Analisis QoS (Quality of Service) Kinerja Provider IconNet di Kampung Ciateul Kabupaten Garut Menggunakan Software Wireshark

Penulis

  • Muhammad Fauzi Nugraha Fakultas Teknik Universitas Garut
  • Bambang Sugiarto Fakultas Teknik Universitas Garut
  • Tri Arif Wiharso Fakultas Teknik Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jft.v4i2.3419

Kata Kunci:

IconNet, Quality of Service, Wireshark, Provider

Abstrak

Internet adalah kebutuhan untuk setiap individu dalam menjalankan aktivitas. Untuk mengetahui kualitas jaringan internet dibutuhkan metode Quality of Service. Tujuan penelitian ini pengukuran pada 5 pelanggan IconNet dan membandingkan kualitas layanan pada berbagai waktu. Data diperoleh melalui streaming YouTube dengan Wireshark selama 2 jam, menggunakan paket data 10 Mbps dan 20 Mbps dari IconNet. Wilayah penelitian terletak di Kampung Ciateul, Kabupaten Garut. Hasil dari penelitian di 5 pelanggan jaringan IconNet memiliki index delay 4 dan index packet loss dan jitter 3 tetapi parameter throughput memiliki perbedaan, Pelanggan 1 pada pagi, siang, dan malam hari memperoleh nilai lebih dari Index 3 sedangkan pada sore hari Index 4. Pelanggan 2 pada pagi dan sore hari memperoleh Index 3 sedangkan pada siang dan sore hari Index 2. Pelanggan 3 pada pagi dan malam hari memperoleh Index 3 kategorinya sedangkan pada siang dan sore hari Index 4. Pelanggan 4 pada pagi dan siang hari memperoleh Index 3 sedangkan pada sore dan malam hari Index 2. Pelanggan 5 pada pagi, siang, sore, dan malam hari memperoleh bawah Index 2. Berdasarakan data dari penelitian yang dilakukan, faktor yang mempengaruhi penurunan Quality of Service adalah jumlah pengguna jaringan yang bertambah yang memengaruhi bandwidth dan kemampuan Penyedia layanan internet (ISP) dalam menangani volume data, kondisi geografis  memengaruhi kemampuan infrastruktur untuk mendistribusikan layanan secara merata  diantaranya jarak Base Transceiver Statio (BTS) ke kampung ciateul. Optimalisasi pada aspek jumlah perangkat terhubung, jenis aktivitas, bandwidth yang tersedia dan waktu penggunaan akan meningkatkan kualitas layanan jaringan bagi setiap pelanggan.

Referensi

D. D. Zulfa, “Analisis Perbandingan QOS Layanan Indihome Dengan Biznet Berbasis Wireshark,” SKRIPSI Univ. GARUT, 2022.

Burhanuddin, N. Azura, and Nurharifah, “Analisis Kinerja Jaringan Wireless LAN Dengan Menggunakan Metode Quality Of Service (QOS),” J. Teknol. Terap. Sains 4.0, vol. 1, no. 2, pp. 242–252, 2020.

S. Nurajizah, N. A. Ambarwati, and S. Muryani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Internet Service Provider Terbaik Dengan Metode Analytical Hierarchy Process,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 6, no. 3, pp. 231–238, 2020, doi: 10.33330/jurteksi.v6i3.632.

A. Charisma, A. D. Setiawan, G. M. Rahmatullah, and M. R. Hidayat, “Quality f Service (QoS) n 4G Telkomsel Networks In Soreang,” 2019 IEEE 13th Int. Conf. Telecommun. Syst. Serv. Appl., pp. 145–148, 2019.

S. Norhisham, M. N. Borhan, A. Bin Ismail, and H. Y. Katman, “A case study on quality of services for bus performance in Putrajaya, Malaysia,” Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 3.9, pp. 100–103, 2018, doi: 10.14419/ijet.v7i3.9.15825.

R. T. Novita, I. Gunawan, I. Marleni, O. G. Grasia, and M. N. Valentika, “Analisis Keamanan Wifi Menggunakan Wireshark,” JES ( J. Elektro Smart ), vol. 1, no. 1, pp. 7–9, 2021.

D. R.M., M. M.G., and K. N., “Principles of Canonical Action Research,” Inf. Syst. J., vol. 14, pp. 65–86, 2004.

Y. Mardiana and J. Sahputra, “Analisa Performansi Protokol TCP, UDP dan SCTP Pada Lalu Lintas Multimedia,” J. Media Infotama, vol. 13, no. 2, 2017.

ETSI, “Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks (TIPHON); General aspects of Quality of Service (QoS),” Etsi Tr 101 329 V2.1.1, 1999.

S. H. VIANI, “ANALISA QOS (QUALITY of SERVICE) PADA JARINGAN INTERNET (STUDI KASUS : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU),” Perpustakan Univ. Islam Riau, p. 76, 2021, [Online]. Available: https://repository.uir.ac.id/9059/1/143510228.pdf

Unduhan

Diterbitkan

12/31/2024