Monitoring dan Evaluasi Program “Surabaya Single Window” sebagai Bentuk Electronic Government di Kota Surabaya

Cintantya Andhita Dara Kirana

Abstrak


Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang dengan pesat mempengaruhi birokrasi untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu sarana meningkatkan kinerja sebagai pelayan publik. Salah satu prakteknya bisa ditemui di Kota Surabaya melalui pelayanan perijinan baru bernama Surabaya Single Window (SSW). Surabaya Single Window (SSW) merupakan salah satu langkah yang diambil Pemerintah Kota Surabaya dalam rangka pelaksanaan e-Government dalam melakukan layanan pengurusan perizinan pemerintah Kota Surabaya yang terintegrasi secara on-line. Dalam pelaksanaan Surabaya Single Window (SSW) dibutuhkan adanya monitoring dan evaluasi program sebagai bentuk pengendalian agar Surabaya Single Window (SSW) dapat berjalan sesuai dengan tujuan dari adanya program tersebut. Metode yang digunakan dalam monitoring dan evaluasi adalah metode CIPP (Context, Input, Process, Product).

Kata Kunci: Monitoring, Evaluasi, SSW, Electronic Government.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsini. (2004). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta.

Chelimsky, Elanor. (1989). Program Evaluation: Pattern and Directions, 2nd Edition. Washington, DC; American Society for Public Administration.

Situs SSW Kota Surabaya. Diakses melalui: http://ssw.surabaya.go.id/

Situs Bapelitbang. http://bappelitbang.minutkab.go.id/studi-komparasi-e-government-di-bappeko-surabaya/ diakses tanggal 11 Mei 2016 pukul 13.05 WIB


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.