikator (guru). Pesan yang disampaikan dapat disetujui oleh komunikan siswa.

Kata-kata kunci: Covid-19; efektivitas; komunikasi; media baru; pemanfaatan.

 

Abstract

The large number of social media that have sprung up and also school learning that is increasingly developing requires following existing technological advances, giving rise to opportunities to optimize the presence of new media as a medium of communication, thus raising questions. The purpose of this study is to explain how teachers, as users of new media, make effective communication methods in learning activities during the Covid-19 Pandemic. This research method is descriptive research. Data collection techniques through observation, interviews. The results showed that teachers as information facilitators were able to build effective online communication. Effective communication is meant by communication that is always established between teachers and students so that later it can lead to changes in attitudes or characters for the better for students. Accuracy of information is the key to creating effective communication. This happens if the same understanding, attitude and language. Messages or information can be received and understood and understood as intended by the communicator (teacher). The message conveyed can be approved by the communicant student.

Keywords: Covid-19; effectiveness; communication; new media; utilization.

Biografi Penulis

Muhammad Rezky Ananda, UIN Sumatera Utara, Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan Estate

Departemen Komunikasi

Referensi

Daftar Pustaka

Ahmad Setiadi. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi, Jurnal Ilmiah

Cangara, H, Hafied. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Denis McQuail, (1987). Teori Komunikasi Massa suatu pengantar, diterjemahkan oleh Agus Dharma dan Aminuddin Ram, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Effendy, Onong Uchyjana, (2009). Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fajar, Marhaeni, (2009). Ilmu Komunikasi Teori & Praktek Edisi Pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nasrullah, Rulli, (2015). Media Sosial: Persefektif Komunikasi, Budaya, dan Sosieteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Diterbitkan

2021-04-06

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian