Determinants of Generation Z Consumtive Behavior

Penulis

  • Reny Dany Merliyana Universitas Garut
  • Fitri Syakinah Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jwe.v23i3.3691

Kata Kunci:

Literasi Keuangan, Uang Saku, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif

Abstrak

 

This research on the consumptive behavior of Generation Z began with the author's interest in their financial management, especially students. The author wants to know how the understanding of financial literacy, the amount of pocket money, and the high lifestyle can affect the consumptive behavior of Generation Z. This research is urgent, because to find out the behavior of Generation Z in managing their finances and provide a good understanding through research results, so that they become wiser in managing their finances, do not behave consumptively and are motivated to save.  The author uses quantitative data through questionnaires on 254 respondents, using data analysis techniques tested with SPSS 29 software. The final result of the study is that Financial Literacy and Lifestyle have a positive and significant influence on Consumptive Behavior, while Pocket Money has no effect and is negatively correlated with Consumptive Behavior.

Biografi Penulis

Reny Dany Merliyana, Universitas Garut

Akuntansi S1, Fakultas Ekonomi

Referensi

A. Nooriah Mujahidah. (2020). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Penanganan (Studi Kasus Pada Satu Peserta Didik Di Smk Negeri 8 Makasar). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Penanganan, 1–18. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18970%0A

Amelia, S. (2020). Analisis Pola Perilaku Keuangan Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Berdasarkan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya Dengan Menggunakan Variabel Kontrol Diri Sebagai Variabel Intervening. JASS (Journal of Accounting for Sustainable Society), 1(3), 33–45.

Chairiah, R., & Siregar, Q. R. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Uang Saku Terhadap Perilakukonsumtif Dengan Self Control Sebagai Variabel Mediasi Padamahasiswa Universitas …. SOSEK: Jurnal Sosial Dan …, 3(2), 84–98. http://www.jurnal.bundamediagrup.co.id/index.php/sosek/article/view/286%0Ahttp://www.jurnal.bundamediagrup.co.id/index.php/sosek/article/viewFile/286/267

Fungky, T., Sari, T. P., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Gaya Hidup serta Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Pada Masa Pandemi (Studi Kasus Mahasiswa/i Manajemen Bisnis Syariah, UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2019). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1).

Garg, N., & Singh, S. (2018). Financial literacy among youth. International Journal of Social Economics (IJSE), 45(1), 173–186. https://doi.org/10.1108/IJSE-11-2016-0303

Gumilar, I. R., & Syakinah, F. (2021). Pengaruh Orang Tua terhadap Financial Attitude dan Financial Behavior serta Implikasinya pada Financial Decision Sebuah Aplikasi Structural Equation Modeling (SEM). Jurnal Wacana Ekonomi (JWE) Universitas Garut, 20(03), 129–139.

Jennyya, V., Pratiknjo, M. H., & Rumampuk, S. (2021). Gaya Hidup Hedonisme Di Kalangan Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Holistik, 14(3), 1–16. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/34482/32374

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2023). The Importance of Financial Literacy: Opening a New Field. Journal of Economic Perspectives, 37(4), 137–154.

Lutfiah, L., Basri, M., & Kuswanti, H. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Ppapk Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53456

Muhamad, N. (2023). Hal yang Menjadi Prioritas Hidup Para Responden Gen Z di Indonesia (2022). Memiliki Anak Jadi Prioritas Terakhir Bagi Gen Z Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/12/memiliki-anak-jadi-prioritas-terakhir-bagi-gen-z-indonesia

Mustomi, D., & Puspasari, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. CERMIN: Jurnal Penelitian, 4(1), 133. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i1.496

Nurmalia, G., Wulan, M. N., & Utamie, Z. R. (2024). Gaya Hidup Berbasis Digital Dan Perilaku Konsumtif Pada Gen Z Di Bandar Lampung: Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee. Jurnal Rekognisi Ekonomi Islam, 3(01), 22–32. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/jrei.v3i01.846

Nurulhilmia, S., Mulyadi, D., & Sandi, S. P. H. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Uang Saku terhadap Perilaku Konsumtif Cosplayer di Jabodetabek. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(5), 3622–3627.

Pohan, S. U., Nurlaila, & Inayah, N. (2023). Pengaruh Uang Saku, Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan Dan Teman Sebaya Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa Uin Sumatera Utara Medan. Adl Islam Ic Economic, 4, 45–64.

Praditha, E., Ismalia, K., Sanjaya, V. F., & Sc, M. (2022). Pengaruh Uang Saku Bulanan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Kost (Studi Kasus Pada Mahasiswa Kost Daerah Sukarame). Jurnal Ekonomi Regional Unimal, 30(03), 46–56. https://ojs.unimal.ac.id/ekonomi_regional/index

Prasetya, A. (2019). Hobi Sebagai Representasi Gaya Hidup. Computers in Human Behavior, 63(May), 9–57. http://dx.doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.008

Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 1–8. https://doi.org/10.5281/zenodo.1410873

Putri, N. A., & Lestari, D. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Tenaga Kerja Muda di Jakarta. AKURASI: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.36407/akurasi.v1i1.61

Rakhman, Y. A., & Pertiwi, T. K. (2023). Literasi Keuangan, Penggunaan E-Money, Kontrol Diri, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 560–575. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i1.6701

Rismayanti, & Oktapiani. (2020). Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. Nusantara Jorunal of Economics (NJE), 02 No.02(2019), 31–37.

Riswanto, A., Thursina, F., Nurlaila, R. Dela, & Kusuma, F. (2023). Analysis of Adolescent Consumptive Behavior: Determinants and Their Impact on Psychological Well-Being. West Science Social and Humanities Studies, 1(01), 1–9.

Stolper, O. A., & Walter, A. (2017). Financial literacy, financial advice, and financial behavior. Journal of Business Economics, 87, 581–643. https://doi.org/DOI 10.1007/s11573-017-0853-9

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wijaya, T., Darmawati, A., & Kuncoro, A. M. (2020). e-Lifestyle Confirmatory of Consumer Generation Z. International Journal of Advanced Computer Science and Applications (IJACSA), 11(10), 27–33.

Wufron, W., Susilawati, W., Ramdhani, R. A., & Hadita, A. (2023). The Financial Inclusion of the Garut District Society is Analyzed through Financial Literacy and the Use of Fintech. Jurnal Wacana Ekonomi (JWE) Universitas Garut, 22(03), 292–302.

Yahya, A. (2021). Determinan Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 37. https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.506

Zigi.id. (2021). Perilaku Keuangan Generasi Z dan Y. In PT Katadata Indonesia (Issue September). https://cdn1.katadata.co.id/media/microsites/zigi/perilakukeuangan/file/KIC- ZIGI_ Survei Perilaku Keuangan 130122.pdf

Diterbitkan

2024-10-29

Terbitan

Bagian

Jurnal Wacana Ekonomi