Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Samsat Kabupaten Garut
DOI:
https://doi.org/10.52434/jwe.v17i2.342Abstrak
The purpose of this study is to determine the awareness of taxpayers, quality of tax services and taxpayer compliance and to examine the effect of taxpayer awareness and quality of tax services on motor vehicle taxpayer compliance at the SAMSAT Office of Garut Regency. The method used in this research is descriptive method. The data collection technique uses library research and field research by means of interviews and distributing questionnaires in the form of questionnaires distributed to respondents, namely motor vehicle taxpayers. The type of data used is quantitative data, with primary data sources. The data processing technique uses multiple linear regression analysis with a significant level of research results (error value) of 5%. Based on the results of the study partially shows that taxpayer awareness affects taxpayer compliance, and the quality of tax services. While the results of the research simultaneously show that taxpayer awareness and quality of tax services have an effect on motor vehicle taxpayer compliance.
Referensi
Akdon dan Ridwan. (2013). Rumus dan Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Anggraeni, Dini. (2016). Kontribusi Pajak Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah Tahun 2010 dan 2011 (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Sleman). Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Arikunto, Suharsini. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dharma, Esa Gede Pani dan Ketut Alit Suardana. (2014).â€Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan pada Kepatuhan Wajib Pajakâ€. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BP UNDIP.
Gunadi. (2013). Pajak Internasional. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Hardiningsih, Pancawati. (2013). Faktor;-Faktor yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak. Dinamika Keuangan dan Perbankan.
Ilmi, Widya. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor SAMSAT Kota Bandung Tengah.
Kemala, Winda. (2015). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sikap Wajib Pajak Dan Reformasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.
Kotler, Philip. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Mardiasmo, (2016). Perpajakan. Edisi Revisi 2016, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Mardiasmo, (2017). Perpajakan. Edisi Revisi 2017, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Narimawati, Umi. 2010. Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit Genesis.
Nasution. (2012). Perpajakan. Jakarta: Bumi Aksara.
Pranata,Tekeu, (2015). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Denda Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Bukittinggi.
Putri, Mutia. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama Palembang Seberang Ulu.
Randhi Adisatria, (2015). Pengaruh Penagihan Pajak dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi. Jurnal Ekonomi Bisnis.
Resmi, Siti (2016). Perpajakan: Teori dan Kasus. Edisi 9, Jakarta: Salemba Empat.
Resmi, Siti (2017). Perpajakan: Teori dan Kasus. Edisi 7, Jakarta: Salemba Empat.
Rahayu, Siti. (2013). Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sundah, Evan W dan Toly, Agus A. (2014). Pengaruh Kemudahan Sistem Self Assesment, Sosialisasi Sistem Perpajakan, dan Pelayanan Kantor Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kabupaten Tulungagung.
Supadmi, Ni Luh. (2014). Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan. Jurnal Akuntansi & Bisnis.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumarsan, Thomas. (2017). Perpajakan Indonesia Edisi 5. Jakarta: PT Indeks Permata Putri Media
Susanto, Herry. (2012). Kesadaran Wajib Pajak dan Kepedulian Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.
Susilawati, Evi Ketut. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, Bali.
Ummah, Muslikhatul. (2015). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Pengetahuan Perpajakan dan Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Semarang.
Utami, Christina Widhya.2013. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.
Waluyo. (2017). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
http://eprints.mdp.ac.id/1975/1/Jurnal%202011210066.pdf
http://eprints.uny.ac.id/33437/1/SKRIPSI%20PERTIWI%20KUNDALINI%20-%2014812147011.pdf
http://eprints.uny.ac.id/16125/1/TA%20OKE.pdf
http://eprints.uny.ac.id/33437/1/SKRIPSI%20PERTIWI%20KUNDALINI%20-%2014812147011.pdf