AKTIFITAS PROMOSI KULINER DI KAFE TITIK KUMPUL SURABAYA MELALUI MEDIA SOSIAL

Irenna Dyah Kumalasari, Iwan Joko Prasetyo

Abstrak


Maraknya usaha kuliner di Surabaya menjadikan dunia usaha penuh persaingan. Pengusaha kuliner harus mampu bersaing dengan berlomba menyajikan keunikan dari masakan yang akan dijual. Tidak hanya itu, diperluan strategi promosi yang benar dan kontinyu untuk memperkenalkan produk usaha kepada calon customer. Media sosial merupakan langkah praktis dan paling efektif digunakan sebagai media promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui promosi kuliner di Kafe Titik Kumpul Surabaya melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektifitas kedua media sosial baik facebook dan instagram Kafe Titik Kumpul tergolong berhasil hal ini bisa dilihat berdasarkan jumlah like dan jumlah tayangan, banyaknya komentar positif terhadap postingan, banyaknya orang yang share dan memberikan testimoni baik di sosial media Kafe Titik Kumpul.

Kata Kunci: Promosi, Kuliner, dan Media Sosial

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


AG Eka, Wenats,. dkk. (2012). Success Story Intergrated Marketing Communication Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Arudam, Riyanto. (2015). (http://www.kanalinfo.web.i/2015/07/pengertiankuliner.html)di akses pada tanggal 20 juli 2018 pukul 15:07 Wib.

Belch, George E. & Michael A. Belch. (2003). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perpective. New York: McGraw-Hill.

Bungin, Burhan. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Creswell, J. W. (1994). Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. London: Sage Publications.

Dan Zarella. (2010). The Social Media Marketing Book. Oreilly Media. USA.

Fandy Tjiptono. (1995). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Fill, Chris. (2009). Marketing Communications: Interactivity, Communities, and Content. Italy: Rotolito Lombarda.

Fatria, A. E., & Christantyawati, N. (2018). Pergeseran Merek Smartphone di Indonesia dalam Perspektif Postmodernisme. Jurnal Studi Komunikasi, 2(2).

Ilham, Prisgunanto. (2006). Komunikasi Pemasran, Strategi, dan Taktik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kerin, Roger., Hartley, Steven., & Rudelius, William. (2013). Marketing 11th Edition. New York: McGraw Hill

Kotler, Philip; Armstrong, Garry. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

M Nisrina. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.

Panuju, R. (2017). Perilaku Mengakses Internet Di Warung Kopi Behavior Access Internet in Coffee Shop. Jurnal Sosioteknologi, 16(3), 259-273.

Purba, Amir, dkk. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Pustaka Bangsa Perss, Medan.

Puntoadi, Danis. (2011). Menciptakan Penjualan melalui Social Media. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo

Wertime, Kent & Ian Fenwick. (2008). Digimarketing The Essential Guide to New Media & Digital Marketing. Diunduh dari bookzz.org




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/jk.v4i2.488

DOI (Download (PDF)): http://dx.doi.org/10.1234/jk.v4i2.488.g467

Refbacks





PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 544-217

Email : fikom@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015