MAKNA BISNIS ONLINE BAGI PENGUSAHA MUDA

Achmad Wildan Kurniawan, Arie Mukti Wibowo

Abstrak


Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena pergeseran penggunaan media telekomunikasi dan internet yang tidak hanya digunakan sebagai alat pertukaran informasi saja. Salah satu dari aplikasi media internet ini yang memuat konsep global vilage adalah Media Sosial. Penggunaan media sosial yang dijadikan alat strategi untuk berbisnis online oleh pembisnis pemula kini kian merebak di kalangan muda-mudi di Kabupaten Garut dalam memulai atau meniti bisnisnya sembari mengemban pendidikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menumukan motif, makna dan pengalaman komunikasi pengusaha muda dalam membangun bisnis online melalui media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif pengusaha muda melakukan bisnis online karena bisnis konvensional kian sepi pengunjung dan bisnis online dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli dari berbagai daerah. Pengusaha muda dalam penelitian ini memaknai bisnis online sebagai bisnis yang dilandaskan asas kepercayaan antara pelaku bisnis. Sebagai “guru yang baik” para pengusaha muda mempunyai pengalaman komunikasi yang positif dan negatif dalam kegiatan bisnis online yang mencakup khalayak lebih luas dan juga sering dianggap online shop penipu.
Kata Kunci: Makna; Bisnis Online; Pengusaha Muda; Fenomenologi
Abstract
The research is motivated phenomenon shift in the use of telecommunication media and the internet are not only used as a means of information exchange only.One of these internet media application that includes a global vilage concept is social media. The use of social media as a tool for business strategy by novice businessman at Garut discrict. As for the purpose of this research was to find a motive, meaning and the communication experience of young entrepreneurs in starting their e-business. The results of this study indicate that the motive for young entrepreneurs to do e-business because conventional business increasingly empty and e-business can reach more potential buyer. The young entrepreneur then interpret it as a business that is on a foundation of trust between businesses. The communication experience of young entrepreneurs in start up business so much related to a wider udience through olshop are considred cheater.

Keyword: Meaning; E-business; Young Entrepreneurs; Phenomenology.

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Buku

Gladding, S. T. (2009). Counseling a Comprehensive Profession. London: Pearson Educatin Ltd.

Mulyana, Deddy. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumber Online

Fazriyati, W. (2011). “10 Keunikan Perempuan Indonesia”. Harian Kompas/Kompas TV:FEMALE,http://female.kompas.com/read/2011/10/30/12575615/10.Keunikan. Perempuan.Indonesia, diakses pada 13 Agustus 2017

Jurnal

Hastuti, D., Agung, & Alfiasari. (2013). ( Studies of Youth Characteristic in Urban and Rural Area , Role of School and Family to Decrease Teenage Anti Social Behavior in Bogor City and District ), II.

Khotimah, N., Ghufron, A., Aryekti, K., & Sugiharti, S. (2017). Pengembangan Keterpaduan Bina Keluarga Remaja Dan Pusat Informasi Konseling Remaja Di Wilayah Perdesaan Dan Perkotaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian, 15(1).

Lan, Thung Ju. (2015). Perempuan Dan Modernisasi Women and Modernization. Jurnal Masyarakat & Budaya, 17(1), 17–28. https://doi.org/10.14203/JMB.V17I1.118

Miwa, Y., & Hanyu, K. (2006). The effects of interior design on communication and impressions of a counselor in a counseling room. Environment and Behavior, 38(4), 484-502.

Prasanti, D. dkk. (2017). Membangun Ketahanan Informasi Nasional dalam Komunikasi Kesehatan bagi Kalangan Perempuan Urban di Jakarta. Jurnal Ketahanan Nasional, 23(3), 338–358.

Suparmi, S., & Isfandari, S. (2016). Peran Teman Sebaya terhadap Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja Laki-Laki dan Perempuan di Indonesia. Buletin Penelitian Kesehatan, 44(2), 139–146. https://doi.org/10.22435/bpk.v44i2.5457.139-146

Wardani, S. Y., & Trisnani, R. P. (2015). Konseling sebaya untuk meningkatkan perilaku prososial siswa. Psikopedagogia, 4(2), 87–92.




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v1i2.489

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v1i2.489.g507

Refbacks





ISSN : 2461-0836
E-ISSN : 2580-538X

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015