KONSTRUKSI MAKNA MEDIA SOSIAL PATH BAGI PENGGUNA

Zikri Fachrul Nurhadi, Tommy Ismail R M

Abstrak


Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penggunaan Media Sosial Path dikalangan pengguna modern khusunya dikalangan mahasiswa menjadikan Media Sosial Path sebagai Media Sosial saat ini tengah sangat populer. Populernya Media Sosial Path tidak lepas dari tema jurnal digital yang diusung oleh Media Sosial Path sehingga memungkinkan penggunanya untuk terus menampilkan diri. Keeksklusifan dan privasi yang dihadirkan di dalam Media Sosial Path juga menjadi daya tarik tersendiri terhadap penggunaan media sosial ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengalaman pengguna Path dalam menggunakan media social Path sebagai media social untuk berkomunikasi dan berinteraksi di dalam dunia social virtual, bagaimana motif yang terjadi di dalam media social ini bagi pengguna dan bagaimana mereka memaknainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi dengan tujuan mengoptimalkan subjek dalam memaknai pengalaman hidupnya. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang menggunakan media social Path dalam satu atau dua tahun belakangan dan aktif menggunakannya hingga penelitian ini dibuat. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa informan memiliki beragam pemaknaan mengenai media social Path seperti buku diari, sumber hiburan, eksistensi, aktualisasi diri, tempat bersosialisasi, iklan dan terlebih lagi sebagai media komunikasi non formal untuk mendapatkan informasi personal mengenai seseorang dan menjaga hubungan satu sama lain.

Kata kunci: Konstruksi Makna; Media Sosial Path; Fenomenologi; Interaksi Simbolik

Abstract

The research is widespread use of Social Media Path among modern users especially among students make the Social Media as Social Media Path is currently very popular. The popularity of Social Media Path can not be separated from the theme of digital journals promoted by the Social Media Path allowing users to continue to present themselves. Exclusiveness and privacy are presented in the Social Media Path also be the main attraction on the use of social media. This study aims to determine how the user experience Path in using social media as a medium to communicate and interact in a virtual social word, how motif that occurs within social media for users and how they interpret it. This study uses qualitative research with phenomenological approach with the aim of optimizing the subject of understanding his life experiences. The subjects were students who use the social media path within one or two years of active use until recently and this research was made. Based on the results of the study found that the infortant has a variety of meanings about social media path like a diary, a source of entertainment, existence, self-actualization, a plece to socialize, advertesing, and moreever as a medium of communication is non-formal to obtain personal information about a person and maintain a relationship with one another.

Keyword: Construction Meaning; Social Media Path; Phenomenology; Symbolic Interaction

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Buku

Bungin, Burhan. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Mondry. 2008. Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Van Dijk, J. 2006. The Network Society, second edition. London, SAGEPublications.

Zarrella, Dan. 2010. The Social Media Marketing Book. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Internet

http:/id.wikipedia.org/wiki/path 25 Maret 2015 Pukul 14.00 wib.http://id.wikipedia.org/wiki/media_sosial 04 April 2015 Pukul 08.00 wib.




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v1i2.532

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v1i2.532.g510

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836
E-ISSN : 2580-538X

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 544-217

Email : fikom@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015