Prototyping Monitoring Penggunaan Air dan Harga Bayar Berbasis IoT

Dini Fajriani, Akhmad Fauzi Ikhsan, Helfy Susilawati

Abstrak


Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting dalam kehidupan semua makhluk hidup, penggunaan debit air pada sebuah tempat belum dapat di minimalisir karena penggunaan air di setiap gedung/ kamar kost mengalami kenaikan ataupun penurunan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibutuhkan alat untuk memonitoring penggunaan air agar penghuni kamar kost dapat mengetahui pengeluaran air dan harga bayar yang terpakai. Pada penelitian ini dilakukan pengujian sensor ultrasonik, sensor waterflow, sensor arus, dan pengujian sistem aplikasi web. Hasil pengujian menunjukan pembacaan jarak sensor ultrasonik terhadap air menunjukan rata-rata error 1.42%, untuk pengujian sensor waterflow di dapat rata-rata error 0.4% , sensor arus menunjukan hasil rata-rata error 1.68%, hasil dari pengujian sistem aplikasi web menunjukan nilai perbulan untuk pengeluaran air dari setiap kran, niai pengeluaran air perhari, dan harga bayar perbulan yang di dapat dari akumulasi arus yang terpakai. Harga bayar dapat berubah sesuai pemakaian arus yang dipakai.

Kata Kunci


Air; sensor ultrasonik; sensor waterflow; sensor arus; harga bayar; aplikasi web

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


C. L. Saparingga, “Prototyping Pendeteksi Aliran Air Otomatis Pada Pompa Menggunakan Bluetooth Berbasis Arduino Uno,†Universitas Garut, Garut, 2019.

S. Y. Danang, “Tandon Air Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATMega16,†p. 9, 2012.

R. Syam, Dasar-dasar teknik sensor, Makassar: Universitas Hasanudin, 2013.

W. G. Ginting, “RANCANG BANGUN ALAT UKUR DEBIT AIR BERBASISMIKROKONTROLER ARDUINO UNO DENGANMENGGUNAKAN SENSOR YF-S201,†UNIVERSITAS SUMATERA UTARA, Medan, 2017.

A. Rofiq, “KONTROL OTOMATIS PENGISIAN MINUMAN PADA GELAS,†FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, Semarang, 2016.

Bima kurniawan, "RANCANG BANGUN SISTEM SMART POWER UNTUK MENGONTROL DAN MEMONITOR ENERGI LISTRIK BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)" ITN Malang, 2020.

Dickson "Teknik Elektronika", [Online]. Available: https:// teknikelektronika.com/pengertian-relay-fungsi-relay/. [Accesced Januari 2020].

Sirojuddin Jafar, "RANCANG BANGUN APLIKASI NFC PADA SMARTPHONE UNTUK ACCES PINTU DAN FASILITAS SERTA MEDIA PEMBAYARAN KAMAR KOST" ITN Malang, 2019.

Maulida, Rancang bangun Pengendalian Penerangan Rumah Menggunakan sms Berbasis Mikrokontroler ATMega8535" UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) 2013.

G.P Digdo, "SIMULASI ANCAMAN KEAMANAN PADA APLIKASI BERBASIS WEB", UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA

Gamelab I, "Pengertian Visual Studio Code", [Online]. Available: htpps:// www.gamelab.id/news/468-mengena-visual-studio-code/. [Accesced 14 maret 2021].

Y. K, "Pengertian MySQL, Fungsi, dan Cara Kerjanya," Niagahoster, 24 July 2019. [Online]. Available: https://www.niagahoster.co.id/blog/mysql-adalah/. [Accessed 23 Agustus 2021]




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jft.v2i1.1905

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Download Template.


Visitor.


FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS GARUT

Jalan Jati No. 42B Tarogong Kaler

Kab. Garut 44151

Jawabarat, Indonesia

telp. 0262-540007 fax. 0262-540181

email : jurnal.fuse@uniga.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015