Analisis Kepercayaan Merek Online, Keterikatan dan Ekuitas Merek terhadap Keputusan Konsumen

Candra Rini Indrianti, Hilmi Aulawi, Acep Abdul Basit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kepercayaan merek online, keterikatan dan ekuitas merek terhadap pengambilan keputusan konsumen. Variabel eksogen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepercayaan merek online, keterikatan merek dan ekuitas merek, sedangkan variabel endogen dalam penelitian ini adalah keputusan konsumen Untuk penelitian ini dilakukan di marketplace Shopee. Metode pengumpulan data dilakukan dengan survei kuesioner, teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis jalur, dengan bantuan software SPSS 26. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 120 responden. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen e-commerce shopee generasi Z. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa variabel kepercayaan merek online, keterikatan merek dan ekuitas merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan konsumen. Variabel kepercayaan merek online berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan konsumen, variabel keterikatan merek berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan konsumen, dan variabel ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan konsumen. Variabel kepercayaan merek online tidak berpengaruh langsung terhadap pengambilan keputusan konsumen, sedangkan variabel keterikatan merek dan ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan konsumen.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jwe.v21i1.1763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Economics, Garut University

Samarang Street. Number. 52.A Tarogong kaler - Garut West Java 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jwe@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id

Hotline Jurnal Fakultas Ekonomi : 0821-1770-5966

Lisensi Creative Commons
Jurnal Wacana Ekonomi is an Online Journal of the Faculty of Economics: Scientific Creations and published Research Results Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Download Template :

Visitors :

View My Stats

EISSN/PISSN:

Indexed by:

            

Supported by:

   

Tools :

 

Collaboration :

                

Copyright ©journal.uniga.ac.id 2015