REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN TELEVISI

Heri Hendrawan, Firda Nurfajrin

Abstrak


Abstrak
Iklan televisi merupakan media yang dapat mempengaruhi khalayak yang menyaksikan tayangannya. Iklan makanan dan minuman untuk kecantikan dalam televisi kian banyak diminati oleh masyarakat luas, sehingga iklan tersebut disajikan secara kreatif. Iklan WRP versi “Limited Edition” merupakan iklan yang banyak mengangkat representasi citra perempuan di dalamnya. Iklan WRP versi “Limited Edition” memiliki pandangan tentang penanda seorang perempuan ideal dan penanda perempuan tidak ideal. Penanda perempuan ideal adalah perempuan yang memiliki paras cantik, berkulit putih, tinggi, langsing, berambut lurus, sehat, dan sebagainya. Petanda perempuan ideal dianggap sebagai sesuatu yang positif karena memiliki penampilan menarik sehingga menjadi pusat perhatian bagi semua orang dan itulah yang membuat perempuan merasa bahagia. Sedangkan penanda seorang perempuan tidak ideal adalah perempuan yang memiliki banyak masalah, tidak sehat, tidak dapat berpenampilan menarik. Sehingga perempuan tidak ideal dianggap sebagai sesuatu yang negatif.

Kata kunci: Representasi; Citra Perempuan; Semiotika Roland Barthes; Iklan Televisi WRP versi Limited Editon

Abstract
Television’s advertisement is a mass media which can be influence the public who watch the representation. Food and beverage advertisement for beauty in television more interested by society at large, so the advertisement served by creative method. This result of the research find that WRP advertisement limited edition version is an advertisement that more raise an image of woman representation inside. Some images, association image, figure image. in this advertisement have a view point about indication an ideal woman and non- ideal woman. Indication an ideal woman are woman who has a beautiful face, has a white skin, tall, slim, has a straight hair, health, etc. indication of ideal woman considered as something positive because they have an interesting appearance, so they become a central attention for all people and that is make the woman feels happy. While indication non-ideal woman, woman who has many problem, does not health, does not have an interesting appearance etc. That thing makes a non-ideal woman considered as something negative.
Keyword: Representation; Woman’s Image; Roland Barthes’s Semiotics; WRP television’s advertisement Limited Edition Version

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Daftar Pustaka Buku

Ardiyanto, Elvinaro. 2013. Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Buchari, Alma. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : Universitas Airlangga.

Evans, Dave, 2008. Social Media Marketing An Hour A Day, Wiley Publishing, Inc : Canada

Flew, Terry .2005. New Media : an Introduction. New York : Oxford University Press.

Mardina Wati dan A.R Rizky 5 jam menjadi terkenal lewat facebook ( Bandung: CV Andi Offset , 2009 ) hal 1-3

Jurnal Penelitian

Paramitha, Cindy Rizal Putri, 2011. “Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan dalam Bidang Kuliner”. Thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Dipenogoro.

Alice E. Marwick, 2010. Status Update: Celebrity, Publicity and Self-Branding in Web 2.0. Disertation. Doctor Of Philosophy, Steinhardt School of Culture, Education, and Human Development New York University




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/jk.v1i2.534

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.1234/jk.v1i2.534.g512

Refbacks





PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 544-217

Email : fikom@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015