RANCANG BANGUN ROBOT PENYEMPROT PESTISIDA DENGAN SISTEM WALL-FOLLOWER PADA TANAMAN CABAI

Iwin Widiyanti, Akhmad Fauzi Ikhsan, Tri Arif Wiharso

Sari


Sebagai negara yang subur kebanyakan penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani. Dalam proses penyemprotan cairan pestisida pada tanaman di lahan terbuka biasanya menggunakan tenaga manusia, jenis penyemprot yang biasa digunakan yaitu knapsack sprayer, menggunakan mesin bahan bakar bensin, helikopter dan traktor.
Penggunaan beberapa alat penyemprot memiliki kelemahan yaitu seperti knapsack sprayer dan penyemprot menggunakan mesin berbahan bakar bensin sangat melelahkan, karena petani harus menggendong sprayer dengan bobot mencapai 15 kg. Dengan demikian dibutuhkan sistem yang mampu membaca dinding bedengan yang akan dijadikan lintasan robot dalam melakukan penyemprotan pestisida, sistem tersebut yaitu sistem wall follower. Sistem wall follower bergerak dengan membaca dinding lintasan.
Dengan menggunakan alat ini, yang dirancang untuk penyemprotan lebih mudah dan tidak lagi membutukan begitu banyak tenaga manusia, dimana alat ini menggunakan sensor ultrasonic sebagai pengukur jarak dan Arduino Uno sebagai alat kontrol penggerak motor penyemprotan. Dari hasil pengujian Penyemprotan pestisida otomatis menggunakan sensor ultrasonik dapat mendeteksi tanaman cabai pada jarak maksimum 15 cm. Untuk kecepatan PWM motor DC dapat diatur sesuai dengan kondisi dengan
cara menginput kecepatan PWM secara manual dari angka 255 sampai 120, untuk angka dari <120 PWM maka motor DC tidak akan berfungsi.


Kata Kunci


Beds, Wall – Followers, Ultrasonic Sensor, Arduino Uno, DC Motor

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik, "Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan," Jurnal Resmi Statistik, vol. 2, no. 1, pp. 1-8, Agustus 2020.

Hikmatul Istiqomah, Dyah Ariyanti, and Linda Kurnia Supraptiningsih, "Prototipe Sistem Pengendali Penyiraman Air dan Penyemprotan Pestisida pada Tanaman Bawang Merah Berbasis Mikrokontroler," Jurnal Energy , vol. 12, no. 2, pp. 89-96, November 2022.

Annafiyah , Soffatul Anam, and Misbakhul Falah, "Rancang Bangun Sprayer Pestisida Menggunakan Pompa Air DC 12 V dan Panjang Batang Penyemprot 6 Meter," Jurnal Rekayasa Mesin, vol. 16, no. 1, pp. 90-99, April 2021.

Wibawa Zulaikha, Dwi Prasetya, and Eka Putri Cahyatari, Robot Motion Controlling System Based On Wall And Line Follower, vol. 4, Desember 2017.

Yolanda Reptami Putri and Anggoro Cahyo Sukartiko, "Analisis Pengaruh Suhu dan Kemasan Pada Perlakuan Penyimpanan Terhadap Kualitas Mutu Fisik Cabai Merah Keriting," Jurnal Teknologi Pertanian, vol. 21, no. 2, pp. 80-93, Agustus 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jft.v3i2.2788

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Download Template.


Visitor.


FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS GARUT

Jalan Jati No. 42B Tarogong Kaler

Kab. Garut 44151

Jawabarat, Indonesia

telp. 0262-540007 fax. 0262-540181

email : jurnal.fuse@uniga.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015