PENGARUH TERPAAN PROGRAM TELEVISI “LENSA OLAHRAGA PAGI ANTV†TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN KOGNITIF PENONTON

Hanny Latifah

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh terpaan program televisi Lensa Olahraga Pagi ANTV terhadap pemenuhan kebutuhan kognitif penonton. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu suatu bentuk penelitian berdasarkan data yang dikumpulkan selama penelitian secara sistematis mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat dari obyek yang diteliti dengan menggabungkan hubungan antar variabel yang terlibat didalamnya dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data dengan jumlah 51 orang. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification. Berdasarkan hasil analisa data Regresi Linier, diperoleh hasil F hitung yang lebih besar dari pada F tabel (distribusi F- Scenedor ) , yaitu Fhitung = 20,134 sedangkan Ftabel = 1,48. Hal ini berdasarkan kriteria pengujian statistik menunjukan secara signifikan. Variabel intensitas penonton program televisi “Lensa Olah Raga Pagi†di ANTV (X1) dan macam isi program televisi “Lensa Olah Raga Pagi†di ANTV (X2) serta serta individu konsumen media dengan isi program televisi “Lensa Olah Raga Pagi†di ANTV (X3) memberikan pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap terhadap variabel pemenuhan kebutuhan kognitif akan informasi sepakbola dunia di Komunitas Viking Universitas Garut (Y). Signifikansi nilai hasil pengujian di atas, didukung pula oleh koefisien determinasi R2Y(X1X2X3) sebesar 0.562. karena nilai rs berada pada interval 0,00-0,99 yaitu 0,562, sedangkan sisanya sebesar 43,80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata kunci: Terpaan Program Televisi; Lensa Olahraga Pagi ANTV, Pemenuhan Kebutuhan Kognitif

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Ardianto, Elvinaro & Erdinaya, Lukiati Komala. 2004. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media.

Cangara, Hafield. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.

______________ . 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Effendy, Onong Uchjana, 1993. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

____________________, 2000. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek: Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana. 2002. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis, Cetakan Keenam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

_______________________. 2003. Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

_____________________. 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung : Remaja RosdaKarya.

Hamzah dan Nina Lumatenggo. 2010. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hidayat, Dedy Nur. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kadir, Abdul. 2002. Pengenalan system informasi. Yogyakarta : Andi.

Kuswandi, Wawan 1996. Komunikasi Massa: Sebuah Analisis Media Televisi. Rhineka Cipta, Jakarta.

Komala, Lukiati. 2009. Ilmu Komunikasi. Bandung : Widya Padjadjaran.

Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

McQuail, Dennis, 1994. Pengantar Teori Massa. Jakarta: Erlangga.

Morissan, M.A. 2010. Jurnalistik Televisi Mutakhir. Jakarta : Kencana

____________. 2010. Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Ghalia Indonesia Nurudin, 2003. Komunikasi Massa, Malang: CESPUR.

_____________. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi Massa. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Rakhmat. J, 1994. Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yusuf, Pawit M. 1995. Pedoman Praktis Mencari Informasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v1i1.541

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v1i1.541.g519

Refbacks





ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015