Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Perusahaan Distro di Kabupaten Garut

Penulis

  • Kurnaeli Kurnaeli Universitas Garut
  • Deri Alan Kurniawan Universitas Garut
  • Ihsan Fathoni Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jwe.v21i2.1837

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dan  kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada perusahaan distro di Kabupaten Garut. Metode yang diaplikasikan adalah metode deskriptif untuk mengetahui kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepuasan pelanggan pada perusahaan distro di Kabupaten Garut dan metode kausal untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Responden yang terlibat adalah pelanggan perusahaan distro. Data yang dinyatakan handal digunakan untuk menguji hipotesis dan dianalisis dengan regression multiplier. Hasil penelitian menjelaskan kualitas pelayanan pada perusahaan distro di Kabupaten Garut masih kurang baik, berarti pelayanan belum sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Kualitas produk tergolong kriteria baik, artinya kualitas produk telah memenuhi harapan pelanggan. Kepuasan pelanggan menunjukan Kurang baik artinya perasaan yang dimiliki oleh pelanggan distro kurang berkesan atau puas terhadap pelayanan yang diberikan. Terdapat pengaruh kualitas pelayanan  terhadap kepauasan dengan dengan tingkat hubungan kategori tinggi. Terdapat pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan dengan tingkat hubungan kategori tinggi

Diterbitkan

2022-05-21

Terbitan

Bagian

Jurnal Wacana Ekonomi