LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING PADA PRODUK SOPHIE PARIS

Dina Widianti, Dodi Angga Nugraha

Abstrak


Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat loyalitas melalui konsep CRM, menganalisis hubungan karakteristik responden dan menganalisis pengaruh konsep CRM terhadap loyalitas. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori pertukaran sosial yang menyatakan bahwa dorongan utama dalam hubungan interpersonal adalah kepuasan dari kepentingan pribadi-pribadi yang terlibat. Pertukaran interpersonal dianggap mirip dengan pertukaran ekonomis dimana orang merasa puas ketika mereka menerima kembalian yang sesuai untuk pengeluaran mereka. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah responden 95 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapat responden pada pernyataan loyalitas nilai rataan skor sebesar 4,11 (loyal) dengan rataan skor attraction sebesar 4,34 (loyal), retention sebesar 4,07 (loyal), enchancement sebesar 4,13 (loyal). hasil uji regresi linier sederhana digunakan untuk melihat pengaruh signifikan CRM (X) terhadap loyalitas (Y), maka F hitung = 18,664 dengan nilai Sig, = 0,000, dapat diambil kesimpulan bahwa metode attraction (daya tarik) mempengaruhi loyalitas 50,4 %, retention sebesar 10,5 % dan enchancement sebesar 9%. Tabulasi CRM (attraction, retention, enchancement) dengan loyalitas: Pertama, Repeat buyer: 5 responden (tidak setuju) 7 responden (kurang setuju) 59 responden (setuju) dan 24 responden (sangat setuju) pada daya tarik, penjagaan dan peningkatan hubungan dalam melakukan pembelian ulang. Kedua, Purchasses accross produck and service line: 11 responden (kurang setuju) 55 responden (setuju) 29 responden (sangat setuju) pada daya tarik, penjagaan dan peningkatan hubungan dalam melakukan pembelian antar lini produk atau jasa.

Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan; Customer Relationship Marketing; Shopie Paris

Abstract

This study aims to determine the level of loyalty through the CRM concept, analyze the relationship of the characteristics of respondents and analyze the effect of the CRM concept on loyalty. The theory used in this study is social exchange theory which states that the main impetus in interpersonal relations is satisfaction from the interests of the individuals involved. Interpersonal exchanges are considered to be similar to economic exchanges where people are satisfied when they receive changes that are appropriate for their expenses. The research method used is a quantitative approach, with 95 respondents. The results showed that the opinions of respondents on the loyalty statement average score of 4.11 (loyal) with an average attraction score of 4.34 (loyal), retention of 4.07 (loyal), enchancement of 4.13 (loyal). the results of simple linear regression test are used to see the significant effect of CRM (X) on loyalty (Y), then F count = 18,664 with the value Sig, = 0,000, it can be concluded that the attraction method affects loyalty 50.4%, retention by 10.5% and enchancement by 9%. Tabulation of CRM (attraction, retention, enhancement) with loyalty: First, Repeat buyer: 5 respondents (disagree) 7 respondents (disagree) 59 respondents (agree) and 24 respondents (strongly agree) on attractiveness, guarding and improving relationships in make a repeat purchase. Second, Purchasses accross produck and service line: 11 respondents (disagree) 55 respondents (agree) 29 respondents (strongly agree) on attractiveness, guarding and improving relationships in making purchases between product lines or services.

Keywords: Customer Loyalty; Customer Relationship Marketing; Shopie Paris

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Bordens, Kenneth S and Bruce B. Abbot. (2002). Research Design and Methods: A Process Approach. Fifth edition. Boston: McGraw-Hill Companies, Inc.

Hasan, Ali. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Cetakan ke–2. Yogyakarta: Penerbit CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Horvath, Theodore. (1985). Basic Statistics for Behavioral Science. Boston: Little, Brown and Company.

Koentjaraningrat (penyunting). 1981. Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta, Gramedia.

Liliweri, Alo. (1997). Komunikasi Antarpribadi. Penerbit PT. Citra Aditya Bakti. Bandung.

Lin, Nan. (1976). Foundation of Social Research. New York: MacGraw-Hill Book Company.

Nachmias, David and Chava Nachmias. (1987). Research Methods in the Social Sciences. Third Edition. New York: St. Martin’s Press.

Neuman, W. Lawrence. (2000). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approach, 4th ed. Boston: Allyn & Bacon.

Mayer, Robert R and Emest Greenwood. (1984). Rancangan Penelitian Kebijakan Sosial. Jakarta: Rajawali

Miles, Matthew B and A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif, terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI-Press

O’Sullivan, Elizabethann dan Gary R. Rassel. (1989). Research Methods for Public Administrators. New York: Longman

Purnomo, Singgih. (2014). SKRIPSI Koefisien Korelasi Phi dan Koefisien Korelasi Cramer’s V. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Yogyakarta.

Ruseffendi. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung. Edisi Revisi.

Salim dan Salim, 1991. Peneliti Umum Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.

Sekaran, Uma. (1992). Research Methods for Business: A Skill Building Approach, Second edition, New York: John Wiley & Sons, Inc.

Silalahi, Ulber. (2012). Metode Penelitian Sosial. Cetakan ke – 3. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. (2015). Statistik Untuk Penelitian. Penerbit: Alfabeta. Bandung.

Suminar, J, R. (2014). Komunikasi Antarpribadi. UNPAD Press: UPT e-learning Unpad.

Supratiknya, A. 1995. Tinjauan Psikologis – Komunikasi Antarpribadi. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Turner, L.H. and West, R. (2007). Terjemahan oleh Maria, N. D. M. 2008. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Penerbit: Salemba Humanika. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i1.591

DOI (Download PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i1.591.g569

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836
E-ISSN : 2580-538X

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 544-217

Email : fikom@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015