PENGARUH PROMOSI PENJUALAN PAKAIAN DI GROUPBLACKBERRY MESSENGER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

Irfan Yusup Hardiansyah, Ummu Salamah, Rosanti Utami Dewi

Abstrak


Abstrak
Latar belakang masalah ini adalah kompleksitasnya penggunaan sosial media dalam komunikasi pemasaran. Seiring dengan semakin majunya teknologi dalam berkomunikasi, saat ini dikenal adanya social network di mana chatting (obrolan) menjadi salah satu pilihan cara berkomunikasi. Hal ini, pula yang membuat komunikasi menjadi lebih bervariatif sehingga banyak orang mencoba untuk memanfaatkannya dalam bidang lain seperti promosi penjualan melalui media massa seperti internet dan handphone. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi penjualan pakaian di group blackberry messenger terhadap minat beli konsumen, mengetahui seberapa besar pengaruh diskon, undian dan kemasan harga khusus terhadap minat beli konsumen di group blackberry messenger. Metode penelitian yang digunakan adalah survei eksplanatif untuk meneliti hubungan antar variabel dan menguji hipotesis, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu, kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Onlineshop “Sucker Olshop”, Teknik sampling yang digunakan adalah sampling Purposif (Purposive Sampling). Hasil penelitian berdasarkan hasil regresi linear sederhana menunjukkan bahwa promosi penjualan pakaian terhadap minat beli konsumen didapatkan nilai korelasi R = 0.720, sedangkan nilai koefisian determinasi R² = 0,519. Sehingga dapat disumpulkan bahwa 51,9% promosi penjualan pakaian berpengaruh terhadap minat beli dan dimana 48,1 % dipengaruhi oleh faktor lain. Pada standardized coefficient beta diketahui angka 0.016, angka ini menunjukkan tingkat korelasi antara promosi penjualan pakaian melalui diskon terhadap minat beli konsumen, sehingga dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil uji diatas didapat Thitung= ,0,090 sedang Ttabel = 2,032 dengan demikian Thitung < Ttabel artinya Ho = diterima dan Ha = ditolak. Sedangkan yang kedua didapat Thitung= 3,100 sedang Ttabel= 2,032. Dengan demikian, Thitung >Ttabel artinya Ho dan Ha diterima ada pengaruh promosi penjualan melalui undian terhadap minat beli konsumen dan yang ketiga didapat Thitung= 2,651, sedang Ttabel = 2,032 dengan demikian Thitung > Ttabel artinya Ho dan Ha diterima ada pengaruh promosi penjualan melalui kemasan harga khusus dan paket harga terhadap minat belikonsumen.

Kata Kunci: Promosi penjualan; Groupblackberry Messenger; Minat Beli; Konsumen
Abstract
The background of this problem is the complexity of the use of social media in marketing communications. Along with the rapid advancement in communication technology, today recognized the social network in which chat (chat) became one of the means of communication. This also makes communication more varied, so many people trying to use it in other areas such as sales promotion through mass media such as the internet and mobile phones. The purpose of this study was to determine how much influence in the group clothing sales promotions blackberry messenger on consumer buying interest, determine how much influence discounts, sweepstakes and special pricing package on consumer buying interest in the group blackberry messenger. The method used is an explanatory survey to examine the relationship between variables and test the hypothesis, the approach used in this study is a quantitative approach to data collection techniques, namely, questionnaires, interviews and documentation study. The subjects were Onlineshop "Sucker Olshop" Sampling technique used is purposive sampling (purposive sampling).The results based on simple linear regression results show that clothing sales promotions on consumer buying interest obtained correlation values R = 0720, while the value of the coefficients of determination R ² = 0.519. So it can disumpulkan that 51.9% of clothing sales promotions affect the purchase interest and where 48.1% are influenced by other factors. On standardized coefficient beta unknown number 0016, this figure shows the degree of correlation between promotional apparel sales through discounts on consumer buying interest, resulting from hypothesis testing can be concluded that the test results above obtained Thitung =, 0.090 being Ttabel = 2.032 thus Thitung Ttabel means that Ho and Ha accepted the influence of sales promotion by lottery on consumer buying interest and the third obtained Thitung = 2.651, being Ttabel = 2.032 thus Thitung> Ttabel means that Ho and Ha accepted the influence of sales promotion through the pack special price and the package price to interest belikonsumen.

Keywords: Sales Promotion; Groupblackberry Messenger; Interests Buy; Consumer

Teks Lengkap:

Download PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v2i1.550

DOI (Download PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v2i1.550.g529

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836
E-ISSN : 2580-538X

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 544-217

Email : fikom@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015