Analisis Kinerja VoIP Berbasis Wireshark Pada Jaringan Wireless Menggunakan Protocol RTP

Dinda Raihan Tiara, Bambang Sugiarto, Sifa Nurpadillah

Abstrak


VoIP adalah teknologi yang menggunakan media jaringan internet yang digunakan untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Dalam suatu sekolah, teknologi komunikasi adalah hal yang penting untuk melakukan pertukaran informasi. Penerapan VoIP akan memberikan suatu fleksibilitas untuk kepala sekolah, guru, dan tenaga administrasi sehingga proses komunikasi akan menjadi lebih mudah. SMK Tarbiyatul Aulad Cikajang merupakan salah satu sekolah di Kab. Garut yang menerapkan teknologi internet dengan jaringan wireless. Sebelumnya disekolah ini sudah pernah diterapkan layanan VoIP akan tetapi belum ada penelitian khusus yang dilakukan untuk mengukur bagaimana performansi layanan VoIP tersebut, sedangkan pengukuran performansi ini sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa layanan VoIP di SMK Tarbiyatul Aulad Cikajang selalu berjalan dengan optimal. Oleh sebab itu dalam penelitian ini akan dilakukan analisis performansi VoIP pada jaringan wireless di SMK Tarbiyatul Aulad Cikajang dengan asterisk sebagai software pendukung untuk membangun server VoIP. Analisis dilakukan terhadap hasil pengujian audio call yang dilakukan menggunakan software MicroSIP dengan variasi codec G.711 Alaw dan G.711 U-law. Parameter QoS yang akan dihitung adalah delay, jitter, packet loss dan throughput yang dihitung dengan menggunakan software wireshark. Berdasarkan hasil pengujian yang sudah dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa: 1). Kualitas layanan VoIP lebih baik menggunakan codec G.711 A-law dengan nilai delay (0.000608 ms), jitter (0.000607 ms), packet loss (0%), dan throughput (246 Kbps). 3). Menurut standar ITU-T dan THIPON performansi layanan VoIP di SMK Tarbiyatul Aulad Cikajang berjalan dengan optimal.

Kata Kunci


Codec; MicroSIP; Qos; VoIP; Wireshark

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


I. L. Rimra, R. Widia, W. Wiharti, and ..., “Teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) sebagai Solusi Komunikasi Berbasis IP,” Jurnal Pengabdian dan …, vol. 1, no. 1, pp. 20–25, 2019.

Y. Noeranbia, “PERBANDINGAN INTERNET PROTOCOL TELEPHONY PADA VOICE OVER INTERNET PROTOCOL ( VoIP ) DI INDONESIA,” pp. 1–10, 2009.

H. Rachman and I. Iskandar, “Analisis Kualitas Layanan Jaringan Komunikasi VoIP (Voice over Internet Protocol) Menggunakan Elastix Server Di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.”

B. Sugiantoro and Y. B. Mahardhika, “ANALISIS QUALITY OF SERVICE JARINGAN WIRELESS SUKANET WiFi DI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 10, no. 2, pp. 191–201, 2018, doi: 10.15408/jti.v10i2.7027.

Sutarti, Siswanto, and A. Subandi, “Implementasi Dan Analisis QoS (Quality of Service) Pada VoIP (Voice Over Internet Protocol) Berbasis Linux,” Jurnal PROSISKO, vol. 5, no. 2, pp. 92–101, 2018.

F. Rianda, A. Gautama, P. Satwiko, and S. A. Karimah, “Perbandingan Mean Opinion Score ( MOS ) pada Jaringan VoIP Menggunakan Proportional Integral Controller Enhanced ( PIE ) dan Droptail,” vol. 5, no. 3, pp. 8002–8012, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jft.v3i1.2851

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Download Template.


Visitor.


FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS GARUT

Jalan Jati No. 42B Tarogong Kaler

Kab. Garut 44151

Jawabarat, Indonesia

telp. 0262-540007 fax. 0262-540181

email : jurnal.fuse@uniga.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015