Deteksi Kantuk Menggunakan Convolutional Neural Network (CNN) Berdasarkan Kedipan Mata

Penulis

  • Ridwan Iswahyudi Fakultas Teknik Universitas Garut
  • Akhmad Fauzi Ihsan Fakultas Teknik Universitas Garut
  • Iik Muhammad Malik Matin Politeknik Negeri Jakarta

Kata Kunci:

Convolutional Neural Network, Haar Cascade, Pengolahan Citra, Sistem Deteksi Kantuk

Abstrak

Tingkat kecelakaan lalu lintas semakin hari semakin bertambah banyak, berdasarkan Badan Pusat Stastistik (BPS), pada tahun 2020 menunjukan tingkat penggunaan kendaraan bermotor khususnya mobil di Indonesia selama 3 tahun terakhir mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah tersebut dapat memberikan dampak negatif salah satunya yaitu naiknya angka kecelakaan lalu lintas. Faktor tertinggi penyebab peningkatan jumlah kecelakaaan lalu lintas adalah faktor manusia, lebih dari 25% penyebab kecelakaan merupakan kelelahan yang mengakibatkan pengendara mengalami kantuk saat sedang berkendara. Maka dari itu, diperlukan sebuah sistem yang dapat mendeteksi keadaan pengemudi saat sedang lelah atau mengantuk. Penelitian ini mengembangkan sistem pendeteksi kantuk menggunakan Convolutional Neural Network. Masukan citra secara real-time pada sistem didapat dari kamera yang dipasang didepan pengemudi. Keluaran dari sistem terdapat suara alarm untuk peringatan bahwa pengendara dalam keadaan mengantuk atau tertidur. Rata-rata akurasi sistem pendeteksian wajah menggunakan Haar Cascade yaitu 100%, rata-rata akurasi untuk pendeteksian mata terbuka dan tertutup pada jarak 30-50 cm yaitu 97,2% dan rata-rata akurasi untuk pendeteksian kantuk sebesar 94,4%. Sedangkan untuk rata-rata waktu untuk pendeteksin mata terbuka dan tertutup memiliki rata-rata waktu sebesar 5.19 detik yang akan memudahkan untuk mendeteksi kantuk secara cepat.

Biografi Penulis

Ridwan Iswahyudi, Fakultas Teknik Universitas Garut

 

Akhmad Fauzi Ihsan, Fakultas Teknik Universitas Garut

 

Iik Muhammad Malik Matin, Politeknik Negeri Jakarta

 

Referensi

Kepolisian Republik Indonesia. 2020. Perkembangan Jumlah Kendaraan bermotor khususnya mobil penumpang di Indonesia. https://www.bps.go.id/indicator/17/57/1/jumlah-kendaran-bermotor.hmtl

E. K. Antara, "Angka Kecelakaan Lalu Lintas Indonesia Termasuk Tinggi di ASEAN," tempo.co, 2017. https://nasional.tempo.co/read/1033993/angka- kecelakaan-lalu-lintas-indonesia-termasuk-tinggi-di-asean.

DWI, A. S. (2017). Studi Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Jalan di Indonesia Berdasarkan Data KNKT ( Komite Nasional Keselamatan Transportasi ) Dari Tahun 2007-2016 Nasional Keselamatan Transportasi ) Database from 2007-2016. Warta Penelitian Perhubungan, 29(2), 179-190.

Perdana, A. H. A. P., Tri, S., & Heri, R. (2019). Implementasi Sistem Deteksi

Mata Kantuk Berdasarkan Facial Landmarks Detection Menggunakan Metode Regression Trees. 1(1), 1-9.

Nur Ramadhani L. Q., Efri Suhartono, Suci Aulia, Sugondo Hadiyoso, Deteksi Kantuk pada Pengemudi Berdasarkan Penginderaan Wajah Menggunakan PCA dan SVM, Jurnal Rekayasa Elektrika., vol. 17, no. 2. hal. 129-136, 2021

Bagus Hartiansyah. (2019). Deteksi dan Identifikasi Kondisi Kantuk Pengendara Kendaraan Bermotor Menggunakan Eye Detection Analysis. Fakultas Teknologi Industri. Institut Teknologi Nasional Malang: Jalan Raya Karanglo km 2 Ma-lang, Indonesia.

Ekawati Pratiwi Poli, Arie S. M. Lumenta, Brave A. Sugiarso, Janny O, Wuwung, Deteksi Rasa Kantuk pada Pengendara Kendaraan Bermotor Berbasis Pengolahan Citra Digital. Jurusan Teknik Elektro-FT, UNSRAT: Manado-95115.

Wiyanti, W., 2017. Biar Tidak Terserang Microsleep Saat Mudik? Ini Saran Dokter. [Online] Tersedia di: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3539619/biar-tidak-terserang-microsleep-saat-mudik-ini-saran-dokter [Diakses: 15 Oktober 2022].

M. I. Jordan and T. M. Mitchell, “Machine learning: Trends, Perspectives, and Prospects,” vol. 349, no. 6245, 2015.

Ayon Dey, “Machine Learning Algorithms: A Review,” Int. J. Comput. Sci. Inf. Technol., vol. 7, no. 3, pp. 1174–1179, 2016, doi: 10.21275/ART20203995.

Unduhan

Diterbitkan

12/31/2024