PENDEKATAN KOMUNIKASI PEER GROUP DALAM INTERAKSI REMAJA PADA PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERENCANA BARUKUPA

astri dwi andriani, Detiana Husnul Chotimal

Abstrak


Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk meneliti program pemerintah yaitu Program Kampung KB khususnya Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R). Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pendekatan komunikasi Peer group dalam Interaksi Remaja pada Program Kampung KB di RW 03 Desa Sukatani Kecamatan Pacet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang di analisis adalah hasil wawancara dengan ketua kampung KB, ketua PIK R dan pembina PIK R, pengamat langsung di RW 03 Desa Sukatani dan kegiatan remaja. Serta telaah dokumen di kantor DPPKBP3A dan pengecekan atau pembanding data tokoh pemuda, penanggungjawab kegiatan dan tokoh masyarakat. Diharapkan melalui penelitian ini dapat melahirkan  suatu  model  pendekatan komunikasi peer group dalam komunitas remaja yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pencapaian keberhasilan Program Kampung di wilayah lainnya di Indonesia. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pendekatan pola komunikasi peer group dalam program Kampung KB di RW 03 Desa Sukatani Kecamatan Pacet cukup signifikan memberikan dampak yang progresif terhadap penguatan pengetahuan remaja mengenai kesehatan reproduksi, resiko aktivitas seks pra nikah, dan pernikahan dini. Pendekatan komunikasi peer group cukup efektif dalam menularkan pengetahuan tersebut kepada remaja lainnya yang berada di luar RW 03 Desa Sukatani Kecamatan Pacet. Namun pengetahuan ini relatif tidak memberikan perubahan yang signifikan terhadap sikap dan perilaku remaja dalam pergaulan seks bebas dan penurunan tingkat pernikahan dini karena adanya faktor lain yang mempengaruhi diantaranya mudahnya remaja mengakses tayangan pornografi dan pornoaksi melalui media sosial, serta kebutuhan ekonomi keluarga yang memilih remaja untuk menikah di usia dini.

Kata-kata kunci: Interaksi; peer group; pendekatan komunikasi; program kampung KB; remaja.

 

Abstract

This research is a qualitative research to examine government programs, namely the KB Village Program, especially the Youth Counseling Information Center (PIK R). The purpose of this study was to find out how the Peer group communication approach in Youth Interaction in the KB Village Program in RW 03 Sukatani Village, Pacet District. This research uses a qualitative approach with a case study method. The data analyzed were the results of interviews with the head of the KB village, the head of PIK R and the coach of PIK R, direct observers at RW 03 Sukatani Village and youth activities. As well as reviewing documents at the DPPKBP3A office and checking or comparing data on youth leaders, people in charge of activities and community leaders. It is hoped that this research can produce a peer group communication approach model in the youth community that can be applied to increase the achievement of the success of the Kampung Program in other regions in Indonesia. The results of this study are the peer group communication pattern approach in the KB Kampung program in RW 03 Sukatani Village, Pacet District, which has a significant progressive impact on strengthening adolescent knowledge about reproductive health, the risks of premarital sexual activity, and early marriage. The peer group communication approach is quite effective in transmitting this knowledge to other adolescents who are outside RW 03 Sukatani Village, Pacet District. However, this knowledge relatively does not provide a significant change in the attitudes and behavior of adolescents in promiscuity and a decrease in the rate of early marriage due to other factors that influence, including the ease with which teenagers access pornography and porn action through social media, as well as the economic needs of families who choose teenagers to marry. at an early age.

Keyword: Interaction; peer group; communication approach; family planning village program; adolescents


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Agustin, Sari Monik. (2014). Komunikasi Peer-Group tentang Konsep Kekerasan dan Bullying (Studi Groupthink Theory & Sosialisasi Anti Kekerasan dan Bullying pada Siswa SMA Negeri 70, Bulungan-Jakarta). Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI PRANATA SOSIAL, 2 (3).

Ardianto, Elvinaro. (2011). Metodologi Penelitian untuk Public Relation Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto. (2012). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

BKKBN. (2014). Pedoman Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswa (PIK R/M). Jakarta: Direktorat Bina Ketahanan Remaja.

BKKBN. (2018). Pengelolaan Kampung KB. Bandung: BKKBN Provinsi Jawa Barat.

Bungin, Burhan. (2003). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Direktorat Bina Ketahanan Remaja. (2014). Pedoman Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswa. Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Daymon, Christine., dan Immy Holloway. (2008). Metode-metode Riset Kualitatif: dalam Public Relations dan Marketing Communications. Yogyakarta: Penerbit Bentang.

Mulyana, Deddy. (2011). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pradanari, Wening Jiwandaru. (2014). Hubungan antara Parental Discipline dan Intensitas Komunikasi Peer group dengan Minat Belajar Anak. Skripsi. Semarang: Jurusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Putri, Eleonora Lintang Hapsoro. (2017). Hubungan Terpaan Iklan Rokok di Televisi dan Intensitas Komunikasi Peer group dengan Minat Merokok Remaja Perempuan. Skripsi. Semarang: Jurusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Rahmayantie, Erieke Nindha. (2016). Memahami Komunikasi Keluarga dan Peer group dalam Pengambilan Keputusan Berhijab. Skripsi. Semarang: Jurusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Romandoni, Ikhvan, & Suryawan, Wawan Ardiyan. (2017). Desain Ruang Relaksasi untuk Stres di Perkotaan dengan penerapan Biophilic Design. Jurnal Sains dan Seni Pomits. 6 (2). G104-G108.

Septiyuni, Dara Agnis. (2014). Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Peer group terhadap Perilaku Bulliying di Sekolah: Studi terhadap Siswa SMA Negeri di Kota Bandung. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Simabur, Lisda Ariani. (2014). Komunikasi Pemasaran Festival Legu Gam Moloku Kie Raha. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Islam Bandung.

UMY, B. (2016, Februari 28). [email protected]




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jk.v7i1.1002

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.52434/jk.v7i1.1002.g912

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836
E-ISSN : 2580-538X

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : [email protected]


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015