Pengaruh Pelaksanaan Program Layanan Statistik terhadap Kinerja Pelayanan Data dalam Mewujudkan Kepuasan Pelanggan

Firman Hadian

Abstrak


Abstrak. Tujuan penulisan artikel ini adalah membahas tentang pengaruh pelaksanaan program layanan statistik terhadap kinerja pelayanan dalam mewujudkan kepuasan pelanggan (studi kasus pada BPS Kabupaten Garut). Metoda analisis yang digunakan dalam pembahasan topik utama menggunakan model analisis causal effectual dengan meninjau hubungan rasional yang menganalisa hubungan sebab akibat antara pelaksanaan program layanan statistik terhadap kinerja pelayanan data dalam mewujudkan kepuasan pelanggan. Lokasi penelitian adalah, Badan Pusat Statistik Kabupaten Garut dengan jumlah responden sebanyak 42 orang. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel intervening dan variabel dependen. pelaksanaan program layanan statistik berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pelayanan data dalam mewujudkan kepuasan pelanggan, pelaksanaan program layanan statistik berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pelayanan data, pelaksanaan program layanan statistik berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kinerja pelayanan data berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Artikel ini berkesimpulan bahwa untuk mewujudkan kepuasan pelanggan dan kinerja pelayanan secara optimal dapat dilakukan dengan meningkatkan pelaksanaan program layanan statistik.

Kata kunci: pelaksanaan program layanan statistik, kinerja pelayanan, kepuasan pelanggan

Teks Lengkap:

Download (Pdf)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
.

Copyright © journal.uiga.ac.id 2016