Survei Parameter QoS pada Situs YouTube oleh Provider X dan Y

Fahmi Mohamad Iqbal, Akhmad Fauzi Ikhsan, Bambang Sugiarto

Abstrak


Perkembangan teknologi jaringan internet menyebabkan berkembangnya teknologi pengiriman media streaming video dan dengan melakukan survei pada situs website internet dengan menggunakan dua buah provider yang berbeda dalam beberapa minggu dengan waktu yang berbeda. Membandingkan kualitas jaringan 4G dengan standar QoS untuk membantu pengguna akhir menjadi lebih produktif dengan memastikan bahwa pengguna akhir mendapatkan kinerja yang andal dari aplikasi berbasis jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis QoS (Quality of Service) kualitas kerja streaming yang baik pada video streaming YouTube, yang dapat terlihat dari pengukuran throughput, packet lost, delay, dan juga jitter. Hasil perhitungan streaming jaringan internet dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi jaringan QoS adalah redaman, distorsi, kebisingan dan kapasitas bandwidth pada jaringan internet sehingga dapat memberikan network service yang lebih baik lagi dengan perbaikan dan pengembangan sistem dan infrastruktur jaringan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna layanan jaringan internet.


Kata Kunci


Quality of Service; delay; jitter; packet lost; throughput

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


R. Wulandari, “ANALISIS QoS (QUALITY OF SERVICE) PADA JARINGAN INTERNET (STUDI KASUS : UPT LOKA UJI TEKNIK PENAMBANGAN JAMPANG KULON – LIPI),†J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, 2016, doi: 10.28932/jutisi.v2i2.454.

Sharpe Richard., Warnicke Ed, “Wireshark User’s Guide for Wireshark 2.1.â€, Ulf Lamping. https://www.wireshark.org/docs/wsug_html_chunked/.

T Szigeti dan C Hattingh, “End-to-End QoS Network Design : Quality of Service in LANSs, WANs and VPNs". Cisco Press, Indianapolis, 2004.

FAGBOHUN O. O., “Comparative studies on 3G,4G and 5G wireless technology,†2014, doi: 10.9790/2834-0925133139.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jft.v1i1.1153

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Download Template.


Visitor.


FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS GARUT

Jalan Jati No. 42B Tarogong Kaler

Kab. Garut 44151

Jawabarat, Indonesia

telp. 0262-540007 fax. 0262-540181

email : jurnal.fuse@uniga.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015