Analisis Kepercayaan Merek Online, Keterikatan dan Ekuitas Merek terhadap Keputusan Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.52434/jwe.v21i1.1763Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kepercayaan merek online, keterikatan dan ekuitas merek terhadap pengambilan keputusan konsumen. Variabel eksogen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepercayaan merek online, keterikatan merek dan ekuitas merek, sedangkan variabel endogen dalam penelitian ini adalah keputusan konsumen Untuk penelitian ini dilakukan di marketplace Shopee. Metode pengumpulan data dilakukan dengan survei kuesioner, teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis jalur, dengan bantuan software SPSS 26. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 120 responden. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen e-commerce shopee generasi Z. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa variabel kepercayaan merek online, keterikatan merek dan ekuitas merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan konsumen. Variabel kepercayaan merek online berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan konsumen, variabel keterikatan merek berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan konsumen, dan variabel ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan konsumen. Variabel kepercayaan merek online tidak berpengaruh langsung terhadap pengambilan keputusan konsumen, sedangkan variabel keterikatan merek dan ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan konsumen.