GAYA PEMIMPIN CORPORATE COMMUNICATIONS PT. BIO FARMA

Veny Purba, Ade Hikayat

Abstrak


Abstrak

Penelitian ini mengemukakan tentang bagaimana gaya pemimpin divisi Corporate Communications PT Bio Farma dalam membangun hubungan internal. Hubungan ini dibangun oleh gaya kepemimpinan transpormasional. Informan penelitian ini sebanyak 4 orang dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Metode yang digunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif adapun teori yang digunakan yaitu manajemen relasi dari Ledingham yaitu Pemimpin corporate communications PT Bio Farma memiliki tujuan untuk membangun komunikasi yang efektif agar terciptanya hubungan kekeluargaan yang erat antara pemimpin dengan staffnya. Pemimpin corporate communications PT Bio Farma memiliki kemampuan komunikasi pribadi yang baik dalam menumbuhkan kreativitas, motivasi dan inovasi kepada staff karyawannya. Hasil penelitian ini adalah gaya kepemimpinan transpormasional dengan empat dimensi yaitu: karisma, stimulasi intelektual, perhatian individu dan motivasi inspirasional.

Kata Kunci: Gaya, Kepemimpinan, Transpormasional, Hubungan Internal

Abstract

This research describes how the leader of Corporate Communications division of PT Bio Farma in building internal relations. This relationship is built on a transpormational leadership style. Informant of this research as much 4 people with technique of collecting data of interview and observation. The method used by case study with qualitative approach as the theory used is relationship management from Ledingham namely Leader corporate communications PT Bio Farma has a goal to build effective communication in order to create a close familial relationship between the leader and his staff. Corporate communications leader PT Bio Farma has good personal communication skills in fostering creativity, motivation and innovation to its employees. The results of this study are transpormational leadership style with four dimensions: charisma, intellectual stimulation, individual attention and inspirational motivation.

Keywords: Style; Leadership Transformational;, Internal Relations

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Cutlip, Center, and, Broom. 2009. Effective Public Relations-edisi kesembilan. Jakarta: Kencana.

Devito, Joseph. A. 2011. Komunikasi Antar Manusia Edisi Kelima. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group. Hlm. 58.

Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu, Ed. Pertama.

______________. 2013. Be A Good Communicator. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, hal. 29.

Ismail, Nawawi. 2010. Prilaku Organisasi. Jakarta: Dwi Putra Pustaka Jaya, hal. 265.

John M, Ivan Cevich, Robert Konopaske, Michael T. Matteson. 2005. Perilaku dan Manajemen Orgnisasi. Jakarta: Erlangga, hal. 194.

Kriyantono, R. (2014). Teori public relations perspektif barat & lokal: aplikasi penelitian dan praktik. Jakarta: Kencana.

Lensufiie, T. (2010). Leadership untuk profesional dan mahasiswa. Jakarta: Erlangga.

Rahmat. Jalaluddin. 2004. Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. hal.118

Sobur, Alex. 2004. Analisis Teks Media, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. hal.6.

Prajogo, W. (2003). Pengaruh kepemimpinan transaksional-transformasional. Jakarta: Kinerja 7 (2), 79- 149

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo. Hal. 33

Winangsih, Rahmi, &, Sihabudin, Ahmad. 2012. Komunikasi Antar Manusia. Serang: Pustaka Getoktular. Hlm: 114




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v3i2.568

DOI (Download PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v3i2.568.g547

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836
E-ISSN : 2580-538X

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 544-217

Email : fikom@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015